Apa itu Plastik Food Grade?



Pernahkah Anda mendengar istilah plastik food grade? Kalau di bungkus makanan, seringkali ada tulisan yang menyatakan bahwa bungkus tersebut food grade. Betul?

Nah, plastik food grade memang secara khusus diproduksi untuk memenuhi standar kemurnian tertentu. Artinya, plastik tersebut dibuat tanpa menggunakan pewarna atau bahan daur ulang yang dapat menimbulkan risiko kesehatan bagi manusia.


Baca Juga: Cara Membuat Tangki Plastik dan Jenis-Jenisnya


Hal ini dikarenakan makanan yang mengandung asam dengan kadar tinggi dan alkohol dapat melarutkan zat aditif plastik. Kenapa berbahaya? Karena, ketika makanan yang mengandung zat tersebut dibungkus menggunakan kemasan tidak food grade, maka zat aditif kemasan tersebut akan terlarut dan tercampur dengan makanan. Kalau makanan tersebut dimakan oleh manusia, tentu saja hal itu akan membahayakan kesehatannya.


Kemurnian plastik food grade mencegah hal itu terjadi, sehingga produk food grade dapat digunakan dengan aman untuk menyimpan hampir semua makanan atau minuman. Perlu dicatat juga bahwa mungkin beberapa produsen ada yang menggunakan plastik daur ulang. Namun, jika plastik tersebut diproduksi untuk tujuan food grade, maka plastik tersebut akan tetap aman digunakan untuk kemasan makanan dan minuman tanpa menimbulkan risiko bagi kesehatan manusia.


Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.


Apakah semua plastik food grade aman?

Yap. Plastik food grade diproduksi secara khusus, sehingga dapat bersentuhan langsung dengan makanan dan minuman, tanpa berisiko menimbulkan kontaminasi zat berbahaya.

Tidak semua jenis plastik memiliki tingkat kemurnian ini lho. Artinya, penggunaan plastik non food grade untuk menyimpan bahan makanan dan minuman dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius bagi manusia.


Beberapa contoh penting dari food grade meliputi:

  • High Density Polyethylene (HDPE)

  • UHMWPE

  • Polypropylene

  • Polyester (PET)

  • PVDF

  • PEEK PTFE

Nah, untuk membuat makanan dan minuman tetap aman selama penyimpanan, Flootank menghadirkan tangki plastik food grade menggunakan HDPE. Tidak hanya itu, tangki tersebut juga diperkuat dengan bahan GRP yang diperlukan jika Anda memerlukan tangki secara custom.


Perlu Anda ketahui, plastik HDPE dan PP (Polypropylene) sudah diakui sebagai bahan food grade oleh FDA di AS. Oleh karena itu, kedua bahan tersebut sudah terbukti tidak beracun, tidak bernoda, bebas bau, dan dapat dengan mudah dibersihkan.


Baca Juga: Termoset dan Termoplastik, Kenali Kedua Jenis Plastik Ini!


Flootank memasok hampir setiap bidang industri di Indonesia. Jadi, apa pun bidang industri Anda, tangki food grade ini bisa menjadi pilihan. Tangki kami diproduksi dengan berbagai ukuran dan desain. Sehingga, sangat cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan. Jika Anda membutuhkan tangki secara custom, Anda bisa menghubungi kami terlebih dahulu untuk konsultasi melalui link sebagai berikut. Sales Engineer kami dengan senang hati akan membantu Anda secara profesional.


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE)Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.

9 views0 comments