top of page

Ketahui 5 Jenis Plastik Tahan Kimia

Updated: Jan 2


Jenis Plastik Tahan Kimia Flootank

Saat merekayasa komponen plastik yang akan bersentuhan dengan bahan kimia, perlu dipertimbangkan beberapa hal, salah satunya jenis dari plastik itu sendiri. Anda harus memprioritaskan ketahanan kimia sebanyak mungkin, karena kalau asal memilih plastik dan ternyata plastik tersebut tidak tahan terhadap bahan kimia, apa yang akan terjadi? Yap, akan terjadi kebocoran.


Nah, ada banyak faktor yang mempengaruhi ketahanan kimia suatu bagian, antara lain:

  • Suhu: Suhu yang lebih tinggi mendorong serangan kimia dan meningkatkan penyerapan fisik.

  • Lama paparan: Kerusakan akibat reaksi kimia dapat memakan waktu sebelum muncul.

  • Konsentrasi kimia: Bahan kimia dengan konsentrasi tinggi lebih mungkin membahayakan plastik.

  • Luas permukaan kerusakan kimia: Semakin banyak ruang serangan kimia, semakin luas degradasinya.

Baca Juga: Mengapa Bahan Plastik tepat untuk Tangki Penyimpanan Bahan Kimia? Ini Alasannya


Dalam aplikasi industri, salah satu dari reaksi ini dapat secara kritis membahayakan keawetan bagian plastik atau menyebabkannya gagal sepenuhnya. Jika proyek Anda dirancang untuk digunakan dalam lingkungan kimia, Anda harus memastikannya menggunakan plastik tahan kimia yang paling cocok untuk pekerjaan itu.


5 Bahan Plastik yang Tahan untuk Bahan Kimia

Berikut ini daftar kompatibilitas bahan kimia kami untuk menemukan lima plastik yang bisa Anda pilih karena kemampuannya yang tahan terhadap bahan kimia.


1. Polytetrafluoroethylene (PTFE) — Teflon®

Kalau Anda bertanya-tanya apa itu PTFE, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan salah satu perlengkapan memasak, yaitu teflon. PTFE umumnya dikenal sebagai teflon, yaitu fluoropolimer gesekan rendah yang lunak dan dapat dibentuk. Artinya, bahan tersebut akan menekuk alih-alih patah saat mengambil bentuk yang kompleks.


Seiring dengan fleksibilitasnya, PTFE menawarkan ketahanan kimia yang luar biasa dan ketahanan pelapukan yang fantastis. Hal ini menjadikan PTFE pilihan tepat untuk komponen yang harus tangguh terhadap bahan kimia tetapi mudah dibentuk selama dan setelah produksi.


Karena tahan panasnya yang tinggi, PTFE sering digunakan di lingkungan dengan suhu tinggi - tetap stabil hingga 260 ° C (500 ° F). Karena kualitas ini, PTFE biasanya digunakan untuk melapisi panci dan wajan. PTFE juga merupakan isolator listrik, dan dapat digunakan untuk memproduksi peralatan semikonduktor. Beberapa komponen lain yang umumnya dibuat dari PTFE termasuk tabung tahan kimia, peralatan ilmiah, manifold, dan katup.


2. Polyetheretherketone (PEEK)

PEEK adalah plastik berkinerja tinggi yang sangat tahan terhadap bahan kimia, sekalipun bahan kimia tersebut sangat keras. Selain itu, PEEK juga dapat digunakan untuk menyimpan air tawar dan air asin, serta uap. PEEK mempertahankan kekakuan pada suhu tinggi dan cocok untuk penggunaan terus menerus hingga 170 ° C (338 ° F). PEEK juga mengeluarkan asap rendah dan asap beracun saat terkena api, meningkatkan aplikasi suhu tinggi.


Di samping kekuatan mekanik dan stabilitas dimensi yang besar, PEEK mudah dibuat dan dapat dibuat menjadi bentuk yang kompleks. PEEK hadir dalam bentuk lembaran, batang, dan tabung dengan beberapa pilihan warna dan kelas yang tersedia, dan memiliki banyak aplikasi manufaktur. PEEK digunakan dalam penyimpanan minyak dan makanan, pemrosesan makanan dan minuman, komponen kedirgantaraan, instrumen medis, pegangan tongkat vakum, pompa, katup, segel, dan banyak lagi. PEEK juga merupakan semikonduktor yang baik, sering ditemukan pada komponen mesin semikonduktor serta konektor listrik.


3. Polivinil klorida (PVC)

PVC adalah plastik yang kuat dan kaku, namun masih mudah dibuat dan diikat dengan baik dengan perekat dan pelarut. PVC juga sangat baik untuk menyatukan komponen, sehingga sangat cocok untuk membuat alat kelengkapan dan katup. Karena PVC sangat murah, insinyur dan tim produk suka menggunakannya untuk proyek dan suku cadang skala besar seperti tangki kimia, manifold, dan sistem perpipaan. Lemari dan ruang kerja juga dapat dibuat dari PVC, menawarkan perlindungan dan daya tahan ruang ini tanpa retak.


PVC memiliki kemampuan mesin yang baik selain kapasitas fabrikasinya. Karena PVC hadir dalam banyak warna dan nilai, desainer akan memiliki banyak fleksibilitas jika mereka memilih bahan tahan bahan kimia ini. Sementara PVC mudah dibentuk, itu menciptakan kesulitan untuk cetakan injeksi. PVC mengeluarkan gas beracun dan korosif saat meleleh, sehingga pencetakan PVC hanya dilakukan oleh beberapa toko cetakan, dan hanya di luar negeri. Anda dapat menemukan PVC dalam lembaran, batang, atau berbagai macam panel termasuk panel antimikroba dan interlocking.


Baca Juga: Termoset dan Termoplastik, Kenali Kedua Jenis Plastik Ini!


4. High Density Polyethylene (HDPE)

HDPE adalah termoplastik dengan ketahanan kimia dan ketahanan korosi yang baik. HDPE juga memiliki penyerapan kelembaban yang rendah, yang meningkatkan perlindungan komponen terhadap penyerapan bahan kimia. Meskipun tinggi dalam kekakuan dan kekuatan, HDPE ringan dan mudah dibuat menggunakan peralatan pengelasan termoplastik.


Karena HDPE dapat mengusir asam, basa, alkohol, dan bahkan grafiti, HDPE sering digunakan untuk membangun infrastruktur dan ruang publik seperti taman bermain atau konstruksi militer. HDPE juga digunakan dalam chute dan bin linings, penyimpanan dan furnitur luar ruangan, flens pipa air, dan tangki tugas ringan. Anda dapat mengakses HDPE dalam bentuk lembaran atau batang dengan banyak pilihan untuk nilai, warna, dan tekstur termasuk woodgrain dan lapisan uv-stabilized.


Flootank, sebagai fabrikator tangki custom, menyediakan tangki berbahan High Density Polyethylene (HDPE) berkualitas tinggi. Ketahui lebih banyak di sini dan hubungi kami melalui Email untuk diskusi lebih lanjut.


5. Polypropylene (PP)

PP adalah polimer dengan biaya rendah alias hemat biaya yang tahan terhadap tekanan serta tahan bahan kimia. Kualitas anti-retak ini membantu polypropylene melawan perengkahan kimia, meningkatkan ketahanan kimianya. PP juga menawarkan kemampuan bentuk yang hebat, yang membuatnya mudah untuk dilas dan didekorasi sambil tetap kaku dan tahan lama.


Salah satu kelemahan PP adalah titik lelehnya yang agak rendah yaitu 120 °C (248 °F), yang secara signifikan lebih dingin daripada bahan lain dalam daftar ini. Namun, polypropylene masih cukup tahan terhadap bahan kimia dan stresor lainnya. Untuk alasan ini, PP sering digunakan dalam jaket tubuh dan soket prostetik luar, serta atap dan panel badai. Polypropylene juga digunakan untuk peralatan luar ruangan seperti teras, teras, dan perlengkapan taman bermain.


Pilih Plastik Tahan Kimia Terbaik dari Flootank

Saat Anda merancang, merekayasa, dan memproduksi komponen untuk digunakan di lingkungan yang keras, penting untuk memilih plastik tahan bahan kimia terbaik. Plastik yang disebutkan di atas semuanya menawarkan ketahanan dan stabilitas kimia yang luar biasa, ditambah kemampuan las, fleksibilitas, dan kekuatan.


Beberapa plastik lebih tahan terhadap suhu tinggi dan radiasi UV daripada yang lain, sementara beberapa plastik lebih baik dalam melawan penyerapan dan retak kelembaban. Menggunakan daftar ketahanan kimia untuk memilih bahan yang tepat hanya akan membawa Anda sejauh ini — bagan dan daftar kompatibilitas bahan kimia bagus untuk referensi, tetapi jangan menawarkan konteks yang diperlukan untuk membuat keputusan yang sepenuhnya terinformasi.


Baca Juga: Mendesain Secara Custom Tangki Plastik Sesuai Kebutuhan Pabrik Anda


Konsultasikan dengan Flootank untuk proses pemilihan bahan yang menyeluruh, akurat, dan tidak bias. Tim insinyur kami akan membantu Anda menimbang manfaat dari semua kemungkinan plastik tahan bahan kimia untuk memastikan proyek Anda berikutnya tahan lama, dan persis seperti yang Anda bayangkan. Anda bisa menghubungi kami hari ini.


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE), Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.

29 views0 comments
bottom of page