Keselamatan Pengoperasian Penting Untuk Tangki Penyimpanan Bahan Kimia



Mempelajari pengoperasian tangki penyimpanan bahan kimia yang benar merupakan cara penting untuk memastikan pengoperasian yang aman. Meskipun desain tangki penyimpanan bahan kimia memenuhi semua persyaratan dan pemasangan serta pembuatannya tanpa cacat, pengoperasian yang tidak benar dapat mengakibatkan tumpahan bahan kimia. Lalu apa yang harus diperhatikan saat mengoperasikan tangki penyimpanan bahan kimia?


Baca Juga: 5 Hal Penting Sebelum Memasang Tangki Penyimpanan Bahan Kimia


Memastikan pengoperasian stabilisasi tangki penyimpanan bahan kimia


Selama beroperasi sering terjadi perubahan dinamika seperti tekanan, gelombang keseluruhan sangat besar, dan ketahanan lelahnya tidak baik, sehingga pengguna harus cermat untuk memastikan stabilitas tekanan selama operasi. Hal ini untuk menghindari perubahan temperatur tangki yang besar. Oleh karena nya penting untuk menghindari kelebihan muatan atau tekanan berlebih.


Tangki penyimpanan bahan kimia yang sering bekerja dalam variasi suhu yang tidak disarankan maupun juga tekanan yang berlebih berisiko merusak tangki. Maka perlu ada Batasan operasional yang tidak boleh dilanggar Jika tidak dapat diregulasi dengan baik, tangki penyimpanan bahan kimia dapat mengalami deformasi, retak, mengembung, dll. Dan yang lebih serius adalah kebocoran.


Persyaratan penyimpanan untuk tangki penyimpanan bahan kimia


Ada banyak aspek yang perlu diperhatikan saat memasang tangki penyimpanan bahan kimia. Instalasi Tangki penyimpanan bahan kimia harus direncanakan dengan baik sebelum pemasangan, karena pemasangan yang salah dapat menyebabkan kebocoran yang serius.


1. Analisis Risiko

Analisis risiko sangat penting untuk lokasi penyimpanan tangki penyimpanan bahan kimia, apalagi jika lokasi dekat dengan perumahan, kantor, dan pabrik. Jarak aman harus dipastikan agar tidak mempengaruhi lingkungan atau dampaknya berada dalam kisaran normal.

2. Lokasi

Perhatikan apakah lokasi tangki penyimpanan bahan kimia cocok untuk kondisi pemasangan, terutama kondisi iklim setempat, kondisi geologis, gempa bumi atau bahaya geologis lainnya.


3. Keamanan

Keamanan adalah faktor terpenting saat memilih lokasi tangki penyimpanan bahan kimia, karena keamanan tempat penyimpanan memastikan penggunaan tangki penyimpanan bahan kimia yang lebih baik.


Baca Juga: Desain Tangki Penyimpanan


Perawatan tangki penyimpanan bahan kimia yang efektif


Untuk memastikan keamanan produksi perusahaan dan pengoperasian yang aman dari tangki penyimpanan bahan kimia itu sendiri, dan secara efektif meningkatkan masa pakai dan efisiensi produksinya, pemeriksaan dan pemeliharaan yang tepat harus dilakukan untuk memastikan bahwa tangki penyimpanan bahan kimia tidak mempengaruhi produksi secara keseluruhan. Kecelakaan mekanis karena kerusakan mekanis atau kerusakan operator.

Dalam keadaan normal, siklus pemeliharaan tangki penyimpanan bahan kimia dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

  • Perawatan Sedang 60-120 hari, perbaikan 12 bulan, perawatan sedang meliputi cek, kebocoran, pembersihan, perbaikan, penggantian parts jika dibutuhkan dan pembersihan saluran inlet outlet.

Pada intinya, Tangki kimia high-density polyethylene (HDPE) polypropylene (PP) untuk menyimpan cairan kimia harus memenuhi persyaratan yang tinggi: Tangki harus benar-benar aman bahkan pada cairan kimia yang agresif, tekanan termal yang tinggi, dan radiasi UV.


Produk tangki Flootank hanya menggunakan material thermoplastic dengan kualitas tinggi yang sangat tahan terhadap cairan kimia agresif, tahan panas dan mudah diproses. Material thermoplastic yang kami gunakan juga dilengkapi sertifikasi dari PE100+ Association sehingga menjamin kemurniannya dan dapat ditelusuri hingga ke hulu. Untuk diskusi selanjutnya hubungi kami melalui Email.


Ketenangan Anda adalah sebuah jaminan dari Kami. Flootank memberikan garansi dan juga layanan Perbaikan serta Pemeliharaan diluar masa garansi selamanya untuk tiap klien kami.

Program layanan pemeliharaan tangki industrial Flootank dirancang untuk membantu mendeteksi masalah pengoperasian dan peralatan maupun pemeliharaan darurat.


Baca Juga: Cara Memilih Tangki Penyimpanan Bahan Kimia (Chemical Storage Tank)!


Layanan perbaikan ini kami berikan kepada tiap klien guna merespons kebutuhan perbaikan darurat dengan cepat. Ahli las plastik kami yang bekerja sesuai standard DVS (German Welding Society) telah melakukan pengelasan perbaikan darurat untuk berbagai industri, produsen, dan kontraktor. Layanan ini dapat dilkakuan baik dilokasi klien maupun dilokasi Flootank.


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE)Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.


5 views0 comments