top of page

Penting! Cara Menyimpan Bahan Kimia yang Tepat dan Aman


Cara Simpan Bahan Kimia di Tangki Termoplastik Flootank

Ingat dengan kalimat “Jangan lupakan sejarah!”? Jika sejarah telah mengajarkan kita sesuatu, salah satunya pada bidang kimia, itu artinya bahwa bahan kimia dapat memiliki efek bencana ketika mereka tidak disimpan atau dikelola dengan benar.


Dari keselamatan individu hingga kerusakan jangka panjang dari sistem lingkungan, mereka yang bekerja dengan bahan kimia perlu mengetahui pentingnya penyimpanan bahan kimia yang benar. Lanjutkan membaca untuk mempelajari pentingnya menyimpan bahan kimia dengan benar.


Baca Juga: Ketahui 5 Jenis Plastik Tahan Kimia


Karakteristik Bahan Kimia Secara Umum

Menyimpan bahan kimia dengan benar dapat diartikan bahwa produk dapat secara awet tersimpan dengan benar. Meskipun banyak bahan kimia cenderung memiliki umur simpan yang lama, bahan kimia yang rusak dapat menyebabkan limbah lingkungan yang tidak perlu, penurunan potensi yang berdampak pada kualitas bahan kimia dan dapat menyebabkan pembuatan produk yang tidak aman dan kerugian finansial yang besar.


Coba Anda pikirkan tentang makanan di rumah, makanan yang Anda dan keluarga makan tentu ingin yang terjaga kebersihannya, bukan? Semua bahan kimia memiliki kesamaan karakter, jika Anda tidak menyimpannya dengan benar, maka bahan tersebut dapat menyebabkan masalah kesehatan dan keselamatan yang serius.


Faktor Kesehatan Perlu Diperhatikan Saat Bersinggungan dengan Bahan Kimia

Bahan kimia menimbulkan risiko besar bagi keselamatan orang-orang yang bekerja atau terlibat langsung dengan bahan-bahan tersebut. Risiko yang sama juga akan terjadi bagi orang-orang di lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, penyimpanan bahan kimia yang tepat penting untuk dilakukan.


Yang sering dilihat secara berlebihan adalah jenis bahaya langsung dan tidak langsung yang berdampak pada kesehatan masyarakat. Paparan bahan kimia dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka pendek dan jangka panjang, dari luka bakar hingga masalah pernapasan seumur hidup dan reaksi tubuh lainnya yang dapat berupa cedera ringan atau bahkan fatal.


Faktor Lingkungan

Meskipun kami memiliki aturan dan peraturan tentang bagaimana bahan kimia kami disimpan, kecelakaan masih tetap terjadi. Bagaimana dengan industri yang tidak begitu memperhatikan keamanan penyimpanan bahan kimia? Kesehatan karyawan dan orang-orang di lingkungan sekitar yang tentunya akan dipertaruhkan.


Seringkali ketika bahan kimia memasuki lingkungan, kontaminasi terjadi. Setelah bahan kimia terpapar ke lingkungan menjadi sangat sulit untuk menghilangkan zat tersebut. Contoh paling umum dari ini adalah tanah yang terkontaminasi dan seiring waktu bercampur dengan air minum manusia dan flora dan fauna.


Baca Juga: Fitur dan Manfaat Tangki Kimia untuk Proses Pengolahan Air


Pentingnya Menyimpan Produk Berbahan Kimia dengan Tepat

Menyadari potensi bahaya bahan kimia, pada akhirnya berarti pencegahan optimal mutlak adalah penyimpanan bahan kimia. Berikut adalah beberapa alasan mengapa penyimpanan yang benar harus menjadi yang terpenting.

  • Mencegah tumpahan.

  • Memisahkan zat yang tidak kompatibel menghindari reaksi kimia yaitu api, ledakan, gas beracun.

  • Mencegah kontaminasi.

  • Mencegah paparan racun.

  • Melindungi individu

Pentingnya penyimpanan yang benar terletak pada campur tangan manusia, ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan ketika menyimpan zat berbahaya, yaitu:

  • Pastikan signage yang benar ditampilkan.

  • Menyediakan alat pelindung diri (APD).

  • Fasilitas sesuai dengan kode, seperti rak yang dirancang dengan baik, stasiun cuci darurat, mengamankan bahan kimia dari akses tidak sah.

  • Pembersihan, spill-kit dan peralatan pemadam kebakaran mudah dan mudah diakses.

  • Personel dilatih dalam prosedur darurat.

  • Tangki yang benar digunakan untuk zat yang tepat yaitu beberapa bahan kimia menimbulkan korosi pada bahan tertentu

Seiring dengan meningkatnya teknologi dan penelitian tentang penyimpanan bahan kimia, bahan yang digunakan tidak hanya menjadi lebih andal dan tahan lama tetapi juga ramah lingkungan. Nah, perusahaan seperti Flootank memproduksi tangki termoplastik kelas dunia dengan ekosistem di garis depan inovasi mereka. Diskusi lebih lanjut dengan Flootank bisa Anda lakukan lewat Email atau klik di sini.


Bahan kimia tidak harus berbahaya, kesalahan penangananlah yang membuatnya berbahaya, mengetahui prosedur dan manfaat penyimpanan yang benar membuat minimalisasi kerusakan menjadi mudah dan memungkinkan individu dan organisasi untuk mendedikasikan lebih banyak waktu untuk operasi mereka.


Jika Anda saat ini sedang mencari saran tentang cara menyimpan bahan kimia dengan benar, silakan hubungi kami lewat Email dan cari tahu apa yang dapat Anda lakukan hari ini untuk membuat fasilitas penyimpanan yang lebih baik untuk bahan kimia Anda.


Baca Juga: Bahan Apa yang Cocok untuk Diaplikasikan pada Tangki Kimia?


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE), Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.

3 views0 comments
bottom of page