Search

Aplikasi Thermoplastic Dalam Industri Pengolahan

Tangki thermoplastic merupakan aset yang dewasa ini semakin banyak digunakan sebagai wadah tampung dalam industri pengolahan yang menggunakan bahan kimia. Jenis tangki thermoplastic juga beragam tergantung pada kebutuhan tiap pengguna. Berikut ini beberapa aplikasi tangki thermoplastic yang umum digunakan dalam industri pengolahan :


Chemical Storage Tank



Penggunaan bahan plastik sebagai material konstruksi tangki harus memenuhi persyaratan tertentu seperti ketahanan beban statis, ketahanan terhadap benturan, ketahanan dari korosi serta ketahanan terhadap bahan kimia agresif. Untungnya, bahan thermoplastic seperti High Density Polyethylene dan Polypropylene dapat digunakan untuk menjadi wadah tampung hampir semua jenis bahan kimia. Oleh karenanya kita dapat sering menjumpai aplikasi bahan thermoplastic untuk tangki penyimpanan bahan kimia.


Steel Picking Installations Tank



Proses steel picking dilakukan untuk menghilangkan kerak yang ada pada permukaan gulungan baja, polypropylene merupakan bahan yang sangat kompatibel untuk menggantikan bak baja dengan pelapis karet karena tangki polypropylene memiliki beberapa keunggulan dibandingkan tangki logam tradisional seperti baja, stainless steel dan titanium diantaranya kekuatan benturan yang lebih besar dan ketahanan terhadap karat, korosi, bahan kimia, dan aditif. Selain itu, tangki polypropylene ini juga memiliki umur yang lebih panjang daripada tangki logam, yang cenderung rawan retak dan bocor. Oleh karenanya kita dapat sering menjumpai aplikasi bahan thermoplastic terutama polypropylene untuk tangki dalam proses steel picking.


Water Treatment Tank




Bahan thermoplastic yang ideal untuk tangki penampungan air adalah High density polyethylene (HDPE). HDPE yang digunakan harus memiliki kemurnian tinggi jika akan digunakan untuk wadah tampung air. Selain itu tangki air HDPE harus memiliki stabilitas atas bahan kimia tertentu. Permintaan tangki plastik industrial untuk wadah tampung air telah meningkat di seluruh dunia termasuk di Indonesia karena bahan ini terbukti Tangguh dalam menghindari kontaminasi pada air yang digunakan untuk konsumsi manusia dan hewan. dalam aplikasi di industry pengolahan air tiga bidang utama yang memerlukan bahan High density polyethylene (HDPE) diantaranya :


· Tangki penyimpanan (water storage tank)

· Tangki pengolahan air (water treatment tank)

· Tangki pengolahan air limbah (sewage water treatment tank)


Electroplating Tank



Dalam proses galvanis, benda logam dilapisi dengan jenis unsur logam lainnya (seperti krom, nikel, seng, dll), merendamnya dalam beberapa bahan kimia untuk melakukan proses electrodeposition, hal ini untuk membuat logam tersebut jadi lebih tahan oksidasi. Nah, dikarenakan banyak bahan kimia yang diproses dalam kegiatan ini tangki yang digunakan haruslah tahan terhadap bahan kimia tersebut. Bahan Thermoplastic seperti High Density Polyethylene dan Polypropylene sangat handal dalam hal ini. Oleh karenanya kita dapat sering menjumpai aplikasi bahan thermoplastic untuk tangki dalam proses electroplating.


Scrubbing System



Di banyak negara ada peraturan untuk membatasi emisi berbahaya guna mengurangi kerusakan lingkungan dan kesehatan. Instalasi alat untuk memurnikan udara salah satunya dapat menggunakan sistem wet scrubber. Wet Srcubber sendiri dapat diproduksi dengan bahan thermoplastic seperti Polypropylene (PP). karena ketahanan mereka terhadap korosi yang dihasilkan oleh gas kimia. Selain itu wet scubber dengan material Polypropylene (PP) juga sangat optimal secara biaya karena minim perawatan. Polypropylene (PP) juga punya ketahanan panas yang sangat baik dan antistatik sehingga risiko ledakan atau mudah terbakar di area ini menjadi sangat minim.


Apapun aplikasi thermoplastic yang Anda butuhkan, Flootank dapat menjadi manufaktur pilihan Anda. Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom dari material High Density Polyethylene (HDPE) dan Polypropylene (PP) jangan ragu untuk hubungi kami di enquiry@flootank.com


7 views0 comments

Recent Posts

See All