Sertifikat TKDN : Pengertian dan Manfaatnya

Updated: 10 hours ago


Sertifikat TKDN adalah kepanjangan dari "Tingkat Komponen Dalam Negeri"

Dalam upaya meningkatkan penggunaan produk dalam negeri, Kementerian Perindustrian akan memfasilitasi perusahaan industri dalam negeri untuk mendapatkan sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) pada tahun 2022 sebanyak 1.250 sertifikat produk.

Aturan penggunaan sertifikasi TKDN sendiri diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2018 tentang Tim Nasional Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 29 tahun 2018 tentang Pemberdayaan Industri.

Lalu, apa sertifikasi TKDN itu? Untuk mengetahui lebih jelasnya, kamu dapat menyimak uraian di bawah ini.


Baca Juga: PENGERTIAN, Manfaat, dan Keunggulan plastik HDPE


TKDN adalah persentase nilai komponen produksi yang dibuat di Indonesia pada suatu produk barang dan jasa atau gabungan antara barang dan jasa dalam negeri. Termasuk biaya angkutan yang ditawarkan dalam item penawaran harga barang maupun jasa.

Sementara itu, TKDN adalah kependekan dari Tingkat Komponen Dalam Negeri dapat menjadi salah satu preferensi yang akan menjadi penentu pemenang pada proses pengadaan barang dan jasa yang ada di beberapa instansi.



Manfaat Penerapan TKDN

Ada banyak manfaat dari penerapam sertifikasi TKDN. manfaat tersebut tak hanya pelaku industri, melainkan juga kepada pemerintah Indonesia sendiri.

  1. Terciptanya lapangan tenaga kerja baru. Industri dalam negeri akan terus memproduksi barang atau komponen tersebut, bila industri terus beroperasi maka akan ada penyerapan tenaga kerja. Di sektor supporting perusahaan atau industri dalam negeri ada UKM yang menjual makanan, minuman dan snack kepada karyawannya sehingga ekonomi disekeliling industri dalam negeri akan terus bergerak.

  2. Penambahan pemasukan pajak penghasilan (PPh) terhadap produk-produk yang dibuat di Indonesia. Sebab, selama ini produk-produk yang diimpor masih ada yang bersifat free on board (FOB) luar negeri. Pemerintah sebagai lembaga penarik pajak, tentu diuntungkan bila ada pemasukan dari sektor pajak karena industri beroperasi

  3. Terciptanya supply-chain dengan ekosistem yang baik, di mana para vendor komponen terdorong membuka pabriknya di Indonesia untuk menyuplai ke pabrikan perakitan yang banyak itu.

  4. Potensi Indonesia sebagai basis produksi dan negara ekspor untuk pasar Asia Tenggara dan Asia Afrika. Hal tersebut akan tercapai, bila ekosistem komponen dan perakitan sudah berjalan dengan baik.

  5. Terciptanya kesetaraan antara pemain merek lokal dan merek luar dalam hal produksi dan kewajiban transaksi dalam rupiah serta kewajiban PPh.


Sebagai perusahaan fabrikasi plastik PT Floaton Bahari Indonesia melalui merek dagangnya Floaton MT HDPE closedcell turut berpartisipasi dalam hilirisasi produk yang bernilai tambah melalui proses produksi yang dikerjakan langsung didalam negeri.


Baca Juga: 4 Perbedaan Tangki Penyimpanan Kimia High Density Polyethylene dan Fiberglass


Untuk mendapatkan sertifikat TKDN, PT Floaton Bahari Indonesia mengajukan penghitungan mandiri (self-assesment) mengenai nilai TKDN yang ada pada produk Floaton MT HDPE closedcell. Hasil penghitungan mandiri tersebut kemudian diverifikasi oleh Lembaga Verifikasi Indepesnden yang ditunjuk oleh Kemenperin, yaitu PT Sucofindo. Setelah melalui proses verifikasi tersebut, barulah sertifikat TKDN ditandasahkan oleh Kemenperin. Dengan proses/tahapan verifikasi yang berlapis ini, diharapkan keluaran nilai tingkat komponen dalam negeri bisa sesuai dengan kemampuan industri di lapangan dan akhirnya pada bulan Juni tahun 2022 Floaton MT HDPE closedcell telah mengontongi sertifikasi TKDN sebesar 45.58% melalui verifikator PT Sucofindo.


Dalam pengadaan barang dan jasa, pengguna produk dalam negeri wajib menggunakan produk dalam negeri apabila terdapat produk dalam negeri yang memiliki penjumlahan nilai TKDN dan nilai Bobot Manfaat Perusahaan (BMP) sebesar minimal 40%. Produk dalam negeri yang wajib digunakan sebagaimana dimaksud tersebut harus memiliki nilai TKDN paling sedikit 25%. Itu artinya Sertifikasi TKDN sebesar 45.58% yang dimiliki Floaton MT HDPE sudah jauh diatas batas minimal yang disyaratkan.


Floaton MT HDPE tank yang telah mengontongi Sertifikasi TKDN merupakan reservoir dengan bahan dari baja yang dilapisi HDPE sehingga menjadi reservoir yang kuat, tahan lama, ekonomis, dan memenuhi standar.

Modular reservoir tank buatan Indonesia ini cocok untuk memenuhi kebutuhan akan penyimpanan cairan berkapasitas besar di berbagai ranah industri. Dirancang dengan ketebalan tertentu, tangki ini dalam pemakaiannya tidak hanya sebagai penampung air, namun dapat dimodifikasi menjadi tangki kimia untuk penyimpanan maupun pemrosesan lanjutan cairan kimia.


Baca Juga: Pentingnya Scrubber Kimia Bagi Pabrik Anda

Tangki yang terbuat dari material sembarangan berpotensi tinggi alami kebocoran yang merugikan perusahaan maupun lingkungan sekitar. Namun, tangki modular ini terbuat dari baja keras yang kuat dan anti bocor sehingga sangat disarankan untuk tangki kimia sebagai penampungan cairan bahan kimia jangka panjang.


Merupakan pilihan tepat bila Anda mencari tangki dengan daya tahan kuat, dapat didaur ulang, memiliki kemudahan suku cadang dan perawatan. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya dan energi lebih dalam pemesanannya, karena tangki modular dari Flootank diproduksi di dalam negeri dengan sertifikasi TKDN. Floaton - MT dari Flootank dirancang menyesuaikan kebutuhan industri minyak, kimia, hingga makanan.


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE) dan Polypropylene (PP), Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.

6 views0 comments