top of page

Fitur dan Manfaat Tangki Kimia untuk Proses Pengolahan Air


Tangki Kimia untuk Pengolahan Air Flootank

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan tangki kimia? Tangki penyimpanan bahan kimia di sini adalah sistem penyimpanan penting untuk bahan kimia agresif. Karena bahan kimia bersifat korosif, mereka membutuhkan fasilitas penyimpanan yang aman. Ada berbagai jenis tangki penyimpanan bahan kimia di pasaran.


Namun, Anda harus memilih jenis tangki penyimpanan yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, Anda sedang membutuhkan tangki kimia untuk proses pengolahan air. Lantas, seperti apa tangki yang tepat untuk kebutuhan tersebut?


Baca Juga: Ketahui 5 Jenis Plastik Tahan Kimia


Tangki penyimpanan bahan kimia yang andal memainkan peran penting dalam pengolahan air karena digunakan untuk menampung dan menyimpan beberapa jenis bahan kimia yang digunakan dalam proses pengolahan. Tanpa tangki ini, pengolahan air tidak akan mungkin dilakukan. Tangki-tangki ini membantu pencegahan kontaminasi bahan kimia, dan pelepasan bahan kimia yang aman dan terkendali.


Di Flootank, kami menawarkan berbagai macam tangki kimia untuk aplikasi pengolahan air. Tangki kami terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan dirancang untuk menahan kondisi yang paling keras. Kami menawarkan tangki kimia ini dalam berbagai ukuran dan gaya untuk memenuhi kebutuhan Anda. Untuk diskusi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi Flootank di sini.


Fitur yang Perlu Ada pada Tangki Proses Pengolahan Air

Memilih jenis tangki yang tepat untuk penyimpanan bahan kimia sangat penting untuk memastikan keamanan bahan kimia Anda dan mencegah kecelakaan yang mungkin dapat terjadi. Berbagai fitur tangki kimia yang perlu ada, yaitu:

  1. Memiliki standar keamanan yang baik. Misalnya, tangki terbuat dari bahan yang anti bocor dan anti terbakar saat bersinggungan dengan bahan kimia.

  2. Memiliki kapasitas penyimpanan tinggi dalam desain yang ringkas.

  3. Biaya terjangkau.

  4. Mudah diatur, dibersihkan, dan dirawat.

  5. Tangki dirancang agar sesuai dengan semua peraturan keselamatan yang relevan. Dengan kata lain, tangki tersebut sudah dirancang dan diuji coba sesuai dengan standar keselamatan industri.

  6. Tangki dirancang agar anti bocor dan memiliki segel ketat untuk mencegah bahan kimia keluar.

  7. Dinding tangki tebal dan tahan lama, hal itu dapat mencegah isinya terkontaminasi.

  8. Tangki dapat disesuaikan dengan lapisan yang berbeda untuk lebih melindungi isinya.

  9. Tangki dapat diberi ventilasi untuk melepaskan penumpukan tekanan.

Setelah mengetahui fitur apa saja yang penting untuk setiap tangki kimia, selanjutnya Anda perlu mengetahui bagaimana cara merawat tangki tersebut supaya awet dan isi tangki tetap terjaga.


Bagaimana Cara Merawat Tangki Kimia?

Tangki penyimpanan bahan kimia digunakan untuk menyimpan berbagai jenis bahan kimia, dan jika tidak dirawat dengan baik, mereka dapat menimbulkan risiko serius bagi pekerja dan lingkungan.


Ada beberapa hal penting yang perlu diingat saat merawat tangki kimia. Pertama, penting untuk memastikan bahwa tangki berventilasi baik. Ini akan membantu mencegah penumpukan uap berbahaya. Kedua, tangki harus diperiksa secara teratur dan pastikan tidak ada kebocoran. Setiap kebocoran harus segera diperbaiki untuk mencegah pelepasan bahan kimia berbahaya.


Baca Juga: 5 Kriteria Menentukan Kualitas Air Minum di Tangki Penyimpanan Air


Berikut ini merupakan tips lainnya yang dapat Anda lakukan dalam merawat tangki kimia untuk proses pengolahan air dan berbagai bahan kimia lainnya.

  1. Bersihkan dan periksa tangki Anda secara teratur untuk mencegah penumpukan dan korosi.

  2. Buat catatan atau recording terkait jadwal perawatan tangki kimia Anda. Simpan semua catatan tersebut. Mengapa perlu dilakukan? Hal ini akan membantu Anda melacak apa yang perlu dilakukan selanjutnya dan kapan perlu dilakukan perawatan lagi.

  3. Ketahui bahan kimia apa yang disimpan di tangki Anda dan lakukan tindakan pencegahan yang tepat.

  4. Periksa tangki secara teratur dan cari tanda-tanda korosi, kebocoran, atau kerusakan lainnya.

  5. Perbaiki kerusakan apa pun dengan segera dan jika tidak diperbaiki, tangki yang rusak dapat menyebabkan masalah serius.

  6. Simpan bahan kimia dengan benar dan ikuti instruksi pabrik untuk penyimpanan dan penanganan.

  7. Jaga kebersihan area di sekitar tangki dan ini akan membantu mencegah kecelakaan dan tumpahan bahan kimia.

  8. Latih karyawan Anda tentang perawatan tangki, karena mereka harus tahu cara membersihkan dan memeriksa tangki dengan benar.

  9. Simpan tangki di tempat yang sejuk dan kering.

  10. Pastikan tangki diberi label dengan benar.

  11. Jangan mengisi tangki secara berlebihan.

Bagaimana? Sebenarnya perawatan di atas cukup mudah, bukan? Dengan mengikuti tips sederhana ini, Anda dapat membantu memastikan bahwa tangki kimia Anda aman dan terawat dengan baik.


Tangki Kimia Digunakan untuk Apa Saja?

Ada banyak industri yang mendapat manfaat dari penggunaan tangki kimia. Selain sektor pengolahan air, tangki kimia juga dapat digunakan untuk menyimpan bahan kimia di berbagai industri, termasuk makanan dan minuman, farmasi, dan kosmetik. Mereka dapat digunakan untuk menyimpan berbagai macam bahan kimia, seperti asam, basa, dan bahan kimia korosif.


Berikut ini adalah industri lain yang mengaplikasikan tangki kimia.

  1. Minyak dan gas.

  2. Pertambangan.

  3. Manufaktur kimia.

  4. Cat dan pelapis.

  5. Pengelolaan sampah

Apakah jenis industri Anda termasuk dalam daftar di atas? Apa pun itu, jika Anda membutuhkan tangki kimia untuk aktivitas industri Anda, maka berinvestasi di salah satu tangki penyimpanan bahan kimia kami.


Dengan menggunakan tangki dari Flootank, bahan kimia Anda akan disimpan dengan aman dan terjamin. Anda dapat menghubungi tim kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang tangki penyimpanan bahan kimia ini dan solusi pengolahan air dan air limbah lainnya yang ditawarkan oleh kami.


Baca Juga: Mengapa Bahan Plastik tepat untuk Tangki Penyimpanan Bahan Kimia? Ini Alasannya


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE), Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.

7 views0 comments
bottom of page