Cara Memilih Tangki Penyimpanan Bahan Kimia (Chemical Storage Tank)!



Bagaimana cara memilih tangki penyimpanan bahan kimia? Pertanyaan seperti ini seringkali dijumpai di orang-orang yang ingin membeli tangki penyimpanan bahan kimia (chemical storage tank). Penasaran dengan panduannya?


Yap, memilih tangki penyimpanan bahan kimia yang sesuai untuk industri Anda memang melelahkan. Cukup banyak proses yang melelahkan dari pencarian tangki penyimpanan bahan kimia.


Baca Juga: Fabrikasi Tangki Kimia Custom Sesuai Keinginan? Flootank Siap Mewujudkannya!


Dalam panduan ini, Anda akan mempelajari segala hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli atau memilih tangki penyimpanan bahan kimia. Panduan tersebut mulai dari standar kualitasnya, kapasitas, fungsi, jenis material, dan fitur keselamatan.


Ada berbagai bahan yang digunakan untuk memproduksi tangki tersebut supaya bisa sesuai dengan kebutuhan atau aplikasinya.

  1. Termoplastik, lebih disukai polietilen dan propilen berdensitas tinggi.

  2. Stainless steel/

  3. FRP.

Menggunakan tangki dari ketiga bahan tersebut untuk menyimpan bahan kimia adalah pilihan tepat, ketiganya sangat andal. Bahkan, tangki tersebut bisa menampung bahan kimia yang paling berbahaya sekalipun.


Konsultasikan bagaimana cara memilih tangki penyimpanan bahan kimia yang cocok untuk industri Anda dengan tim profesional kami, melalui kontak Email .


Namun, pertimbangkan tujuan, desain, dan teknik yang tepat supaya tangki tersebut bisa sangat efektif untuk industri Anda.


Apa Saja Jenis Tangki Penyimpanan Bahan Kimia?

Jenis tangki penyimpanan bahan kimia yang umum digunakan, antara lain:


1. Tangki Stainless Steel

Tangki ini menggunakan jenis baja yang tahan karat, yaitu stainless steel. Jenis tangki seperti cocok untuk di outdoor, karena tidak mudah berkarat dan tidak berubah warna. Tangki ini juga bisa bertahan lama pada kondisi lingkungan yang berbeda. Namun, perlu diingat bahwa tangki ini tidak bisa kalau terlalu sering terpapar atau kontak dengan banyak asam.

Meskipun diklaim tahan korosi, namun kalau terpapar terus-menerus bisa berkarat juga. Selain itu, tangki stainless steel juga tidak ramah di kantong, alias biayanya mahal.

Beberapa jenis tangki penyimpanan bahan kimia stainless steel yang bisa dengan mudah Anda temukan di pasaran, yaitu:

  • Tangki baja 316

  • Tangki baja 304

  • Tangki baja karbon

  • Tangki baja nikel

Baca Juga: 4 Perbedaan Tangki Penyimpanan Kimia High Density Polyethylene dan Fiberglass


2. Tangki Fiberglass (FRP)

Tangki penyimpanan yang satu ini menggunakan fiberglass atau FRP sebagai bahan utamanya. Tangki ini cukup awet, bisa dibilang anti penuaan. Sehingga, cocok untuk menyimpan produk minyak bumi.


Di sisi lain, untuk bahan kimia yang sangat korosif, tangki ini bukan pilihan terbaik. Kekurangan lainnya adalah perawatannya yang perlu rutin. Kalau tidak dilakukan perawatan, maka tangki FRP akan mudah rusak.


3. Tangki Termoplastik

Selanjutnya, ada tangki termoplastik. Tangki termoplastik bisa dibilang yang paling banyak tersebar di pasaran. Karena, bahannya yang fleksibel membuatnya cocok untuk diaplikasikan pada berbagai kebutuhan.


Bahan termoplastik juga memberikan solusi yang kuat sebagai tangki untuk menyimpan bahan kimia. Anda bisa membuat tangki tersebut dalam polietilen linier atau ikatan silang. Selain harganya yang lebih murah dibandingkan kedua bahan lainnya di atas, ada banyak manfaat yang bisa Anda temukan jika menggunakan tangki termoplastik.


Keunggulan Tangki Termoplastik

Keunggulan dari tangki termoplastik, antara lain:

  • Ketahanan yang tinggi terhadap korosi

  • Berat lebih ringan

  • Biaya rendah atau murah

  • Variasi bahannya banyak, seperti polietilen dan polipropilen.

  • Kuat dan tahan lama

  • Proses produksi cepat

  • Mudah untuk dipasang dan diaplikasikan

Lantas, Bagaimana Cara Memilih Tangki Penyimpanan Bahan Kimia?

Balik lagi kepada kebutuhan Anda. Tentukan dulu tujuan Anda ingin menggunakan tangki penyimpanan tersebut untuk apa. Setelah itu, pikirkan juga desain dan tempat penyimpanannya, di dalam atau di luar ruangan. Kemudian, perhatikan juga bahan kimia apa yang akan Anda simpan.


Baca Juga: Pentingnya Scrubber Kimia Bagi Pabrik Anda


Jangan sampai, Anda memilih jenis tangki yang ternyata tidak cocok untuk menyimpan cairan kimia pada industri Anda, misalnya akan lebih cepat berkarat kalau terus-menerus bersinggungan. Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE) dan Polypropylene (PP), Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.

42 views0 comments