Fabrikasi Tangki Kimia Custom Sesuai Keinginan? Flootank Siap Mewujudkannya!



Dalam pembuatan tangki kimia berbahan plastik, bisa dibilang ini sebagai investasi jangka panjang. Karena begitu pentingnya, maka dibutuhkan bahan dengan kualitas yang tinggi dan memiliki material yang cocok untuk melindungi barang-barang dan lingkungan sekitar Anda.


Tangki yang berbahan dasar LLDPE (Linear Low Density Polyethylene) memiliki biaya yang lebih hemat. Namun, Anda perlu memperhatikan penggunaannya. Sedangkan, ada lagi tangki yang berbahan HDPE (High Density Polyethylene) memiliki keuntungan tersendiri. Nah, mari kita lihat perbedaan dari LLDPE dan HDPE berikut ini!


Baca Juga: Fabrikasi Thermoplastic vs Stainless Steel


LLDPE dan HDPE

Produksi tangki kimia dibuat menggunakan suatu metode bernama rotational moulding atau biasa dikenal juga dengan roto-moulding. Proses pembuatan dilakukan menggunakan cetakan berongga yang dipanaskan dan diputar secara terus menerus. Hal itu menyebabkan plastik melunak di dalam rongga dan akan menempel di dinding. Dari situ terciptalah produk akhir.


Proses tersebut menggunakan plastik jenis LLDPE, di mana jenis plastik tersebut merupakan polyethylene pertama yang diproduksi. Molekul dari LLDPE terdiri dari percabangan rantai panjang dan pendek yang tidak teratur. Hal ini menyebabkan struktur tersebut tidak bisa begitu rapat. Ketika dipanaskan, LLDPE akan dengan mudah dibentuk, karena meleleh. Hal ini memungkinkan untuk adanya produksi massal yang tahan lama dan hemat biaya.


Hubungi kami untuk mendapatkan informasi dan detail jenis plastik HDPE untuk keperluan tangkin industri Anda.


Selain melaui proses cetakan, Tangki kimia juga bisa dibuat dengan cara fabrikasi pengelasan menggunakan material HDPE. HDPE memiliki struktur molekul yang percabangannya lebih sedikit. Hal ini membuat struktur HDPE menyatu dan bisa merapat selama proses kristalisasi. Tangki yang dibuat dengan cara fabrikasi pengelasan plastic ini menggunakan material lembaran dengan beragam ukuran ketebalan.


Sebagai informasi, proses kristalisasi dari material HDPE menghasilkan produk yang lebih padat. Hal ini membuat HDPE lebih kaku dan kuat. Sehingga, HDPE cocok untuk diaplikasikan pada produk tangki Industri yang dapat difabrikasi secara custom.


Tangki Proses Rotomoulding

Tangki standar yang diproduksi dalam ukuran dan bentuk yang telah ditentukan akan lebih mudah untuk diproduksi secara massal. Tangki-tangki tersebut akan dengan mudah memiliki berbagai opsi las yang dipasang ke tangki standar agar sesuai dengan banyak aplikasi. Jadi, akan lebih mudah mau dibentuk apa saja.


Baca Juga: Tangki Penyimpanan Kimia – Perbandingan Tangki dengan sistem Fabrikasi vs Tangki dengan sistem cetak


Penyesuaian bisa mencakup inlet dan outlet yang dilas, pipa internal dan eksternal, cleat dan gusset untuk tangga dan pegangan tangan, ketentuan untuk signage dan port akses tambahan.


Waktu pembuatan tangki proses rotomoulded relatif lebih cepat, tahan benturan, dan konstruksi satu bagian untuk memastikan bahwa tangki LLDPE rotomoulded adalah solusi yang paling hemat biaya untuk berbagai situasi pertambangan dan industri, seperti:

  1. Pabrik pencampuran.

  2. Pencucian buah dan sayuran.

  3. Pengolahan produk pangan.

Kemudian, ada juga tangki industri proses berbentuk kerucut, yang digunakan untuk:

  1. Tangki clarifier untuk menghilangkan padatan melalui sedimentasi.

  2. Pencampuran dan agitasi kimia.

  3. Pengolahan biodiesel.

  4. Trace element mixing.

Tangki proses industri dengan spesifik gravitasi yang tinggi memungkinkan pemompaan volume tinggi untuk kebutuhan:

  1. Pengolahan air limbah

  2. Pengolahan limbah

  3. Pasokan air cadangan untuk proteksi kebakaran

  4. Storm water processing.

Solusi Fabrikasi Plastik Custom

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tangki cetak diproduksi dari LLDPE yang memberikan solusi ekonomis untuk berbagai macam aplikasi. Namun, untuk memenuhi permintaan beberapa aplikasi tersebut dengan persyaratan ukuran dan bentuk yang unik (custom), pembuatan plastik custom menggunakan HDPE adalah solusi yang tepat.

HDPE adalah kerabat dekat LLDPE yang digunakan dalam rotomoulding, namun memiliki tingkat kepadatan yang lebih tinggi. Sehingga, akan memberikan kekuatan dan kekakuan, serta tingkat ketahanan yang lebih besar.


Tangki HDPE dengan metode fabrikasi pengelasan Plastik akan jauh lebih kuat dan tahan lama serta cocok untuk menyimpan bahan kimia berbahaya dan menjadi alternatif pilihan tangki kimia selain berbahan stainless steel dan fiberglass.


Saat menentukan tangki untuk pertambangan dan industri, sangat penting untuk mengetahui dengan tepat apa sifat cairan yang akan dimasukkan dalam tangki. Perhatikan juga lingkungan di mana ia akan diletakkan. Jadi, tangki tersebut bisa mengefektifkan fungsinya.


Baca Juga: Penggunaan HDPE dan PP Dalam Kehidupan Sehari-hari


Tangki plastik seperti PP dan HDPE bisa dengan cepat menggantikan tangki logam dan aluminium sebagai bahan pilihan untuk tangki kimia. Ketika digunakan dengan benar, maka tangki berbahan plastik akan mengungguli tangki berbahan lainnya.

Plastik ini menawarkan tingkat ketahanan kimia yang tinggi, teguh atau tidak mudah pecah, retak, atau melengkung.


Manfaat Tangki Plastik

Berikut ini manfaat yang bisa Anda peroleh jika menggunakan tangki kimia berbahan plastik.

  • Tidak berbau atau berasa

  • Tidak ada efek kepada makanan maupun minuman

  • Tahan korosi, tidak seperti aluminium dan stainless steel.

  • Mudah dibersihkan

  • Dibuat sesuai dengan pesanan

Nah, Flootank terkenal karena menyediakan pekerjaan profesional pada fabrikasi tangki custom. Kami bisa membuat tangki kimia berbahan plastik secara custom. Tingkatkan kualitas produk Anda dengan menggunakan fabrikasi thermoplastic yang mendukung kegiatan pengolahan kimia Anda.


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE) dan Polypropylene (PP), Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami. Engineer kami mampu menghitung dan mendesain berbagai aplikasi plastik industrial termasuk diantaranya model tangki (custom) untuk dioptimalkan sesuai dengan kebutuhan customer berdasarkan DVS Guideline 2205, DIN EN 1778, dan ISO 8584 yang diakui secara internasional.

10 views0 comments