top of page

Cara Memasang Tangki Penyimpanan Bahan Kimia Anda dengan Aman


Cara Memasang Tangki Penyimpanan Bahan Kimia Flootank

Jika Anda baru saja membeli atau berencana membeli tangki penyimpanan bahan kimia High Density polyethylene baru, ada beberapa cara untuk melindungi solusi penyimpanan Anda sejak awal.


Untuk memastikan pengoperasian yang aman dan efektif serta masa pakai tangki yang lama, kami telah mengembangkan beberapa panduan sederhana untuk membantu Anda bersiap memasang tangki penyimpanan polyethylene.



Panduan Anda untuk memasang tangki plastik dengan benar


Ketika akan memasang tangki plastik, terdapat panduan yang perlu diikuti agar hasil pemasangan tepat dan tidak bermasalah di kemudian hari. Jika Anda mengabaikan panduan pemasangan tangki bahan kimia plastik, maka tidak heran apabila timbul satu atau dua masalah pada tangki Anda.


Tentu saja terdapat cara yang lebih mudah untuk memastikan tangki plastik penyimpanan kimia Anda aman, yaitu dengan menggunakan jasa yang ahli di bidang ini, yaitu Flootank. Anda bisa menghubungi Flootank melalui Email. Lalu, bagaimana panduan pemasangannya? Berikut ini adalah cara memasang tangki plastik dengan benar.


1. Memiliki peralatan yang tepat

Siapkan derek, derek truk, atau forklift yang siap memindahkan tangki dari truk pengantar ke lokasinya. Peralatan yang tidak dirancang untuk mengangkat atau memindahkan tangki yang cukup besar dapat merusak peralatan atau tangki itu sendiri. Ini bisa menjadi kesalahan fatal yang dapat mengeluarkan biaya mahal maka penting untuk dihindari.


2. Pilih tempat yang aman

Idealnya, tangki penyimpanan bahan kimia harus ditempatkan di lokasi akhir dengan penyimpanan bahan kimia yang tersedia untuk aplikasi. Namun, jika Anda tidak memiliki lokasi tangki permanen yang siap dipasang, carilah lokasi sementara yang aman untuk menempatkan tangki hingga Anda siap menggunakannya. Sebelum memasang, pastikan Anda jauh dari pengoperasian peralatan dan lalu lintas dari peralatan karena dapat merusak tangka sebelum pemasangan.


3. Siapkan fondasi yang halus dan rata

Tangki bahan kimia harus dipasang pada permukaan yang halus dan rata. Permukaan tangki yang tidak rata dapat menyebabkan tekanan yang tidak merata di dalam tangki, yang dapat menimbulkan masalah di kemudian hari.


4. Gunakan pipa yang fleksibel

Material polyethylene memiliki sifat kelenturan. Fenomena alam seperti gempa bumi tentu dapat menyebabkan tangki berguncang atau bergerak, memberikan tekanan pada titik sambungan. Untuk itu, rancang perlengkapan tangki Anda untuk mengakomodasi kemungkinan ini untuk menghindari tekanan yang tidak perlu pada perlengkapan Anda.


Panduan instalasi Flootank berisi informasi procedural yang dapat memitigasi risiko kebocoran, kerusakan pada peralatan lain, atau bahaya bagi karyawan. Hubungi kami melalui Email untuk memastikan peralatan Anda kompatibel dengan fasilitas penyimpanan bahan kimia Anda.


5. Penopang pipa tangki dan ventilasi

Saat merencanakan sistem penyimpanan bahan kimia Anda, ahli tangki Pemrosesan HDPE dan PP seperti Flootank dapat membantu memastikan pipa tangki dan sistem ventilasi tangki yang benar.


Jika Anda tidak yakin apakah pipa Anda memerlukan penopang atau apakah pipa tangki Anda cukup kuat, kami dapat membantu Anda. Dukungan struktural yang tepat untuk perlengkapan tangki dan pemipaan tangki sejak awal sangat penting untuk mengurangi risiko kegagalan pemipaan.


6.Kompatibilitas aksesoris

Pastikan semua perlengkapan tangki sudah benar dan cocok untuk jenis tangki dan bahan kimia yang Anda simpan. Bahan kimia bereaksi terhadap zat yang berbeda dengan cara yang berbeda.


Misalnya, bahan kimia yang Anda simpan kompatibel dengan polyethylene di tangki Anda, tetapi bahan kimia tersebut menyerang steel yang digunakan pada baut pemasangan yang belum teruji dan dapat menyebabkan kebocoran.


7. Pelatihan pada para pekerja

Pasang tanda peringatan yang tepat dan dipasang di dalam dan di sekitar tangki penyimpanan bahan kimia. Pastikan semua karyawan terlatih dalam pengoperasian yang aman dari tangki penyimpanan bahan kimia dan penanganan bahan kimia.


Pastikan prosedur keselamatan telah diinformasikan dan terus dipatuhi guna menjamin pengoperasian yang lebih aman dan tahan lama.



Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE)Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.

28 views0 comments

Comments


bottom of page