Search

Mengenal Perbedaan Tangki Rotomould (LLDPE) dan Tangki Custom (HDPE)



Ada dua proses utama yang biasa digunakan dalam pembuatan tangki, yaitu rotomould dan Cutting Welding (Custom). Kedua proses tersebut cocok digunakan untuk kebutuhan tangki industrial.


Tangki yang terbuat dari plastik merupakan investasi jangka panjang bagi suatu industri. Oleh karena itu, penting untuk memastikan, bahwa tangki yang digunakan memiliki kualitas terbaik. Misalnya, bahan kompatibel untuk melindungi cairan ataupun tahan terhadap bahan kimia agresif yang ada di dalamnya dan disaat yang bersamaan Tangki tersebut juga aman digunakan (Food Grade).


Tangki LLDPE (Low Linear Density Polyethylene) memiliki beberapa keunggulan seperti hemat biaya pada beberapa industri. Namun, ada juga industri lainnya yang lebih membutuhkan tangki HDPE (High-Density Polyethylene).


Apa perbedaannya? Apa saja kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis tersebut? Simak perbedaannya di bawah ini !


LLDPE vs. HDPE

Chemical process tanks atau tangki proses kimia dapat diproduksi menggunakan proses yang disebut dengan Rotational Moulding.


Proses pembuatan tangki melibatkan penggunaan cetakan berongga, yang dipanaskan dan diputar secara terus-menerus. Proses tersebut menyebabkan plastik menjadi lunak di dalam rongga dan menempel ke dindingnya. Dari proses itulah kemudian dihasilkan suatu produk berupa tangka hasil dari cetakan.


Proses tersebut menggunakan LLDPE atau Low Linear Density Polyethylene. Apa itu LLDPE? LLDPE merupakan polyethylene paling lentur dibandingkan dengan turunan polyethylene lainnya. Struktur molekul dari LLDPE terdiri dari percabangan rantai panjang dan pendek yang jarak antar molekulnya tidak teratur.


Ketidakteraturan jarak antar molekulnya membuatnya tidak mudah larut dalam pelarut apapun. polyethylene juga bersifat termoplastik, sehingga lebih fleksibel dan mudah dibentuk saat dipanaskan, memiliki titik leleh tinggi, dan tensile strength yang masih tergolong cukup walau tidak tergolong terbaik dikelasnya.


Dengan kelebihan yang dimiliki tersebut, LLDPE memiliki potensi untuk diproduksi secara massal, hemat biaya. Sayangnya, plastik jenis LLDPE tidak bisa menampung bahan yang berjenis gas.


Selanjutnya, kita bahas mengenai fabrikasi tangki plastik custom yang diproduksi menggunakan HDPE atau High-Density Polyethylene. Berbeda dengan LLDPE, HDPE memiliki struktur molekul dengan lebih sedikit percabangan.


Selain memiliki sedikit percabangan, HDPE juga memiliki struktur kimia yang rapat. Hal ini membuatnya menjadi pilihan material paling kuat dibandingkan dengan turunan polyethylene lainnya. HDPE diproduksi dengan proses kristalisasi, sehingga bahannya lebih kaku dibandingkan dengan LLDPE.


HDPE tidak diproduksi dalam cetakan, seperti LLDPE. HDPE umumnya diproduksi dalam bentuk lembaran atau pipa HDPE yang kemudian dapat difabrikasi untuk menghasilkan tangka industrial untuk kebutuhan yang lebih spesifik (custom).


Roto-Moulded Tanks



Tangki Rotomould selalu diproduksi dalam ukuran dan bentuk yang telah ditentukan membuatnya mudah untuk diproduksi secara massal.


Penyesuaian dapat mencakup inlet dan outlet yang, pipa internal dan eksternal, cleat dan gusset untuk tangga dan pegangan tangan, ketentuan untuk signage dan port akses tambahan.


Waktu pembuatannya juga relatif cepat namun Jika terdapat bahan kimia tertentu ataupun deterjen, alkohol, dan minyak tertentu ini dapat menyebabkan keretakan pada LLDPE, terutama ketika bagian tersebut berada di bawah tekanan. Kalau Anda ingin menyimpan bahan kimia LLDPE belum tentu menjadi pilihan yang tepat, lebih baik Anda mempertimbangkan untuk menggunakan Tangki fabrikasi custom HDPE.


Solusi Fabrikasi Tangki Plastik Custom




Seperti yang sudah disebutkan, tangki cetakan rotamould yang dibuat dari LLDPE memberikan solusi ekonomi untuk berbagai kebutuhan. Namun, untuk memenuhi permintaan beberapa industri dengan kebutuhan khusus yang mempersyaratkan ukuran atau bentuk yang khusus serta diperuntukan untuk menyimpan cairan kimia agresif, fabrikasi tangki plastik custom yang terbuat dari HDPE bisa menjadi solusi yang tepat.


HDPE memiliki kepadatan lebih tinggi yang membuatnya lebih kuat dan kaku. Tentu saja, HDPE lebih tahan terhadap bahan kimia yang LLDPE tidak tahan.


Tangki HDPE custom lebih cocok untuk penyimpanan bahan kimia berbahaya dan menjadi alternatif pilihan selain baja tahan karat dan fiberglass. Setiap perbaikan tangki fiberglass membahayakan penghalang korosi di bagian dalam tangki fiberglass.


Saat menentukan tangki poli untuk kebutuhan industri, sangat penting untuk Anda mengetahui dengan tepat apa sifat cairan yang akan ditampung di tangki, lingkungan di mana ia akan disimpan, dan tujuan penggunaan tangki.


Untuk informasi yang lebih detail, Anda bisa menghubungi enquiry@flootank.com dimana kami dapat membantu Anda memastikan tangki yang sesuai dengan kebutuhan Anda

0 views0 comments