top of page

Kelebihan Tangki Polypropylene (PP) vs Tangki Stainless Steel, Mana yang Unggul?


Kelebihan Tangki Polypropylene Flootank

Apa itu tangki polypropylene? Polypropylene yang juga dikenal sebagai PP adalah polimer termoplastik yang digunakan dalam berbagai aplikasi seperti pembuatan tangki proses kimia. Tangki Polypropylene sangat ideal untuk menyimpan dan memproses cairan bersuhu tinggi.


Dalam sektor pengolahan kimia dan air, ada peningkatan permintaan untuk penyimpanan bahan kimia dan tangki asam yang lebih agresif. Serta tangki air PP yang digunakan untuk suhu sekitar 65°C untuk air (Anda dapat menghubungi kami di Flootank untuk mengetahui bahan kimia lainnya) karena menerima bahwa tangki polyethylene konvensional tidak cocok untuk suhu ini.


Baca Juga: Apa itu Polypropylene? Kenali Lebih Lanjut Disini!


Tangki Polypropylene vs Tangki Stainless Steel

Di masa lalu, tangki baja yang biayanya mahal atau tangki plastik berlapis dengan biaya yang mahal juga adalah satu-satunya pilihan tangki yang tahan korosif. Hingga akhirnya muncul jenis tangki dengan bahan yang ringan, tahan korosif, dan biayanya rendah. Yap, tangki polypropylene (PP).


Pengenalan tangki polypropylene, yang dikenal sebagai tangki PP, adalah solusi yang lebih hemat biaya. Tangki kimia plastik kami yang diproduksi dari tangki Polypropylene (PP) tersedia di tangki tipe vertikal dan kerucut dari kapasitas penyimpanan 150 liter hingga 30.000 liter.


Tangki one-piece yang dibentuk secara rotasi mandiri ini hadir dalam berbagai ukuran dan kapasitas, dengan opsi untuk memilih antara tangki yang rata bagian bawah, dasar kerucut atau tangki bunded dinding ganda.


Konsep kami yang dipesan lebih dahulu memungkinkan kami untuk membuat tangki khusus untuk penyimpanan produk tertentu untuk mempertimbangkan ketahanan kimia, persyaratan suhu, dan kondisi lokasi yang memastikan Anda mendapatkan produk dan pikiran yang sesuai. Yap, kami menerima pembuatan tangki custom yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.


Tangki Polypropylene Dapat Digunakan untuk Apa Saja?

Tangki polypropylene Flootank dapat digunakan secara luas untuk memproses dan menampung air bersih, air limbah, pengolahan limbah, pengolahan makanan, kolam renang, industri kimia hingga farmasi untuk penyimpanan serta tangki pencampuran. Polypropylene adalah poliolefine yang paling keras dan kaku dan sesuai dengan rekomendasi dan pedoman untuk produksi barang-barang konsumen dan kontak dengan makanan.


Polypropylene memiliki karakter yang kaku, tidak berbau dengan kekuatan benturan tinggi, UV stabil dan tersedia untuk banyak aplikasi industri dan penyimpanan bahan kimia. Anda dapat berkonsultasi dengan salah satu tim kami hari ini untuk mengetahui tangki PP lebih lanjut.


Keunggulan Tangki Polypropylene dan Kegunaannya


1. Kekuatan mekanik yang baik

Memiliki bahan yang keras, kaku dan mudah diterapkan (lebih kaku dari PE).


2. Ketahanan benturan yang baik pada suhu kamar

Keunggulan ini mmebuat tangki polypropylene menjadi lebih kuat dan tangguh.


Baca Juga: Tangki Polypropylene vs Tangki GRP: Pro dan Kontra Keduanya?


3. Ketahanan kimia yang sangat tinggi

Selanjutnya, tangki polypropylene juga unggul dalam ketahanannya terhadap bahan kimia yang tinggi. Tidak perlu khawatir untuk menyimpan bahan kimia pada tangki polypropylene.


4. Tahan kelembaban

Kelebihan tangki polypropylene selanjutnya adalah memiliki ketahanan terhadap kelembapan yang baik. Karenanya, tangki ini sangat baik untuk aplikasi makanan dan kimia.


5. Tahan Gores

Berikutnya, tangki polypropylene juga unggul dalam kekuatannya terhadap goresan. Ketahanan gores pada jenis tangki ini lebih tinggi daripada tangki berbahan HDPE.


6. Thermoformable dan weldable

Kelebihan tangki polypropylene selanjutnya adalah memiliki fitur thermoformable dan weldable. Karenanya, jenis tangki ini ideal untuk fabrikasi.


7. Suhu Pengoperasian

Suhu pengoperasian pada tangki polypropylene adalah -20 °C (hanya jangka pendek) hingga 130 °C.


8. Suhu Leleh

Kelebihan tangki polypropylene yang terakhir adalah tangki ini memiliki suhu leleh yang lebih tinggi (antara 160 °C – 165 °C).


Kegunaan Tangki Polypropylene untuk Industri

  • Makanan atau kapal penyimpanan korosif.

  • Menara pendingin atau scrubbing.

  • Flens pipa.

  • Tangki air plastik.

  • Liner tangki kimia.

  • Tangki penyimpanan kimia.

  • Barel elektroplating.

  • Lemari asap.

  • Badan pompa.

  • Pengolahan air.

  • Tangki pelapis dan tudung.

Konsultasikan dengan Flootank untuk proses pemilihan bahan yang menyeluruh, akurat, dan tidak bias. Tim insinyur kami akan membantu Anda menimbang manfaat dari semua kemungkinan tangki polypropylene yang tahan bahan kimia untuk memastikan proyek Anda berikutnya tahan lama, dan persis seperti yang Anda bayangkan. Anda bisa menghubungi kami melalui Email.


Baca Juga: Polypropylene (PP): Pengertian, Karakteristik, Manfaat, dan Keunggulannya


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE), Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.

6 views0 comments
bottom of page