Tangki Plastik Fabrikasi vs Tangki Roto: Aset atau Liabilitas?

Updated: Jun 10



Aset adalah barang yang Anda miliki yang dapat memberi Anda manfaat ekonomi di masa depan.


Liabilitas atau kewajiban adalah item yang seiring waktu pada akhirnya akan mulai membebani uang Anda .


Singkatnya, aset menambah uang ke saku Anda, sedangkan kewajiban mengeluarkan uang dari saku Anda


Berikut adalah pemikiran kami tentang tangki plastik fabrikasi vs tangki cetakan roto dan apa yang menjadikan tangki plastik fabrikasi masuk dalam kategori aset strategis untuk bisnis Anda;


Jangka Waktu Pemakaian


Semua material baik itu plastic ataupun lainnya jika mengalami stress secara konstan pasti akan mengalami penurunan performa seiring waktu, sama seperti kita manusia, situasi stres berdampak pada tubuh dan Kesehatan kita. Tangki penyimpanan bahan kimia dibuat dari bahan yang usia teknisnya telah dihitung secara akurat oleh pengujian laboratorium industri. Thermoplastic seperti polyethylene yang berdensitas tinggi (HDPE) dan Polypropylene adalah material plastik yang telah dilakukan uji tekanan dimana usia teknisnya dapat mencapai jangka waktu +30 tahun. Perhitungan ini merujuk pada standard international seperti DVS 2205 dan BSEN 12573.


Hal ini disebabkan oleh Panjang molekul etilen pada High Density Polyethylene yang digunakan untuk tangki plastik fabrikasi memiliki berat molekul berkisar lebih dari 300.000 sementara Polyethylene yang digunakan dalam proses rotomoulding, biasanya MWPE atau LLDPE, memiliki berat molekul perkiraan antara 50.000 – 100.000. Dengan jumlah molekul HDPE yang lebih besar memungkinkan untuk tiga kali lebih lama dari MWPE atau LLDPE. Sehingga memungkinkan kami untuk merancang tangki plastik berkualitas dengan jangka waktu yang lama.






Perlengkapan aksesoris tangki serta keamanannya


Mayoritas jenis pipa Polyethylene dan alat kelengkapan pipa di Indonesia dibuat dari High-Density Polyethylene. Ini tentu bisa menjadi kendala saat mencoba menyambungkan alat kelengkapan HDPE ke tangki PE cetakan roto yang dibuat dari resin roto.


Khusus untuk tangki fabrikasi penyambungan fitting dicapai dengan mengelas fitting HDPE ke dinding tangki. Namun, dalam tangki cetakan roto, kedua bahan tersebut merupakan molekul yang berbeda yang mana berarti lasan akan sangat rentan terhadap retak, terutama bila terkena bahan kimia tertentu.


Sedangkan tangki plastik fabrikasi tidak memiliki masalah saat pengelasan akibat perbedaan seperti yang dijelaskan tadi. Menggunakan fitting HDPE dan HDPE yang diekstrusi tentu dapat memastikan kekuatan las yang optimal dan ujungnya tentu biaya perawatan yang lebih murah serta umur pakai yang panjang.




Standard Desain


Desain untuk tangki plastik fabrikasi harus mengikuti standard. Standard yang diakui internasional contohnya seperti DVS2205 dan BS EN12573. Kedua standard tersebut diterima sebagai acuan dalam mendesain tangki penyimpanan berbahan thermoplastic. Standard ini tentu memiliki prosedur desain terperinci dengan mempertimbangkan tegangan lingkaran jangka panjang, pemuatan angin, nozel, lubang, efek suhu hingga 60 derajat, dan faktor konsentrasi tekanan. Sebagai perbandingan, standar desain roto-moulding umumnya hanya menyediakan satu perhitungan untuk menghitung tekanan pada area lingkar.


Selain itu juga tidak ada data uji jangka panjang yang tersedia untuk resin roto yang digunakan dalam pembuatan tangki cetakan roto. Informasi penting seperti kekuatan ulur, modulus elastisitas jangka panjang, dan tegangan yang diijinkan tidak sepenuhnya tersedia. Oleh karena nya hal ini akan menyulitkan validasi usia teknis tangki cetakan roto untuk kebutuhan industrial Anda.





Biaya


Salah satu faktor lain bagi pelanggan adalah biaya fabrikasi tangki plastik khusus vs tangki cetakan roto. Tentunya tangki cetakan roto akan selalu lebih murah dibandingkan dengan yang dibuat dengan sistem fabrikasi. Namun, di Flootank kami terus melakukan riset dan teknologi inovatif untuk mengoptimalkan biaya tangki plastic fabrikasi –bukan untuk bersaing secara langsung dengan cetakan roto, tetapi untuk menawarkan “value for money” untuk Anda, tangki plastik fabrikasi akan menjadi aset yang unggul untuk penyimpanan cairan kimia Anda untuk jangka waktu yang Panjang. Sehingga dengan usia teknis yang lama dan biaya perawatan yang jauh lebih rendah inilah yang membuat tercapainya optimalisasi CAPEX v OPEX.




Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan Anda. Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom dari material High Density Polyethylene (HDPE) dan Polypropylene (PP) jangan ragu untuk hubungi kami di enquiry@flootank.com

35 views0 comments