PENGERTIAN, Manfaat, dan Keunggulan plastik HDPE





Coba Anda melihat ke sekeliling. Banyak benda di sekeliling Anda yang terbuat dari plastik, tidak? Banyak, ya? Plastik memang sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita. Hampir semua peralatan penunjang hidup kita terbuat dari plastik. Contohnya peralatan rumah tangga, kendaraan pribadi, hingga peralatan industri. Salah satu jenis plastik yang sering digunakan dalam kehidupan kita adalah HDPE.


Apa itu Plastik HDPE?

HDPE (High Density Polyethylene) sering kita temukan dalam bentuk botol minuman, pipa, talenan, plastik anti panas, shopping bag, dan botol shampoo. HDPE merupakan salah satu bahan material plastik yang biasa digunakan untuk pembuatan kemasan berbahan plastik. Selain itu, HDPE memiliki warna putih susu atau putih bersih.


Ketika Anda memperhatikan contoh-contoh benda yang terbuat dari plastic HDPE, Anda akan mulai sadar bahwa jenis plastik yang satu ini memiliki tingkat kekuatan yang baik. Bahan ini mempunyai daya tahan terhadap benturan dan titik leleh yang tinggi. Itulah mengapa HDPE digunakan sebagai salah satu bahan serbaguna.


Baca Juga: Ragam Manfaat HDPE di tiap Industri


Apa Manfaat Plastik HDPE?

Plastik HDPE direkayasa untuk perawatan yang rendah, aman, dan tahan lama. Permukaan dari jenis plastik ini juga bertekstur, jadi bukan yang permukaan halus dan licin. Dengan begitu, HDPE cocok untuk digunakan sebagai tempat makanan, karena bisa memegang makanan tersebut dengan baik, supaya tidak mudah tumpah. Manfaat lainnya dari plastik HDPE adalah sebagai berikut:


1. Mudah Meleleh dan Dibentuk

Manfaat utama dari bahan plastik ini adalah tingkat lelehnya. Karena tingkat lelehnya yang tinggi, plastik HDPE tahan terhadap suhu tinggi. Namun, ketika suhu tersebut telah mencapai titik lelehnya, maka HDPE bisa dengan mudah dibentuk atau dicetak. Misalnya, dibentuk botol minuman, botol shampoo, talenan, wadah penyimpanan makanan, dan pipa.

Karena mudah dibentuk, maka hal ini bisa membuat operasional atau proses pembuatannya menjadi lebih efektif dan efisien.


Hubungi kami untuk mendapatkan informasi dan detail jenis plastik HDPE untuk keperluan tangkin industri Anda.


2. Tahan Terhadap Korosi

HDPE memiliki tingkat ketahanan yang baik terhadap korosi atau karat, jamur, lumut, dan pembusukan. Hal ini tentu sangat baik untuk dijadikan sebagai bahan ideal pipa bawah tanah, bukan?


Pipa harus mempunyai karakteristik tahan terhadap korosi, jamur, lumut, dan pelapukan/pembusukan. Karena, pipa digunakan untuk mengalirkan air. Kalau terus menerus bersinggungan dengan air, maka suatu benda bisa mudah lapuk. Namun, tidak dengan plastik HDPE.


HDPE juga memiliki karakteristik tahan lama dan tahan terhadap suhu/cuaca ekstrem. Nah, karena tahan terhadap suhu ekstrem, maka HDPE bisa disterilkan dengan cara direbus. Dengan begitu, plastik HDPE bisa digunakan sebagai wadah makanan dan minuman.

Untuk ketahanan terhadap bahan kimia, HDPE juga unggul, nih. HDPE memiliki ketahanan terhadap asam dan basa. Selain itu, bahan ini juga tahan terhadap banyak bahan kimia, seperti pelarut, deterjen, dan cairan pembersih.


3. Memiliki Rasio yang Padat, Sehingga Tingkat Kekuatannya Besar

Kepadatan HDPE berkisar antara 0,93 - 0,97g. Meskipun tingkat kepadatan HDPE hanya sedikit lebih tinggi dari LDPE (Low Density Polyethylene), namun HDPE memiliki kekuatan yang lebih daripada LDPE.


Hal itu dibuktikan dari pengamatan di bawah mikroskop. Struktur linier HDPE memiliki sedikit sekali percabangan. Dengan begitu, gaya antarmolekul dan daya tarik yang dimiliki HDPE lebih kuat.


Nah, karena alasan itulah, HDPE yang 60g bisa dengan aman membawa lebih dari satu galon air atau setara dengan 8 pon berat.


4. Mudah Didaur Ulang

Seperti yang kita ketahui, plastik sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita. Semakin banyak penggunaan plastik, maka akan semakin banyak juga sampah plastik yang ada di Bumi.


Nah, untuk mengatasi hal tersebut, maka kita bisa mendaur ulang limbah plastik tersebut. Untungnya, plastik HDPE merupakan jenis yang bisa dengan mudah didaur ulang. Dengan begitu, kita bisa membantu menjaga limbah non-biodegradable ketika menggunakan benda yang berbahan HDPE hingga 50%!


Jadi, jika Anda sedang mencari bahan plastik yang hemat biaya dan ramah lingkungan, maka Anda bisa menggunakan plastik HDPE.


Baca Juga: 4 Perbedaan Tangki Penyimpanan Kimia High Density Polyethylene dan Fiberglass


Apakah HDPE Termasuk Food Safe?

Mau itu HDPE yang asli atau daur ulang, HDPE merupakan jenis plastik yang bisa digunakan untuk makanan atau minuman. Bisa dibilang, plastik HDPE itu food safe.


Nah, HDPE ini termasuk baik untuk wadah pangan, lho. Pasalnya, plastik HDPE punya karakter yang tahan korosi, tidak menyerap air atau kelembapan, dan tidak melarutkan bahan kimia. Bayangkan saja kalau Anda menggunakan wadah dari bahan plastik yang bisa melarutkan kimia, maka bahan kimia yang terkandung dalam plastik bisa tercampur dengan makanan. Bahkan, bisa membahayakan kesehatan!


Suatu kemasan atau wadah yang terbuat dari bahan HDPE biasanya ditandai dengan segitiga yang di dalamnya bernomor 2. Biasanya ada di bawah kemasan botol minuman. Artinya, kemasan tersebut aman untuk produk pangan, didaur ulang, dan digunakan kembali.


Bahkan, versi daur ulangnya juga bisa digunakan lagi untuk membuat beberapa benda berikut ini:

  1. Wadah penyimpanan

  2. Kayu plastik

  3. Furniture

  4. Peralatan bermain

  5. Suku cadang mobil

  6. Tempat sampah

Dan masih banyak lagi. Jadi, secara keseluruhan, plastik HDPE memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Keserbagunaannya menjadikan plastik ini banyak digunakan dan kemungkinan akan semakin berkembang dan terus digunakan ke depannya.


Mengapa Industri Banyak yang Menggunakan Plastik HDPE?

Selain untuk kegunaan yang disebtukan tadi, HDPE juga sering digunakan untuk menggantikan bahan yang lebih berat di industri. Berat di sini artinya biaya produksinya tinggi, bahannya berat, namun kualitasnya belum tentu sebaik HDPE.


Berkat kelenturannya yang tinggi, kekuatan yang baik, dan tahan terhadap korosi, HDPE banyak digunakan oleh industri untuk tujuan manufaktur dan proyek yang berkelanjutan dengan harga terjangkau.


HDPE merupakan kombinasi yang sempurna antara kekuatan, efisiensi biaya, dan keramahan lingkungan. Oleh karena kelebihan ini plastik HDPE juga sangat cocok untuk digunakan untuk kebutuhan industrial. Apa saja industri yang dapat memanfaatkan penggunaan tangki HDPE, mari kita bahas satu persatu.


1. INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN

Pada industry pengolahan diperlukan material yang kompatibel dan tidak bereaksi pada Kesehatan karena tiap perusahaan pengolahan makanan maupun minuman perlu menyediakan produk yang sehat, tepat waktu, namun dengan biaya yang terjangkau. Sesuai dengan apa yang telah dijelaskan di atas, bahwa HDPE cocok digunakan sebagai tangki yang digunakan dalam

Beberapa formulasi HDPE telah memenuhi standar FDA, sehingga bisa kontak langsung dengan makanan dan minuman atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat—kalau di Indonesia semacam BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), ya.


2. INDUSTRI PENGOLAHAN KIMIA

Industri kimia juga cocok menggunakan HDPE, karena karakteristiknya yang tahan terhadap bahan kimia. Pengaplikasiannya bisa digunakan untuk tangki penyimpanan bahan kimia, tangki mixing dan lain-lain.


Nah, karena berhubungan dengan bahan kimia, tentu saja industri kimia memilih HDPE karena ketahanannya terhadap korosi.


Beberapa bahan kimia tersebut antara lain:

· Asam dengan konsentrasi rendah.

· Asam kuat (pH 1-3).

· Alkohol.

· Basa dan alkali (pH 11-14)


Dan masih banyak lagi, hubungi kami untuk mendapatkan table ketahanan Kimia milik Flootank.

3. INDUSTRI FARMASI DAN KESEHATAN

Aplikasi HDPE selanjutnya ada pada bidang farmasi dan kesehatan. Penggunaan HDPE dikarenakan karakteristiknya yang tidak menyerap kelembapan dan tahan terhadap bahan kimia. Selain itu, HDPE tidak beracun, bahkan sudah food grade. Dengan begitu, HDPE sangat cocok untuk permukaan di ruangan dan penyimpanan alat-alat medis.


Baca Juga: Keuntungan dan Penggunaan HDPE


4. INDUSTRI KONSTRUKSI

Karakteristik HDPE yang cocok digunakan dalam bidang konstruksi adalah kemampuannya untuk tidak menyerap air. Dengan kata lain, HDPE ini anti air dan bsia dengan mudah dibentuk. Umumnya, HDPE digunakan untuk membuat pipa.

5. INDUSTRI MARITIM

Terakhir, Anda bisa menemukan HDPE pada perlengkapan di industri maritim. HDPE digunakan untuk merancang komponen perahu dan peralatan kolam renang, seperti bangku, kursi, pintu, pegangan, dan sebagainya.


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE) dan Polypropylene (PP), Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.




22 views0 comments