top of page

Apa itu Polypropylene? Kenali Lebih Lanjut Disini!

Updated: Dec 16, 2022


Tangki Polypropylene Flootank
Tangki Polypropylene Flootank

Polypropylene merupakan salah satu plastik handal yang memiliki banyak kelebihan. Selain itu, dapat dimodifikasikan juga dengan banyak cara agar sesuai dengan cara pengaplikasiannya.


Polypropylene telah menjadi plastik yang memiliki peringkat kedua dan paling banyak diproduksi di dunia. Pertama kali polypropylene dibuat pada tahun 1951 dan pada saat ini polypropylene menjadi bahan yang selalu dipilih bagi produsen di berbagai industri.


Baca Juga: Polypropylene (PP): Pengertian, Karakteristik, Manfaat, dan Keunggulannya


Polypropylene umumnya digunakan dalam industri pengemasan, dan dalam artikel ini, kami akan membahas kelebihan dan kekurangan dari bahan tersebut.


Polypropylene memiliki banyak manfaat, sehingga membuatnya menjadi bahan yang sangat populer bagi produsen yang telah menerapkannya dalam berbagai aplikasi. Untuk lebih jelasnya simak beberapa keunggulan dari polypropylene di bawah ini:


  • Sifat kimia dari polypropylene tidak akan bereaksi dengan asam, sehingga menjadikannya bahan yang cocok sebagai wadah untuk menampung cairan asam seperti bahan pembersih.

  • Polypropylene juga sangat tahan terhadap korosi dan kebocoran bahan kimia, itulah sebabnya Polypropylene dijadikan sebagai bahan pilihan untuk sistem perpipaan. Plastik juga mampu tahan terhadap pembekuan dengan baik, sehingga kondisi iklim pun tidak menjadi masalah bagi pipa polypropylene.

  • Polypropylene akan berubah menjadi cair pada titik lelehnya, dan dalam bentuk cairnya itu, polypropylene dapat dicetak menjadi bentuk apa pun yang diinginkan, dan ini dapat dilakukan beberapa kali tanpa banyak menimbulkan degradasi pada plastik tersebut. Polypropylene digunakan dalam cetakan injeksi karena ia dapat merespons panas dalam cetakan.

  • Polypropylene tidak menghantarkan listrik dengan baik, sehingga polypropylene digolongkan sebagai isolator. Karena hal itulah, menjadikannya bahan yang sangat baik bagi manufaktur untuk digunakan dengan komponen elektronik seperti kabel dan peralatan audio.

  • Polypropylene sangat kedap terhadap air, yang mana dapat menyerap kurang dari 0,01% air saat merendamnya. Ini membuatnya menjadi bahan sempurna untuk produk yang terendam dalam cairan atau barang yang membutuhkan waterproofing.

  • Polypropylene mudah dibentuk dan dapat di las yang berarti polypropylene dapat dibuat sesuai kebutuhan (custom).

  • Polypropylene memiliki kekuatan tarikan yang tinggi, yang berarti polypropylene merupakan bahan yang tahan beban berat, karena dapat menahan 4800 psi.

Namun, seperti layaknya semua bahan yang diproduksi tentunya polypropylene juga memiliki beberapa batasan yang harus diperhatikan oleh pengguna atau produsen sebelum mereka memilih untuk menerapkan bahan plastik. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Polypropylene dapat terdegradasi UV, sehingga membuatnya tidak cocok untuk digunakan di tempat-tempat outdoor di mana penetrasi UV yang tinggi.

  • Polypropylene dapat meleleh saat terkena panas. Terlebih jika bersentuhan langsung dengan percikapn api, dimana titik nyala api tersebut hanya sebesar 260 derajat celcius.

Baca Juga: Keunggulan Polypropylene sebagai material Wet Scrubber


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE), Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.

12 views0 comments
bottom of page