FABRIKASI


Proses pembuatan tangki kimia pada dasarnya bisa dilakukan melalui dua metode yaitu fabrikasi atau cetakan (roto-moulding).


Terkait fabrikasi, banyak yang belum mengetahuin bahwa plastic dapat difabrikasi layaknya memfabrikasi bahan baja. Sebelum kita masuk lebih jauh mari kita bahas dulu definisi Fabrikasi, karena pertanyaan ini sangat banyak dilayangkan oleh beberapa orang. Fabrikasi sangat erat kaitannya dengan manufaktur. Fabrikasi merupakan suatu istilah perindustrian yang mengacu pada manipulasi bahan mentah untuk pembuatan mesin dan struktur melalui beberapa metode yang berbeda.


Baca Juga: Tangki Plastik Fabrikasi vs Tangki Roto: Aset atau Liabilitas?


Sebagai contoh bahan seperti Plat Baja atau Plat plastic dipotong dan dibentuk selama fabrikasi – proses fabrikasi ini merupakan bagian yang sangat praktis dari seluruh proses pembuatan . Adapun komponen material yang digunakan bisa berupa plat, pipa, kuningan, ataupun baja profil yang diproses menjadi serangkaian bentuk tertentu dan bisa dipasang menjadi produk akhir.


Dengan kata lain fabrikasi adalah membangun sesuatu dengan berbagai cara baik dengan manual atau automatisasi bertempat di rumahan atau pabrik manufaktur.


Proses fabrikasi thermoplastic melibatkan sistem alat dan mesin yang kompleks. Tangki fabrikasi thermoplastic terbuat dari lembaran bahan yang biasanya berukuran panjang 3,0m x lebar 1,5m. Bahan yang paling umum digunakan adalah HDPE hitam, atau PE100 dan Polypropylene. Pilihan bahan tergantung pada kebutuhan pengguna. Lembaran ini tentunya adalah produk industrial sehingga ketebalan lembaran nya sangat konsisten dimana ini menghilangkan kemungkinan kelemahan yang terjadi karena variasi bagian dinding yang biasanya ditemukan dengan tangki cetakan.


Baca Juga: Menentukan Geometry yang tepat untuk Tangki Mixing Kimia Anda

Lembaran atau plat plastik ini kemudian dilas bersama menggunakan peralatan khusus untuk membentuk laras tangki, alas dan atap sesuai dimensi yang diinginkan. Bagian-bagian potongan kemudian dilas bersama untuk membentuk tangki lengkap. Metodologi konstruksi yang dilakukan sejatinya sangat mirip dengan konstruksi tangki stainless steel yang juga terbuat dari lembaran material. Metode pembuatan dengan cara fabrikasi ini memungkinkan penggunan untuk mendapat fleksibilitas desain tangki. Berbagai macam diameter dan ketinggian dapat dicapai untuk memenuhi kebutuhan spesifik pengguna.


Tangki fabrikasi secara umum menawarkan kinerja yang unggul dan fleksibilitas dalam desain, belum lagi masa pakai yang lebih lama dari tangki roto cetakan. Selain itu tangki fabrikasi juga unggul dalam hal fleksibilitas dan beberapa kelengkapan tangki dan aksesori yang dapat dipasang ke tangki sehingga memungkinkan pengguna untuk mendapatkan tangki sesuai dengan kebutuhan.


Baca Juga: Mengenal Perbedaan Tangki Rotomould (LLDPE) dan Tangki Custom (HDPE)


Tingkatkan kualitas produk Anda dengan menggunakan fabrikasi thermoplastic yang mendukung kegiatan pengolahan Anda. Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE) dan Polypropylene (PP), Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.

9 views0 comments