Tangki Penyimpanan Thermoplastic



Pernahkah Anda mendengar istilah ‘welding’ dalam pembuatan plastik? Bagi Anda yang baru mengenal fabrikasi plastik, istilah tersebut mungkin agak asing, ya.


Secara umum, welding atau pengelasan menunjukkan proses penyambungan dua logam dengan cara melebur dan menggabungkannya. Namun, pengelasan melibatkan penggabungan dua atau lebih bagian dengan memanfaatkan panas, baik pada logam maupun plastik.


Baca Juga: Termoset dan Termoplastik, Kenali Kedua Jenis Plastik Ini!


Pengelasan plastik memiliki aplikasi industri yang cukup luas dan tentu saja teknik yang berbeda. Nah, di artikel ini, kita akan membahas mengenai pengelasan plastik, langkah-langkah umumnya dan tujuh teknik pengelasan plastik yang digunakan dalam pembuatan komponen di industri plastik.


Apa itu Pengelasan Plastik?

Pengelasan plastik adalah proses yang berlaku dalam fabrikasi bagian untuk menggabungkan dua bagian Thermoplastic yang kompatibel. Ini melibatkan persiapan dua bagian Thermoplastic, menekannya bersama-sama untuk disambungkan, kemudian memanaskannya menggunakan beberapa teknik.


Untuk teknik pemanasannya ternyata sangat bergantung pada bahan plastik itu sendiri. Misalnya, pengelasan plastik ultrasonik umumnya digunakan untuk PVC karena tidak melibatkan pemanasan langsung yang menyebabkan emisi asap berbahaya oleh material. Aplikasi tekanan terus menerus dilakukan selama proses pemanasan dan pendinginan hingga membentuk ikatan molekul antara dua bagian.


Baca Juga: Thermoplastic: Pengertian, Contoh, dan Aplikasinya


Hal itu mengakibatkan sambungan las plastik menjadi semakin kuat. Tidak seperti proses penyambungan plastik lainnya seperti menggunakan metode perekat dan paku keling. Pengelasan plastik telah menjadi teknik yang banyak digunakan dalam berbagai bidang, seperti bidang kedokteran, elektronik, dan konstruksi.


Manfaat Pengelasan Plastik

Pengelasan plastik memiliki banyak manfaat, oleh karena itu aplikasinya tersebar di berbagai industri. Di bawah ini merupakan beberapa manfaat pengelasan plastik.


1. Bahan Habis Pakai Tambahan

Manfaat yang pertama adalah tidak memerlukan bahan habis pakai tambahan seperti pengencang, pelarut, atau lem untuk menyambungkan dua bahan. Sehingga, ada pengurangan komplikasi, risiko dan biaya yang timbul, karena tidak memerlukan bahan tersebut.


Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.


2. Kompatibel dengan Bentuk Apa pun

Pengelasan plastik juga cocok banget dilakukan untuk berbagai bagian dalam bentuk apa pun. Saat ini, kebutuhan tangki penyimpanan Thermoplastic semakin kompleks. Sehingga, bentuknya juga berbagai macam. Oleh karena itu, diperlukan pengelasan dengan berbagai variasi, ada pengelasan untuk bagian melengkung hingga tak beraturan dengan mudah.


3. Tidak Perlu Lingkungan Ventilasi

Maksudnya apa, ya? Beberapa teknik pengelasan yang digunakan untuk plastik tidak menghasilkan sumbu atau sekring. Misalnya, pengelasan yang berbasis getaran. Oleh karena itu, ada kebutuhan minimal untuk peralatan pelindung dan infrastruktur yang membantu ventilasi.


Baca Juga: Fabrikasi Thermoplastic vs Stainless Steel


4. Hemat Biaya

Pengelasan plastik membutuhkan kebutuhan bahan habis pakai yang rendah dan waktu siklus yang singkat. Oleh karena itu, pengelasan dirasa lebih efektif dibandingkan dengan metode lainnya seperti riveting.


5. Pilihan Pengelasan yang Serbaguna

Pengelasan plastik cocok digunakan untuk mengelas bagian dari berbagai ukuran dan dimensi. Tidak seperti metode lainnya, misalnya paku keling yang membutuhkan bagian-bagian dan ukuran minimum. Jadi, satu-satunya hal yang diperlukan adalah menemukan metode yang paling cocok untuk mengelas bagian Thermoplastic.


6. Lebih Ringan

Pengelasan plastik tidak memerlukan banyak bahan habis pakai. Akibatnya, metode ini mengurangi berat produk akhir. Tidak seperti metode lain yang menggunakan pengencang atau bahan habis pakai lainnya, seperti paku keling. Hal itu tentu saja akan menambah berat total dari produk akhirnya.


7. Permanen

Yap, pengelasan akan menghasilkan sambungan yang permanen, bahkan tidak terlihat adanya sambungan. Lain halnya kalau Anda menggunakan metode sambungan lainnya, seperti perekat atau paku. Lama-kelamaan sambungan tersebut akan terlepas atau mengalami korosi. Jadi, kalau Anda mencari sambungan yang permanen, gunakan saja metode pengelasan.


Oke, sekarang kita balik lagi ke tangki penyimpanan Thermoplastic. Adanya tangki Thermoplastic yang diproduksi menggunakan metode pengelasan, maka tangki tersebut akan lebih tahan lama. Tentu saja, tangki tersebut juga tahan terhadap bahan kimia dan lebih hemat biaya, karena menggunakan bahan Thermoplastic dan metode pengelasan.


Baca Juga: Perbedaan Tangki Stainless Steel dan Thermoplastic


Dalam industri yang berkecimpung dengan cairan, tangki penyimpanan Thermoplastic akan sering digunakan untuk menggantikan tangki baja yang rentan terhadap korosi. Dalam industri kimia pun, tangki Thermoplastic lebih dipilih, karena tidak hanya tahan terhadap kimia, tetapi juga dapat beroperasi pada suhu tinggi.


Saat ini, industri makanan dan minuman juga mulai beralih ke tangki penyimpanan Thermoplastic, karena tidak menghasilkan bau, noda, dan toksisitas terhadap makanan dan minumannya. Selain itu, kebanyakan tangki Thermoplastic juga mudah dibersihkan dengan air dan C.I.P sistem.


Flootank sendiri menyediakan tangki penyimpanan Thermoplastic yang berkualitas tinggi. Tangki tersebut juga sangat serbaguna, karena dapat digunakan di berbagai industri dan kegunaan. Tentu saja biaya yang dikeluarkan lebih rendah daripada menggunakan tangki baja tahan karat atau stainless steel.


Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.


Dengan keahlian yang dimiliki oleh teknisi kami, Anda bisa mewujudkan tangki impian Anda, bahkan secara custom! Semua tangki yang kami produksi menggunakan bahan HDPE (High Density Polyethylene) atau Polypropylene yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan industri Anda.


Tangki penyimpanan Thermoplastic juga cocok digunakan di lingkungan korosif, karena bahan yang satu ini tahan terhadap korosif dan bahan kimia, seperti asam dan basa.


Tangki Penyimpanan Thermoplastic

tangki penyimpanan Thermoplastic yang kami produksi meliputi sebagai berikut:

  • Tangki penyimpanan bahan kimia

  • Tangki penyimpanan bahan cair

  • Tangki penyimpanan bahan kimia plastik

  • Tangki penyimpanan bahan kimia horizontal

  • Tangki penyimpanan bahan kimia bawah kerucut

  • Tangki kimia silinder

  • Tangki pengolahan cairan

  • Tangki proses kimia

  • Tangki proses plastik

  • Tangki penyimpanan asam

Baca Juga: Aplikasi Thermoplastic Dalam Industri Pengolahan


Flootank juga memiliki teknologi fabrikasi plastik seperti: Fusion Welding, Extrusion Welding yang memungkinkan fabrikasi produk berkualitas tinggi. Ada juga Hand Welding yang digunakan untuk fabrikasi pengelasan yang lebih kompleks, Socket Fusion untuk menyambungkan pipa dan fitting, serta Spark Testing untuk memastikan semua lasan yang dilakukan berhasil tanpa cacat.


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE)Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.

9 views0 comments