Apa itu TKDN dan Mengapa Penting bagi Industri?

Updated: Nov 10


Apa itu TKDN? Sudahkah Anda mendengar informasi mengenai TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri)? Pada tahun 2022, Kementerian Perindustrian akan memfasilitasi perusahaan industri dalam negeri untuk mendapatkan sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri. Bahkan jumlahnya juga tidak tanggung-tanggung, yaitu sebanyak 1.250 sertifikat produk.

Sebelum lebih jauh membahas mengenai fasilitas tersebut, mari kita bahas terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan TKDN!


Baca Juga: Sertifikat TKDN : Pengertian dan Manfaatnya


Apa itu TKDN?

TKDN atau Tingkat Komponen Dalam Negeri merupakan persentase nilai komponen produksi yang dibuat di Indonesia pada suatu produk barang dan jasa atau gabungan antara barang dan jasa dalam negeri. Persentase nilai tersebut juga mencakup biaya angkutan yang ditawarkan dalam item penawaran harga barang dan jasa.


TKDN menjadi salah satu indikator yang menjadi penentu siapakah pemenang pada proses pengadaan barang dan jasa yang ada di beberapa instansi. Nah, sebagai upaya menggunakan produk dalam negeri, maka ada pembatasan penggunaan komponen impor untuk bahan-bahan produksi dalam persentase tertentu. Hal itu dilakukan untuk menyukseskan ekspor produk dalam negeri.


Oleh karena itu, Kementerian Perindustrian RI (Kemenperin RI) memberikan fasilitas berupa sertifikat TKDN bagi para pelaku industri dalam negeri. Untuk pengadaan barang dan jasa, pengguna produk dalam negeri wajib menggunakan produksi dalam negeri kalau ada produk dalam negeri yang memiliki penjumlahan nilai TKDN dan nilai BMP (Bobot Manfaat Perusahaan) minimal 40%. Batasan produk dalam negeri yang wajib digunakan harus memiliki nilai TKDN minimal 25%.


Lantas, industri apa saja yang diberikan fasilitas tersebut oleh Kementerian Perindustrian RI? Produk tersebut adalah industri alat kesehatan, alat dan mesin pertanian, farmasi, permesinan, elektronika, telematika, industri logam, kelistrikan, kimia, pupuk, otomotif dan komponennya, keramik, semen, tekstil, dan produk industri kecil dan menengah (IKM).


PT Floaton MT HDPE closedcell telah mendapatkan sertifikasi TKDN

Nah, sebagai perusahaan fabrikasi plastik, PT Floaton Bahari Indonesia melalui merek dagangnya Floaton MT HDPE closedcell turut berpartisipasi dalam hilirisasi produk yang bernilai tambah melalui proses produksi yang dikerjakan langsung di dalam negeri.


Baca Juga: Plastik HDPE dan PP: Manakah yang Lebih Cocok untuk Bisnis Anda?


Untuk mendapatkan sertifikat TKDN, PT Floaton Bahari Indonesia mengajukan perhitungan mandiri (self assessment) mengenai nilai TKDN yang ada pada produk Floaton MT HDPE closedcell. Hasil perhitungan mandiri tersebut kemudian diverifikasi oleh Lembaga Verifikasi Independen yang ditunjuk oleh Kemenperin, yaitu PT Sucofindo.


Setelah melalui proses verifikasi tersebut, sertifikat TKDN akan disahkan oleh Kemenperin RI. Dengan menjalani proses verifikasi yang berlapis ini, hasil nilai TKDN ini diharapkan bisa sesuai dengan kemampuan industri di lapangan dan akhirnya pada bulan Juni tahun 2022, Floaton MT HDPE closedcell telah mengantongi sertifikasi TKDN sebesar 45,58% melalui verifikator PT Sucofindo.


Nilai BMP yang diperoleh Floaton MT HDPE tersebut sudah jauh di atas batas minimal yang disyaratkan pemerintah. Floaton MT HDPE telah mengantongi sertifikasi TKDN yang merupakan reservoir dengan bahan dari baja berlapis HDPE, sehingga akan menjadi reservoir yang kuat, tahan lama, ekonomis, dan memenuhi standar.


Modular reservoir tank buatan Indonesia ini cocok untuk memenuhi kebutuhan akan penyimpanan cairan berkapasitas besar di berbagai ranah industri. Dirancang dengan ketebalan tertentu, tangki yang diproduksi perusahaan Floaton MT HDPE ini dalam pemakaiannya tidak hanya digunakan sebagai penampung cairan, namun dapat dimodifikasi menjadi tangki kimia, baik sebagai tangki penyimpanan maupun tangki pemrosesan.


Baca Juga: LDPE dan HDPE, Apa Persamaan dan Perbedaannya?


Setelah Anda mengetahui apa itu TKDN dan bagaimana aturan pemerintah yang terbaru, selanjutnya Anda bisa lebih selektif memilih perusahaan yang tersertifikasi TKDN. Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE)Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.


30 views0 comments