Penggunaan HDPE dan PP Dalam Kehidupan Sehari-hari

Updated: Oct 23

HDPE Plastic (High Density Polyethylene)


Salah satu plastik yang paling banyak digunakan adalah plastik High-Density Polyethylene atau HDPE. Dari hingga mainan anak-anak, casing komputer dan dashboard mobil, tangki air hingga kapal produk HDPE ada di mana-mana.


Baca Juga: Manfaat Tangki HDPE untuk Berbagai Kebutuhan


Apa itu HDPE?


HDPE adalah thermoplastic jenis polymer yang menjadi plastis/fleksibel saat dipanaskan, dan tentu saja mengeras saat didinginkan. Polyethylene berdensitas tinggi terdiri banyak digunakan karena kuat, ringan dan mudah dibentuk. Oleh karena itu, penggunaan HDPE akan terus meningkat seiring berjalannya waktu, sekali lagi karena manfaat dan efisiensi yang dapat dibawanya ke hampir semua produk.



Manfaat paling penting dari HDPE meliputi:

  1. Ketahanan: Plastik HDPE memiliki ketahanan terhadap bahan kimia dan ketahanan terhadap benturan yang tinggi. HDPE juga bebas dari karat, pembusukan, serangga, jamur, dan jamur.

  2. Masa Pakai: HDPE memiliki ketahanan terhadap banyak bahan kimia, memiliki ketahanan UV yang baik dan ketahanan benturan HDPE yang tinggi; sehingga benda ini punya umur yang Panjang

  3. Ringan: Seperti disebutkan di atas, HDPE terkenal sebagai kombinasi yang sangat baik antara beratnya yang ringan dan tahan lama. Inilah sebabnya mengapa Anda melihatnya dalam segala hal mulai dari mainan anak-anak hingga tangki kimia.

  4. Kelenturan: Plastik HDPE dengan cepat dan mudah dibentuk menjadi hampir semua bentuk. Akibatnya, pencetakan/pengubahan dapat dilakukan di pabrik atau di tempat (sering dilakukan dalam pekerjaan perbaikan).

  5. Ketahanan Cuaca: Plastik HDPE digunakan dalam berbagai aplikasi luar ruangan dan dapat menahan beberapa cuaca paling ekstrem.

  6. Keberlanjutan: Selain semua manfaat di atas, HDPE mudah didaur ulang.


Aplikasi Plastik HDPE :


Di seluruh dunia, lembaran plastik HDPE digunakan untuk berbagai aplikasi dan industri. Hampir semua orang pernah menggunakan atau mendapatkan manfaat dari sesuatu yang terbuat dari HDPE sebelumnya. Beberapa aplikasi umum adalah:


• Sistem perpipaan

• Tangki bahan bakar

• Tangki Kimia

• Pipa telekomunikasi

• Botol packaging

• Wadah makanan dan minuman

• Insulasi


Untuk mengetahui jenis plastik apa yang digunakan pada benda yang anda gunakan, periksa bagian bawah — jika nomor daur ulangnya adalah 2, berarti itu mengandung HDPE



PP (Polypropylene)


Polypropylene, kadang disingkat PP, adalah polymer thermoplastic yang digunakan untuk berbagai macam aplikasi diantaranya di industri pengolahan makanan, wadah yang dapat didaur ulang, suku cadang otomotif, suku cadang elektronik, tangki kimia dan lain sebagai nya.


Polypropylene (PP) adalah poliolefin dengan sifat yang mirip dengan HDPE tetapi sedikit lebih keras dan lebih tahan panas. Bahannya biasanya putih atau abu-abu dan secara mekanis lebih kuat dan memiliki tingkat ketahanan kimia yang tinggi. Flootank juga membuat jenis tangki dan liner untuk pelanggan di beragam industri menggunakan Polypropylene plastic (PP). Berikut adalah beberapa contoh dari banyak kegunaan bahan yang kuat ini.


Dosing Tank Polypropylene


Manfaat paling penting dari PP meliputi:

  1. Ketahanan bahan kimia

  2. Kuat secara mekanis

  3. Tahan lama

  4. Fleksibel dan ringan

  5. Ramah Lingkungan


Tangki Kimia Polypropylene


Untuk mengetahui jenis plastik apa yang digunakan pada benda yang anda gunakan, periksa bagian bawah — jika nomor daur ulangnya adalah 5, berarti itu mengandung Polypropylene


Baca Juga: Mengenal Perbedaan Tangki Rotomould (LLDPE) dan Tangki Custom (HDPE)



Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE) Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.






165 views0 comments