top of page

5 Kriteria Menentukan Kualitas Air Minum di Tangki Penyimpanan Air


Tangki Penyimpanan Air Flootank

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana cara mengetahui kualitas suatu cairan yang ada di dalam tangki penyimpanan air? Sebuah tangki tentu saja tertutup, lantas bagaimana cara kita tahu bahwa cairan di dalamnya aman? Terlebih jika cairan tersebut adalah air minum.

Perlu kita ketahui, bahwa tangki penyimpanan air dapat digunakan di banyak daerah saat ini.


Pasalnya, tangki Ini dapat digunakan untuk banyak tujuan mulai dari yang sederhana hingga kompleks, dari kawasan industri hingga rumah kita. Penggunaan ini tidak terbatas pada negara kita. Tangki juga digunakan di banyak daerah dari negara-negara Afrika di mana air berharga bagi Eropa.


Baca Juga: Cara Memasang Tangki Penyimpanan Bahan Kimia Anda dengan Aman


Contohnya seperti ini, tangki yang digunakan dalam industri dan pertanian untuk tujuan seperti penyemprotan, irigasi, penyimpanan dan transportasi untuk perlindungan bahan-bahan yang dihasilkan.


Di rumah kita, tangki dapat digunakan dalam proses seperti septic tank, sistem pengumpulan air hujan, acar, daun atau air garam zaitun. Umumnya, model tangki air plastik digunakan. Karena memiliki banderol harga paling ekonomis dan sangat menguntungkan.


Kisaran ukurannya antara 50 liter dan 25.000 liter, dan memiliki desain yang dapat beradaptasi dengan setiap bagian rumah kita. Ketika kita melihat tujuan penggunaan umum, kita melihat bahwa mereka adalah alat yang memastikan bahwa air disimpan dan diawetkan dan digunakan pada saat dibutuhkan.


1. Apa yang menentukan kualitas air minum?

Bagaimana cara menentukan kualitas air minum? Sebenarnya, air itu sendiri dan tanah yang memengaruhi untuk mendapatkan rasa air minum dan menurunkan kualitas air. Produk penyimpanan memiliki sedikit efek pada hal ini.


Sebagai contoh, ketika Anda memasukkan air ke dalam wadah besi dan membiarkannya menunggu, kita akan melihat bahwa rasa besi masuk ke dalam air. Itu sebabnya tangki sebagian besar terbuat dari baja, bukan besi. Sebelum tank-tank ini diproduksi, masalah material tersebut diselesaikan dalam lingkup studi P&D.


2. Apakah ukuran tangki memengaruhi kualitas air?

Mungkin hal terakhir yang dapat memengaruhi kualitas air adalah ukuran tangki karena dimensi hanyalah kriteria untuk kebutuhan kita. Anda dapat memilih ukuran sesuai dengan kebutuhan Anda dan membeli tangki itu. Ini sama sekali tidak menentukan kualitas air di dalam tangki. Namun, kehilangan air atau nutrisinya dapat terjadi sebagai akibat dari perforasi karena penggunaan. Ini biasanya terkait dengan lokasi tangki. Selama tidak ada intervensi dari luar, hampir tidak mungkin untuk menembus tangki.


3. Apakah sinar matahari mempengaruhi kualitas air?

Paparan sinar matahari yang berbahaya merupakan faktor yang mempengaruhi kualitas air. Oleh karena itu, semua tangki diproduksi dengan stabilisasi UV. Situasi ini berasal dari bahan tangki. Ini adalah UV stabil karena bahannya berkualitas tinggi.


Dengan kata lain, mereka adalah bahan yang tidak memantulkan sinar berbahaya di belakangnya. Dalam tangki yang diproduksi menggunakan bahan-bahan ini, mereka tidak menerima sinar berbahaya di dalamnya. Dengan cara ini, lingkungan yang lebih sehat untuk konten dibuat. Selain itu, tangki ini dapat diproduksi dalam warna apa pun yang diinginkan. Dengan cara ini, isolasi radiasi berbahaya semakin diperkuat.


Baca Juga: 5 Hal Penting Sebelum Memasang Tangki Penyimpanan Bahan Kimia


4. Apakah bahan tangki memengaruhi kualitas air?

Bahan produk penyimpanan adalah faktor lain yang secara langsung mempengaruhi kualitas air. Karena jika Anda menyimpan air di dalam tangki besi seperti yang kami sebutkan di atas, rasa besi akan masuk ke dalam air. Dari sudut pandang ini, tangki ini diproduksi dari tiga bahan berbeda seperti tangki polyethylene, polyester, dan stainless-steel yang dikenal sebagai tangki air stainless.


Bahan-bahan ini bukanlah bahan yang dapat memengaruhi air atau kandungan lainnya. Semua masalah pada tahap ini telah diselesaikan dalam lingkup studi P&D. Itu sebabnya Anda dapat menyimpan makanan, cairan yang dapat diminum, obat-obatan, deterjen, dan banyak lagi bahan kimia di tangki ini.


5. Apakah bagian lain dari tangki memengaruhi kualitas air?

Poin terakhir mempertanyakan apakah bagian tangki lainnya dapat memengaruhi kualitas air minum atau tidak.


Sebuah tangki dikirim secara keseluruhan dengan bahan tambahan yang digunakan. Sehingga, dapat mempengaruhi kualitas air. Terutama ketika merancang tangki polietilen, ini bertujuan untuk mencapai tingkat kompatibilitas makanan tertinggi. Karena desain leher tangki ini membuat pembersihan lebih mudah. Sementara bagian penutup diproduksi dari polietilen, lengan kuningan digunakan di bagian lengan.


Kedua zat tersebut tidak berbahaya bagi kesehatan. Karena saat ini, polietilen memiliki kompatibilitas makanan yang diterima oleh organisasi makanan internasional. Oleh karena itu, polietilen berfungsi sebagai bahan untuk banyak produk kontak makanan. Pilihan lain adalah stainless steel. Kita semua tahu kekuatan korosif air. Tapi kekuatan ini tidak tahan terhadap stainless steel. Oleh karena itu, zat-zat seperti obat-obatan, cokelat, glukosa, gliserin umumnya disimpan dalam tangki ini. Karena tangki ini cepat dingin dan cepat panas. Nilai suhu kerja juga cukup tinggi, yaitu +80 derajat.


Pada artikel ini, kita berbicara tentang 5 kriteria yang menentukan kualitas tangki secara umum, tetapi ada lebih banyak faktor yang menentukan kualitas tangki ini. Beberapa faktor tersebut adalah peningkatan ketebalan material seiring dengan meningkatnya dimensi tangki polietilen.


Bagian lainnya dari tangki misalnya penambahan tangga ke desain tangki karena ukuran tangki stainless semakin meningkat. Selain itu, semua desain tangki stainless memiliki kaki yang meningkatkan sterilisasi. Anda dapat menghubungi Flootank untuk menemukan tangki penyimpanan air yang cocok untuk Anda dan untuk menjawab pertanyaan Anda di awal.


Baca Juga: Desain Tangki Penyimpanan


Dari uraian di atas, kira-kira tangki manakah yang lebih menarik perhatian Anda dan paling sesuai dengan kebutuhan? Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE) Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.

2 views0 comments
bottom of page