top of page

Tangki Polypropylene vs Tangki GRP: Pro dan Kontra Keduanya?


Tangki Polypropylene Flootank

Ada dua opsi utama yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan berbagai zat kimia: tangki polypropylene atau tangki GRP. Kedua jenis tangki penyimpanan tersebut dapat Anda beli dengan ukuran yang bervariasi. Jadi, Anda dapat menyesuaikan ukuran tangki yang tepat dengan kebutuhan.


Namun, kedua tangki tersebut tentu memiliki beberapa perbedaan. Masing-masingnya memiliki kekurangan dan kelebihan. Jadi, Anda tetap perlu mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan tersebut saat memutuskan mana tangki yang akan Anda gunakan.


Baca Juga: Apa itu Polypropylene? Kenali Lebih Lanjut Disini!


Di sini, kita akan membandingkan kedua tangki sehingga Anda dapat membuat keputusan berdasarkan informasi tentang manakah tangki yang paling cocok untuk Anda aplikasikan sesuai kebutuhan.


Tangki GRP

Mungkin banyak dari Anda yang bertanya-tanya, apa yang dimaksud dengan tangki GRP. Istilah GRP ini berasal dari bahasa Inggris, yaitu Glass Reinforced Plastics. Kalau menggunakan bahasa Indonesia, GRP merupakan fiberglass. Jadi, tangki GRP itu sebenarnya sama dengan tangki fiberglass. Kebayang ya sampai sini? Sekarang mari kita bahas pro dan kontra dari tangki GRP.


1. Jahitan atau Sambungan Tangki GRP Rawan Kebocoran

Pertama, tangki GRP memiliki jahitan. Artinya, mereka bukan merupakan bejana one-piece (satu potong yang saling tersambung) dan terbuat dari potongan bahan yang terpisah. Hal itu mengakibatkan tangki GRP dapat rentan terhadap kebocoran di area tambalannya. Kalau jahitannya tidak kuat, kebocoran dapat dengan mudah terjadi.


2. Kesalahan Manusia dalam Memproduksi (Human Error)

Namanya juga diproduksi oleh manusia, terlebih tangki GRP dibuat dengan tangan. Artinya, selama produksi pembuatannya, tangki GRP rentan terjadi kesalahan akibat proses produksi yang dilakukan manusia atau human error.


3. Bahan Penyusun Tangki GRP

Tangki GRP terbuat dari apa, sih? Dapat dibilang, tangki GRP itu mahal untuk dibuat. Mereka diproduksi oleh produsen tangki GRP yang menggunakan bahan mahal seperti penghalang korosi seperti resin yang cukup kuat untuk menampung bahan kimia umum.


4. Perawatannya Tinggi

Setelah Anda memiliki tangki GRP dengan harga yang tinggi, perawatan untuk tangki tersebut juga perlu terus dilakukan secara rutin. Mengapa? Karena tangki GRP rentan terhadap kebocoran dan korosi dalam waktu ke waktu.


Oleh karena itu, tangki GRP memerlukan inspeksi dan pemeliharaan yang rutin. Yap, memang benar, perawatan rutin tersebut akan memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Jadi, silakan Anda pertimbangkan kembali poin yang satu ini untuk kebutuhan Anda. Kira-kira Anda sanggup atau tidak untuk melakukan perawatan rutin tersebut?


Tangki Polypropylene

Tangki polypropylene merupakan tangki yang terbuat dari bahan utama plastik. Ada dua jenis tangki polypropylene, yaitu polyethylene linier dan polypropylene bertaut silang densitas tinggi (XLPE).


Tangki jenis ini mungkin sering Anda temukan untuk berbagai penyimpanan bahan, mulai dari penyimpanan air (toren) untuk skala kecil atau rumahan, pengolahan limbah, perminyakan, electroplating, hingga penyimpanan berbagai bahan kimia. Berikut ini pro dan kontra dari tangki polypropylene.


1. Metode Pengelasan

Tidak seperti tangki GRP yang dibuat dengan cetakan, tangki polypropylene dapat diproduksi dengan metode pengelasan plastik. Artinya, tangki jenis ini memiliki kekuatan serta kemampuan untuk dibuat secara custom sesuai kebutuhan.


2. Produksi Otomatis

Pembuatan tangki polypropylene dilakukan dengan standard industri dan fabrikasi nya menggunakan alat bantu permesinan, sehingga risiko human error selama produksi menjadi lebih minim.


3. Peningkatan Daya Tahan dan Ketahanan Korosi

Tangki polypropylene sangat tahan terhadap berbagai macam bahan kimia korosif. Ini tidak hanya membuat tangki polypropylene lebih tahan lama, namun dapat juga dapat menghilangkan kebutuhan akan aplikasi pelapisan apa pun.


4. Lebih Hemat Biaya Daripada Tangki GRP

Keuntungan lainnya dari menggunakan tangki polypropylene adalah Anda tidak perlu melakukan perawatan rutin seperti jika Anda memiliki tangki GRP dan jika terjadi kerusakan proses perbaikan tangki polypropylene sangat cepat sehingga meminimalisir Down-time pabrik yang dapat merugikan secara finansial.


Baca Juga: Polypropylene (PP): Pengertian, Karakteristik, Manfaat, dan Keunggulannya


Dari uraian di atas, kira-kira tangki manakah yang lebih menarik perhatian Anda dan paling sesuai dengan kebutuhan? Kami di Flootank memiliki berbagai macam tangki polypropylene untuk Anda pilih sesuai kebutuhan. Jika Anda memiliki pertanyaan atau ingin konsultasi mengenai produk manakah yang terbaik untuk industri Anda, hubungi kami melalui Email dan bicarakan permasalahan Anda dengan salah satu spesialis tangki penyimpanan kami.


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE) Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.

5 views0 comments
bottom of page