Cara Membuat Tangki Plastik dan Jenis-Jenisnya




Tangki plastik merupakan penyimpanan cairan dengan kapasitas besar yang bisa berbentuk vertikal atau horizontal, terletak di bawah atau di atas tanah, dan bersifat tetap (tidak dapat dipindahkan) atau bisa dipindahkan. Tangki didesain untuk bisa menampung dan melindungi berbagai zat untuk waktu yang lama tanpa mengalami kerusakan, keausan, dan kerusakan.


Lantas, siapa yang sering menggunakan tangki? Mereka adalah produsen, petani, dan perusahaan bahan bakar. Mereka menggunakan tangki sebagai sarana untuk mentransfer dan menyimpan bahan supaya dapat digunakan nanti.


Baca Juga: Termoset dan Termoplastik, Kenali Kedua Jenis Plastik Ini!


Apakah harus tangki plastik? Mengapa tidak menggunakan jenis tangki lainnya, seperti tangki stainless steel? Alasannya simpel, karena tangki plastik dipercaya lebih tahan lama dan tentunya dari segi harga jauh lebih murah dibandingkan dengan stainless steel. Daya tahan tangki tersebut mungkin bisa bertahan 20 hingga 30 tahun.


Bagaimana Cara Membuat Tangki Plastik?

Ada berbagai jenis metode yang digunakan untuk membuat tangki plastik. Ada yang menggunakan polyethylene, ada juga yang menggunakan polypropylene. Kedua bahan tersebut merupakan bahan baku yang paling umum.


Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.


Pembuatannya juga tidak jauh beda dengan pembuatan komponen dan suku cadang plastik lainnya. Tangki plastik dibuat dengan menggunakan injeksi, pukulan, atau cetakan rotasi dengan metode lain sebagai variasinya. Di artikel ini, kita akan fokus membahas metode pengelasan plastik. Penasaran? Simak selengkapnya, ya!


Pengelasan Plastik

Ada tiga langkah yang perlu dilalui untuk melakukan pengelasan plastik. Langkah-langkah tersebut agak mirip dengan metode pengelasan logam. Namun, pengelasan plastik jauh lebih mudah dilakukan, karena karakteristik bahannya. Bahan plastik cenderung lebih lentur, mudah lunak, dan bisa membentuk ikatan kedap udara.


Langkah-langkah proses pengelasan plastik meliputi persiapan permukaan, penerapan panas dengan tekanan, dan periode pendinginan. Ada beberapa bentuk pengelasan plastik yang menggunakan berbagai jenis panas. Salah satu aturan yang digunakan untuk mengelas plastik plastik adalah mengelasnya dengan bahan yang sama. Jadi, ketika Anda memutuskan untuk melakukan pengelasan, maka penting untuk Anda mengidentifikasi terlebih dahulu jenis plastik dari bahan tersebut.


Kemudian, kita perhatikan langkah selanjutnya. Setelah menyiapkan permukaannya, maka buat alur di sepanjang garis las. Setelah alur dipotong, sambungkan batang las dengan permukaan plastik yang akan disambungkanmya. Ketika proses tersebut telah selesai, maka bisa dianjutkan ke tahap berikutnya, yaitu pengelasan.


Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.


Bagi Anda yang bertanya-tanya, mengapa perlu dilakukan pengelasan? Mengapa tidak menyambungkannya dengan perekat lain? Yap, memang ada metode lain untuk menyambungkan plastik, yaitu menggunakan perekat dan pengencang. Namun, metode tersebut tidak membentuk ikatan yang sama. Di mana, untuk membentuk ikatan yang sama, maka perlu dilakukan pengelasan plastik.


Baca Juga: Plastik HDPE dan PP: Manakah yang Lebih Cocok untuk Bisnis Anda?


Selain itu, kalau kita analisis kembali, manfaat utama dari dilakukannya pengelasan plastik adalah sebagai segel yang lebih rapat dan aman. Hal itu tentu akan membuat produknya bertahan lama. Nah, setelah proses pengelasan selesai, segel yang sudah jadi tidak akan terlihat mencolok. Bahkan, terlihat menyatu.


Jenis Plastik yang Digunakan Untuk Produk Tangki Plastik


Tangki Plastik Polyethylene

Polyethylene merupakan Thermoplastic berkualitas tinggi yang memiliki karakteristik tahan terhadap pelapukan, abrasi, dan bahan kimia. Daya tahan polyethylene yang sangat baik menjadikannya solusi yang tepat untuk diproduksi sebagai tangki plastik.

Warna alami polyethylene bervariasi antara putih hingga kuning tergantung pada ketebalan dinding tangki. Nah, untuk penggunaan di luar ruangan, tangki polyethylene memiliki penstabil sinar ultraviolet yang ditambahkan sebagai lapisan perlindungan ekstra.


Tangki Plastik Polypropylene

Polypropylene merupakan bentuk lain dari Thermoplastic yang terbuat dari kombinasi monomer propilena. Karakteristik dari polypropylene antara lain kepadatan yang rendah, tahan terhadap bahan kimia, elastis, tangguh, dan memiliki ketahanan lelah.


Karakternya yang memiliki kepadatan rendah dapat membuatnya lebih ringan dibandingkan dengan bahan lainnya. Selain itu, untuk meningkatkan kekuatan polypropylene, perlu dilakukan kopolimerisasi dengan polimer lain seperti polyethylene.


Penggunaan polypropylene secara luas dikaitkan dengan kemampuannya untuk beradaptasi dengan proses fabrikasi yang berbeda, yaitu homopolimer dan kopolimer. Polypropylene digunakan untuk menyimpan elemen reaktif, karena bahan ini memiliki tingkat ketahanan yang tinggi terhadap bahan kimia. Tidak hanya itu, bahan plastik ini juga tahan terhadap korosi.


Buat Anda yang penasaran bagaimana karakteristik umum dari polypropylene, ternyata mengetahuinya tidak begitu sulit. Plastik jenis ini memiliki permukaan yang kasar dan tidak beraturan.


Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.


Bagaimana Tangki Penyimpanan Plastik Digunakan?


Tangki Plastik Penyimpanan Air

Bisa dibilang, tangki plastik sudah cukup popular digunakan untuk menyimpan air. Hal itu karena tangki plastik bisa dengan mudah dihubungkan kepada downspouts sebagai pemanen air hujan atau sarana pengumpulan air untuk penggunaan komersial dan industri.

Tangki plastik sangat penting bagi mereka yang berada di daerah pedesaan. Fungsinya untuk membantu melengkapi pasokan air yang terbatas.


Baca Juga: PENGERTIAN, Manfaat, dan Keunggulan plastik HDPE


Fleksibilitas tangki plastik juga memungkinkan untuk menyimpan semua bentuk air, seperti air asin, sulingan, limbah, tanah, hujan, dan air salju yang meleleh.


Tangki Plastik Penyimpanan Kimia

Tangki plastik yang satu ini tersedia dalam berbagai ukuran, pengukur, kekuatan, dan spesifikasi yang diperlukan untuk menyimpan bahan kimia secara aman. Hal itu karena mereka bisa ditempatkan di berbagai lokasi dan bisa bertahan dalam berbagai kondisi cuaca, termasuk cuaca ekstrem.


Itulah mengapa tangki plastik menjadi pilihan popular bagi industri dan manufaktur. Tangki plastik polyethylene secara bertahap telah menggeser popularitas tangki logam. Mengapa hal itu bisa terjadi? Karena, tangki logam lebih mudah berkarat, menimbulkan korosi, atau rusak karena aus.


Tangki plastik juga bisa digunakan untuk menyimpan pupuk, pestisida, produk berbahaya, dan berbagai bentuk asam seperti klorida, sulfat, natrium hipoklorit, dan asam nitrat.

Satu-satunya tindakan yang bisa digunakan untuk mengatasi bahan kimia berupa asam adalah tangki plastik. Nah, untuk menentukan tangki jenis apa yang sesuai untuk Anda gunakan, maka perlu dilakukan pemeriksaan kekuatan dan sifat resistif dari plastik itu sendiri.


Tangki Septik Plastik

Tangki septik atau septic tank plastik bisa digunakan sebagai pilihan pengumpulan sampah, karena lebih tahan lama dibandingkan dengan cara tradisional. Selain itu, karakteristik yang dimiliki oleh tangki plastik adalah mudah dipasang dan lebih ekonomis.


Dalam kebanyakan kasus, tangki septik plastik diproduksi menggunakan cetakan rotasi, sehingga produk akhirnya mulus dalam konstruksi satu bagian. Tidak seperti produk tangki septik lainnya, tangki septik plastik tidak memerlukan pelapis khusus dalam bentuk apa pun karena bahan plastiknya bisa bertahan dalam kondisi apa pun.


Salah satu kekhawatiran untuk tangki septik adalah reaksi mereka terhadap bahan kimia di tanah atau gas dari sistem pembuangan kotoran. Polyethylene yang digunakan untuk memproduksi septic tank plastik akan tahan terhadap bahan kimia tanah dan gas sistem pembuangan.


Baca Juga: Ragam Manfaat HDPE di tiap Industri


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE)Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.

11 views0 comments