CASE STUDIES

Kami selalu menempatkan diri sebagai pemecah masalah dan pemberi solusi. Mulai dari masalah menampung air volume besar dengan konstruksi modular yang mudah diinstal di daerah terpencil serta minim perawatan, penyimpanan bahan kimia agresif, Mengurangi potensi Down-time, Menyaring udara yang mengandung racun dan memiliki suhu tinggi pada pabrik sampai masalah pengolahan air limbah.

Ditiap industri yang kami layani, Flootank hadir menjawab tantangan Engineering yang kompleks. Berikut ini adalah beberapa studi kasus pemecahan masalah yang kami berikan pada klien kami.

CHEMICAL PROCESSING iNDUSTRY

MASALAH

Dalam proses salah satu pabrik pengolahan bahan makanan dan aroma membutuhkan tangki chemical. Chemical yang terkandung sangat kuat hingga 98% dan proses berjalan terus menerus selama 24 jam. Klien membutuhkan wadah tampung yang dibuat dengan bentuk bawah conical (corong) guna memudahkan proses pengeluaran fluida tanpa sisa. Oleh karenanya dibutuhkan tangki yang kuat terhadap bahan kimia agresif namum juga minim perawatan agar operasi produksi tidak terhenti.

SOLUSI

Flootank Chemical Tank mampu menjadi solusi kebutuhan pabrik tersebut. Dengan menawarkan custom design sesuai dengan standard internasional (DVS 2205) Engineer kami mampu menghitung kekuatan struktur bentuk conical sesuai kebutuhan pengguna, kapasitas, dan kandungan kimia yang ada di dalamnya. Pemilihan material HDPE Black dipilih karena rencana penempatan tangki akan diletakkan di area outdoor (UV Exposed). Material HDPE kami juga telah tersertifikasi tahan terhadap chemical kuat salah satunya H2SO4.

FLOOTANK CHEMICAL TANK

WhatsApp Image 2022-07-19 at 2.58.46 PM.jpeg

Flootank Chemical Tank untuk penampungan bahan kimia kuat H2SO4 (98%)

Lokasi                                          : Banyumas, Jawa Tengah

Material                                       : HDPE (PE-100)

Kapasitas                                     : 20 m3

Dimensi                                       : ID 2.6 m x H 4.5 m 

Tapak                                           : Conical Base

Flootank terlibat dalam proses

  • Engineering

  • Fabrication

  • Testing

 

WhatsApp Image 2022-07-19 at 2.58.47 PM.jpeg

WATER TREATMENT industry

MASALAH

Industri pengolahan air besih di kabupaten bandung membutuhkan tangki penyimpanan air bersih dalam kapasitas besar. Kapasitas tangki tersebut telah dihitung untuk pemakaian sesuai jumlah populasi  di area tersebut. Hal ini bertujuan agar daerah tersebut memiliki pasokan air bersih yang mencukupi untuk pemakaian saat di jam padat. Lokasi penampungan direncanakan di atas bukit dengan kondisi jalan yang terjal. Maka dibutuhkan tangki besar yang mudah ditransport, mudah instalasi, minim perawatan dan memiliki umur pemakaian yang panjang.

SOLUSI

FLOATON MT (Modular Reservoir) adalah solusi untuk penampungan air bersih untuk daerah daerah. Memiliki range volume 50m3-10.000m3, FLOATON MT dapat menampung air bersih dalam skala besar. Terbuat dengan konstruksi modular dan diproduksi di dalam negeri, sehingga memudahkan tangki untuk ditransport menggunakan kendaraan lokal secara cepat.

 

FLOATON MT memiliki lifetime hingga 25 tahun, dengan material strukstur steel yang dilapisi material thermoplastic Polyethylene (HDPE Closedcell) dan telah tersertifikasi sebagai Material yang aman untuk food grade. Lapisan HDPE Closedcell Floaton MT dibedakan menjadi 2 warna, Lapisan luar diberi warna hitam dengan kandungan UV Stabilizer agar tangki kuat menahan paparan sinar UV dan aman terekspos cuaca, sementara lapisan dalam diberi warna biru agar fluida yang tersimpan di dalam dapat dipantau visual secara jelas.

FLOATON MT

Floaton MT untuk Reservoir Air Bersih dalam industri pengolahan air (IPA)

Lokasi                               : Soreang. Kab Bandung

Material                           : Steel with HDPE Closed cell

Kapasitas                         : 2000 m3

Dimensi                           : ID 25.62 m x H 4.4 m 

Flootank terlibat dalam proses

  • Engineering

  • Fabrication

  • Install Supervision

  • Testing

 

WATER TREATMENT industry

MASALAH

Proses pengolahan air baku menjadi air bersih membutuhkan beberapa bahan kimia kuat yang akan diinjeksi ke dalam air baku. Tangki-tangki eksisting untuk menyimpan bahan kimia kuat tersebut menggunakan material yang pada saat pengoperasiannya ditemukan banyak masalah kebocoran dan sangat sulit diperbaiki. Akibatnya perusahaan pengolahan tersebut sering mengganti tangki dan proses pengolahan terganggu pada saat proses penggantian tangki dua masalah ini tentu menyebabkan kerugian financial dan down-time operasional.

 

Proses injeksi chemical dibutuhkan 2 jenis tangki berbeda yaitu tangki mixing dan tangki storage. Tangki mixing membutuhkan mesin pengaduk (agitator) yang diletakkan pada atap tangka untuk mencampur bahan chemical dengan air sesuai dengan konsentrasi yang telah ditentukan. Sementara tangki storage berfungsi untuk menampung bahan kimia yang telah dicampur dengan air dan siap untuk diinjeksi.

SOLUSI

Flootank Chemical Tank kami tersertifikasi mampu bertahan untuk penampungan chemical untuk pengolahan air seperti kaporit, NaOH (Sodium Hydroxide), dan chemical lainnya. Dengan ruangan terbatas, Engineer kami mendesign tangki custom agar cukup diletakkan di ruangan secara efisien. Pada bagian atas tangki mixing, engineer kami membuat design mounting yang sesuai dengan kebutuhan mesin pengaduk sehingga operasi pengolahan dapat berjalan tanpa kendala.

FLOOTANK MIXING TANK AND CHEMICAL TANK

Lokasi                               : Sukamaju, Kab Bandung

Material                           : HDPE (PE-100)

Kapasitas                         : 2 m3 - 2.5 m3

Dimensi                           : ID 1.2 m X H 2.5 m

Flootank terlibat dalam proses

  • Engineering

  • Fabrication

  • Install Supervision

  • Testing

 

WASTE WATER TREATMENT industry

MASALAH

Perusahaan pembuat IBC Tank bermaterial HDPE ingin membuka peluang baru dengan mendaur ulang produk mereka yang sudah tidak layak pakai. Perusahaan ini akan mencuci tangki tangki mereka yang sudah tidak layak pakai (mayoritas berisikan bahan kimia), yang air hasil cuciannya akan diproses menggunakan system sewage water treatment.

Perusahaan ini membutuhkan 5 set tangki dengan dimensi dan fungsi yang berbeda, yang akan digunakan sebagai sistem pengolahan air kotor, agar sisa air kotor dapat digunakan kembali untuk pencucian atau dibuang ke saluran pembuangan sesuai dengan aturan yang berlaku.

SOLUSI

Dari kebutuhan tersebut kami melihat, IBC Tank yang mereka produksi menggunakan material Polyethylene sehingga cairan sia yang terkandung untukdicuci mampu ditahan dengan material HDPE. Design unik setiap tangki dengan konsep custom juga difabrikasi oleh Flootank sesuai dengan standard internasional sehingga fungsi dan kebutuhan yang diminta dapat terpenuhi dengan baik.

FLOOTANK CHEMICAL TANK

Lokasi                               : Karawang, Jabar

Material                           : HDPE (PE-100)

Kapasitas                         : 12 m3 - 16 m3

Dimensi                           : ID 2.6 m X H 3.5 m

Flootank terlibat dalam proses

  • Engineering

  • Fabrication

  • Install Supervision

  • Testing

 

555.png
666.png

FOOD PROCESSING industry

MASALAH

Perusahaan pabrik ice cream membutuhkan tangki penampungan bahan kimia Peracitic Acid untuk proses cleaning line piping produksi mereka. Perusahaan ini memiliki standard yang mengharuskan tangki tersebut terbuat dari bahan HDPE karena telah teruji dan aman di cabang pabrik lainnya di luar negeri.

SOLUSI

Flootank Chemical Tank dapat menjadi solusi atas masalah ini karena kami memiliki sertifikasi chemical resistance hingga 600 bahan kimia yang dapat ditampung oleh material HDPE kami dalam kondisi tertentu. Selain itu, design dan system produksi kami telah sesuai dengan standard internasional sehingga kualitas produk akan terjamin. Dalam kasus ini, setelah kami melihat chemical resistance chart, HDPE kami mampu untuk menampung Peracitic Acid dengan konsentrasi yang dibutuhkan. Sehingga penampungan bahan kimial untuk proses cleaning line pemipaan mereka dapat terlaksana dengan baik.

FLOOTANK CHEMICAL TANK

Lokasi                               : Cikarang, Jabar

Material                           : HDPE (PE-100)

Kapasitas                         : 2500 Liter

Dimensi                           : ID 1.2 m X H 2.25 m

Flootank terlibat dalam proses

  • Engineering

  • Fabrication

  • Testing

 

2121.jpeg
1212.jpg

MINING industry

MASALAH

Salah satu perusaaan pertambangan di Indonesia membutuhkan tangki air yang akan diletakan di atas truk mixer mereka. Masalah utama Tangki eksisting berbahan steel yang berat dan harus dicoating berkala. Jika terlalu sering perawatan maka akan memakan biaya dan kerugian lainnya adalah waktu henti (down-time). Oleh karena itu, klien kami membutuhkan tangki yang lebih ringan untuk membuat truk lebih stabil, dan tidak ada perawatan karena akan ditempatkan di area tambang. 

SOLUSI

Tangki Flootank yang terbuat dari material HDPE Black cocok untuk penggunaan di area outdoor seperti area tambang. Material yang dilengkapi UV Stabilzer sudah cukup memproteksi tangki tanpa perlu coating dan perawatan dengan umur hingga 25 tahun. Tangki HDPE juga lebih ringan dengan tangki eksisting steel sehingga cocok untuk diletakkan di atas truk agar truk lebih stabil.

FLOOTANK TRUCK WATER TANK

Lokasi                               : Palembang, Sumsel

Material                           : HDPE (PE-100)

Kapasitas                         : 200 Liter

Dimensi                           : ID 0.6 m X H 0.9 m

Flootank terlibat dalam proses

  • Engineering

  • Fabrication

  • Testing

 

333.png
1111.jpg
2222.png

Sebelum

Sesudah

MANUFACTURE industry

MASALAH

Perusahaan pembuat panel layer sentuh asal jepang yang berada di jawa barat membutuhkan tangki penyimpan bahan kimi untuk proses etching layar sentuh mereka. Sebelumnya pabrik tersebut mendatangkan tangki dari jepang, namun ada kendala pada saat pengiriman sehingga tangki tersebut mengalami kebocoran. Pabrik tersebut mencari tenaga lokal yang dapat memperbaiki tangki tersebut, namun setiap tahun tangki tersebut mengalami kebocoran kembali dan di tahun ke 10 tangki tersebut sudah tidak dapat digunakan. Perusahaan ini mencari fabricator yang mampu memproduksi tangki kimia sesuai dengan spesifikasi dan standard internasional dan berpengalaman dalam memproduksi tangki thermoplastic. Tangki yang dibutuhkan berdimensi kotak dan menyesuaikan dimensi ruangan, mampu tahan terhadap chemical NaOH 25%, dan mampu tahan pada temperature 80C karena akan ada proses pemanasan dalam operasionalnya.

SOLUSI

Flootank dilengkapi dengan fasilitas produksi dan engineering yang berbasis standard international, sehingga produk yang kami hasilkan telah memenuhi standard DVS. Material yang kami gunakan juga tersertifikasi dan bergaransi, sehingga user tidak perlu khawatir dengan kualitas produk kami. Tangki yang kami rancang untuk klien dibuat mengikuti dimensi tangki eksisting dengan Material Polypropylene (PP) yang mampu tahan di temperature operasional hingga 100◦C dengan kandungan chemical kuat seperti NaOH.

FLOOTANK CHEMICAL TANK

Lokasi                               : Cikarang, Jabar

Material                           : Polypropylene

Kapasitas                         : 1100 Liter

Dimensi                           : L 1.1 m X W 0.8 m X H 1.3 m

Flootank terlibat dalam proses

  • Engineering

  • Fabrication

  • Testing

 

A4.png
B4.png

Sebelum

Sesudah