top of page

Bahan Apa yang Cocok untuk Diaplikasikan pada Tangki Kimia?


Tangki Kimia Flootank

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan tangki kimia? Tangki penyimpanan bahan kimia di sini adalah sistem penyimpanan penting untuk bahan kimia agresif. Karena bahan kimia bersifat korosif, mereka membutuhkan fasilitas penyimpanan yang aman. Anda akan menemukan berbagai jenis tangki penyimpanan bahan kimia di pasaran. Anda harus memilih jenis tangki penyimpanan bahan kimia yang tepat untuk bahan kimia tertentu yang Anda hadapi.


Tangki penyimpanan bahan kimia Anda dapat dibuat dari stainless steel; plastik yang diperkuat serat-kaca; polietilena linier; atau polietena yang saling terkait. Masing-masing memiliki tujuan dalam hal menyimpan bahan kimia.


Tangki penyimpanan bahan kimia Flootank adalah produk berkualitas tinggi yang juga tahan lama dan tahan lama.Tangki penyimpanan bahan kimia sendiri dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga dan industri. Untuk informasi lebih lanjut mengenai tangki penyimpanan bahan kimia dari Flootank, hubungi kami melalui Email.


Baca Juga: Mengapa Bahan Plastik tepat untuk Tangki Penyimpanan Bahan Kimia? Ini Alasannya


Bahan yang Dapat Diaplikasikan pada Tangki Kimia

Sangat penting bagi Anda untuk meminta penyedia bahan kimia Anda untuk detail mengenai bahan kimia, dan mencari tahu jenis tangki penyimpanan apa yang paling cocok. Misalnya, jika Anda berurusan dengan asam sulfat, maka Anda membutuhkan tangki yang terbuat dari FRP, XLPE, HDPE, dan Carbon Steel. Berikut ini adalah bahan yang cocok diaplikasikan pada tangki kimia Anda.


1. Tangki Polietilen

Apakah itu linier (LLDPE atau HDPE) atau cross-linked (XLHDPE), polietilen adalah bahan yang sangat abrasi dan tahan kimia. Kekurangannya adalah bahwa polietilen, secara umum, bukanlah bahan yang kuat dibandingkan dengan FRP atau berbagai logam. Polietilen juga memiliki ambang batas suhu maksimum yang lebih rendah dibandingkan dengan FRP atau tangki logam. Namun, polietilen umumnya lebih murah.


Dalam tangki ukuran yang lebih kecil, penghematan biaya bisa sangat besar sambil tetap mewujudkan hal yang sama, atau masa pakai yang lebih baik. Polietilen linier memiliki batas suhu maksimum 120 °F dan maksimum 150 °F untuk XLPE. Waktu tunggu yang khas adalah 4-6 minggu setelah persetujuan gambar.


2. Tangki FRP (Fiber Reinforced Plastic)

Tangki FRP (fiber reinforced plastic) biasanya digunakan untuk bejana yang lebih besar, bejana yang lebih tinggi dan lebih sempit, dan untuk aplikasi suhu tinggi. Di mana polietilen (tidak sekuat FRP) terbatas pada kira-kira rasio tinggi terhadap lebar 2,5:1, FRP bisa sebanyak rasio tinggi terhadap lebar 5:1.


Paralel yang baik untuk digunakan adalah perahu. Anda tidak melihat banyak perahu polietilen, tetapi Anda melihat banyak perahu FRP. FRP hanya lebih kuat. Tangki FRP dengan resin derakane tertentu dapat menangani hingga 250 ° F untuk waktu yang singkat tanpa pelunakan. Satu peringatan penting adalah bahwa tangki FRP tidak bekerja dengan baik dengan asam sulfat. FRP dibatasi hingga 67% maks, pada 70 °F.


Ada variasi tangki FRP yang disebut tangki laminasi ganda. Ini adalah tangki FRP khusus dengan liner yang terbuat dari konstruksi laminasi ganda khusus menggunakan liner fluoropolimer (PVDF, ECTFE, FEP, MFA, PFA). Tangki laminasi ganda paling sering digunakan untuk aplikasi yang paling menuntut seperti asam hidrofluorat (HF) atau bahan kimia lain yang sangat berbahaya atau sebanding. Waktu tunggu tangki FRP yang khas adalah 9-12 minggu setelah persetujuan gambar.


3. Tangki Besi

Tangki logam sering digunakan dalam aplikasi yang membutuhkan peringkat tekanan di atas atmosfer atau berdasarkan preferensi pelanggan. Untuk aplikasi kimia, berbagai macam pelapis dan lapisan tersedia untuk memenuhi hampir semua aplikasi.


Baca Juga: Anti Keliru, Ini 5 Tips dalam Memilih Fabrikator Tangki Kimia


Dari uraian di atas, kira-kira tangki manakah yang lebih menarik perhatian Anda dan paling sesuai dengan kebutuhan? Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE), Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.

10 views0 comments
bottom of page