Memilih Tangki Untuk Sistem Pengolahan Air

Updated: Nov 14


Memilih Tangki Untuk Sistem Pengolahan Air | Flootank
Memilih Tangki Untuk Sistem Pengolahan Air | Flootank

Sistem pengelolaan air atau dikenal dengan istilah Water Treatment. Ada beberapa tahap pengelolaan air yang harus dilakukan sehingga air tersebut bisa dikatakan layak untuk dipakai. Namun, tidak semua tahap ini diterapkan oleh masing-masing pengelola air, tergantung dari kualitas sumber airnya.


Baca Juga: Tangki Penyimpanan Thermoplastic


Sebagai contoh, jika sumber airnya berasal dari dalam tanah (ground water), sistem pengelolaan airnya akan lebih sederhana dari pada yang sumber airnya berasal dari sumber air permukaan, seperti air sungai, danau atau laut. Karena air yang berasal dari dalam tanah telah melalui penyaringan secara alami oleh struktur tanah itu sendiri dan tidak terkontak langsung dengan udara bebas yang mengandung banyak zat-zat pencemaran air.


Berbeda halnya dengan sumber air permukaan yang mudah sekali tercemar. Namun demikian air yang berasal dari dalam tanahpun akan jadi tercemar juga jika sistem penampungan dan penyalurannya tidak bagus.


Dalam sistem pengolahan air diperlukan tangki yang handal baik untuk unit pengolahan maupun penampungan dan dalam memilih tangki tersebut, Anda perlu tahu fitur apa saja yang ditawarkan kepada Anda.


Berikut ini beberapa fitur dan ciri-ciri tangki yang berkualitas untuk digunakan dalam sistem pengelolaan air.


1. 100% plastik virgin

Tangki pengolahan air perlu diproduksi dari plastik virgin. Plastik virgin adalah jenis resin plastik yang langsung berasal dari industri dan baru dibuat. Bahan ini memiliki daya tahan dan kekuatan yang tinggi, sehingga dapat bertahan lebih lama.


2. Food grade

Tangki air perlu menggunakan bahan plastik yang memiliki kualitas food grade. Artinya, plastik tersebut tidak menimbulkan risiko kesehatan bagi manusia ketika bercampur dengan makanan dan minuman.


Baca Juga: Plastik HDPE dan PP: Manakah yang Lebih Cocok untuk Bisnis Anda?


Jika bahan tangki tidak memiliki kualitas food grade, maka kualitas air akan menurun, karena telah tercemar oleh zat aditif plastik. Tentu saja hal itu akan berbahaya bagi kesehatan manusia.


3. Teruji dan tersertifikasi

Anda perlu memeriksa produsen tangki sebelum membelinya. Apakah produk-produk tangkinya sudah teruji dan tersertifikasi? Karena, tangki penyimpanan perlu diuji terlebih dahulu dan disertifikasi oleh standar seperti ISO supaya produk tersebut benar-benar terpercaya.


4. Stabilitas UV

Tangki penyimpanan cairan perlu dibuat sedemikian rupa, sehingga tidak memungkinkan sinar UV menembusnya. Tangki penyimpanan harus dibuat stabil terhadap UV, kalau tidak cairan yang terkandung di dalamnya akan terkontaminasi dan menurunkan kualitasnya.


5. Kapasitas penyimpanan penuh

Artinya, tangki penyimpanan air harus dengan mudah menyimpan jumlah air seperti yang dicantumkan dalam rincian produk. Jangan sampai di rincian produk mengatakan A, tetapi kenyataannya B.


6. Tahan korosi dan anti bocor

Poin keenam ini sangat perlu Anda perhatikan, karena yang namanya tangki penyimpanan itu harus bisa menjaga suhu rendah terhadap lingkungan luarnya. Selama musim panas, lingkungan luarnya mencapai 40 derajat Celcius atau lebih. Dalam kasus tersebut, tangki air harus bisa mempertahankan suhu di dalamnya sekitar 10 derajat lebih rendah supaya material di dalamnya tidak rusak.


Nah, tangki penyimpanan dan pengolahan juga harus anti korosi kalau mau bertahan lama. Jika Anda menggunakan material yang tidak tahan korosi untuk tangki, seperti baja, maka Anda perlu melakukan perawatan secara rutin supaya lebih tahan lama.


Polyethylene dan polypropylene merupakan dua bahan utama yang stabil dan memiliki daya tahan tinggi. Meskipun sama-sama memerlukan perawatan, namun kedua bahan ini tidak seribet perawatan tangki baja. Perawatan untuk tangki plastik cenderung lebih mudah.

Salah satu rekomendasi produsen tangki plastik terbaik adalah Flootank. Produk tangkinya dibuat oleh teknisi profesional yang sudah berpengalaman dan memiliki jam terbang tinggi di bidangnya. Sehingga, kualitas produknya terjamin.


Baca Juga: Sertifikat TKDN : Pengertian dan Manfaatnya


Tangki plastik dari Flootank tidak memerlukan perawatan yang rumit dan mahal. Plastik yang digunakan berkualitas tinggi, bersih, dan mudah dibersihkan. Selain itu, tangki berbahan plastik juga anti korosi. Dengan begitu, penggunaannya bisa lebih awet.

Jika ada kerusakan pada tangki, Anda tidak perlu khawatir, panggil saja tim kami. Tidak memerlukan waktu lama, tangki Anda akan dapat beroperasi kembali.


Produk tangki kami dirancang dan dibuat untuk memenuhi tuntutan aplikasi. Tangki penyimpanan cairan kami biasanya terbuat dari High Density Polyethylene murni yang mengandung carbon black dimana memiliki karakteristik tangguh, stabil terhadap UV dan dijain bebas korosi selamanya.


Jika Anda menginginkan ukuran dan model tangki yang unik atau tidak seperti pada umumnya, Flootank juga bisa membuat tangki impian Anda secara custom. Jadi, produksi tangki kami memang dirancang khusus sesuai pesanan.


Beberapa contoh tangki yang kami produksi antara lain mixing tank, dosing tank, chemical storage tank, reservoir modular tank dan berbagai tangki penyimpanan khusus yang dibuat secara custom.


Baca Juga: DKI Jakarta menempati posisi pertama daftar kota dengan kualitas udara terburuk di dunia


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE)Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.

15 views0 comments