Tips Memilih Jenis Tangki Air Plastik yang Tepat Untuk di Rumah dan Industri

Updated: Dec 25, 2021



Tangki air tidak hanya dibutuhkan di bidang industri, namun juga perumahan. Tangki air di rumah berguna sebagai penampung air di saat musim hujan, sehingga tetap memiliki cadangan air bila musim kemarau tiba. Selain itu, memasang tangki air di rumah dianggap menjadi salah satu langkah dalam menghemat pengeluaran tagihan listrik. Sementara di bidang industri, tangki air juga kerap dialokasikan sebagai penyimpanan bahan kimia.


Tangki air plastik adalah jenis tangki yang lebih banyak dipilih karena lebih tahan lama. Namun, sebelum memutuskan untuk membawa pulangnya, ada beberapa hal yang perlu Anda cermati dalam memilih jenis tangki air plastik yang tepat baik untuk kebutuhan di rumah maupun industri.


Kenali bahan atau jenis tangki air plastik


Tips pertama dalam memilih jenis tangki air yaitu mengenali bahan atau jenisnya. Meski ditujukan untuk penampungan cairan bahan kimia sekalipun, pemilihan tangki air sebaiknya yang menggunakan bahan aman dan tahan terhadap korosi. Ada banyak jenis tangki air plastik yang beredar di pasaran, berdasarkan bahannya berikut tangki air plastik yang aman digunakan.


Tangki air polyethylene (PE) merupakan tangki yang mampu menyimpan zat cair untuk segala macam keperluan. Tangki jenis ini, khususnya High Density Polyethylene (HDPE), sejak lama telah digunakan di industri pertanian, minyak dan gas, farmasi, hingga pengolahan air minum karena sifat penyerapan airnya yang sangat rendah (Impermiable).


Tangki air polypropylene (PP), khususnya Polypropylene Homopolymer (PP-H), memiliki daya tahan terhadap pewarnaan. Kadar serap tangki PP-H pada kelembapan ataupun airnya pun sangat rendah, sehingga dinilai ideal untuk tangki plastik di rumah dan industri.


Perkirakan kapasitas dan dimensi tangki


Menentukan kapasitas dan dimensi tangki yang akan digunakan juga penting. Sesuaikanlah dengan kebutuhan agar tangki tidak terlalu kecil ataupun terlalu besar. Perlu diperhatikan pula ruang atau tempat untuk meletakan tangkinya, sehingga diperoleh tangki air dengan ukuran ideal. Dengan mengetahui poin ini, Anda akan terbantu pula dalam menentukan biaya yang harus dikeluarkan.


Aksesoris tangki air


Untuk kegunaan tertentu seperti penampung cairan bervolume besar di bidang industri, aksesoris tangki air perlu diperhatikan pula kelengkapannya. Idealnya tangki dengan kapasitas volume besar memiliki aksesoris yang terdiri dari inlet, outlet, drain, overflow, manhole, manway, tangga luar sangkar platform, dan atap. Adanya aksesoris dapat mempermudah penggunaan tangki air dan perawatannya.


Warna tangki air


Tangki air dengan warna gelap cenderung memiliki daya tahan kuat terhadap paparan sinar matahari. Selain itu, tangki air yang didesain tebal tidak transparan dengan warna gelap pun jauh lebih efektif dalam memperlambat pertumbuhan lumut. Anda bisa memilih warna hitam atau biru tua.


Tangki air dengan suku cadang dan perawatan terjangkau


Suku cadang dan perawatan yang terjangkau perlu diperhatikan juga agar tidak repot bila sewaktu-waktu terdapat masalah pada tangki air. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena tangki air plastik Flootank diproduksi di dalam negeri dan menjangkau pengiriman hingga ke pelosok Indonesia. Melalui uji kontrol yang ketat, Anda bisa mendapatkan tangki air plastik Flootank berkualitas unggul dengan harga terjangkau.


Jangan ragu untuk menghubungi kami bila Anda membutuhkan konsultasi. Engineer bersertifikasi kami dapat memberi rekomendasi terbaik mengenai tangki air plastik untuk di rumah dan industri Anda.


2 views0 comments