top of page

Tips Membeli Tangki Penyimpanan Bahan Kimia

Updated: Feb 14, 2023



Selamat datang di dunia pertangkian bahan kimia! Di sini, Anda akan mempelajari bagaimana cara memilih tangki penyimpanan bahan kimia. Mungkin banyak dari Anda yang sedang bingung memikirkan bagaimana cara memilih tangki bahan kimia yang aman dan tidak merugikan sesuai kebutuhan Anda. Mari kita bahas bersama-sama!


Sebagai pengenalan, perlu kiranya kami menjelaskan terlebih dahulu apa itu tangki penyimpanan bahan kimia. Tangki tersebut adalah wadah penyimpanan berkualitas tinggi yang digunakan oleh berbagai industri untuk menyimpan berbagai jenis senyawa kimia. Mereka datang dalam berbagai bentuk dan ukuran.


Anda dapat menemukan berbagai tangki kimia atau tangki proses dengan pemasok tangki penyimpanan bahan kimia Anda, meskipun Anda harus yakin dengan jenis tangki yang Anda butuhkan. Oleh karena itu, ini adalah panduan yang akan membantu Anda mengambil keputusan untuk membeli tangki penyimpanan bahan kimia yang sempurna untuk kebutuhan Anda.


Apa itu Tangki Penyimpanan Bahan Kimia Industri?


Tangki penyimpanan bahan kimia industri adalah sistem penyimpanan penting untuk bahan kimia agresif. Tidak hanya untuk menyimpan, fungsi lainnya dari tangki ini adalah untuk mengendalikan, dan mengontrol bahan kimia yang digunakan dalam industri. Ini memastikan bahwa bahan kimia yang berpotensi berbahaya tersimpan dengan aman dan tidak menyebar ke lingkungan sekitar.


Oleh karena bahan kimia itu bersifat korosif, mereka membutuhkan fasilitas penyimpanan yang aman. Anda akan menemukan berbagai jenis tangki penyimpanan bahan kimia di pasaran. Anda harus memilih jenis tangki penyimpanan bahan kimia yang tepat untuk bahan kimia tertentu yang Anda hadapi.


Bahan untuk Membuat Tangki Penyimpanan Bahan Kimia


Tangki penyimpanan bahan kimia industri biasanya terbuat dari logam atau plastik yang kuat dan tahan lama, dan dapat dikustomisasi sesuai dengan jenis bahan kimia yang akan disimpan. Sehingga, bahan tangki penyimpanan bahan kimia dapat dipecah menjadi empat jenis kunci. Ini termasuk plastik (Polyethylene, Polypropylene, PVC dan PVDF), stainless steel dan fiberglass (FRP).


Plastik (PP, HDPE, LDPE, XLPE)



Tangki Kimia HDPE Custom untuk Industri
Tangki Kimia HDPE

Tangki kimia plastik adalah bahan yang paling populer dan menawarkan beberapa jenis dan metode pembuatan yang bervariasi. Jenis PE yang umum digunakan dalam fabrikasi tangki adalah High-Density Polyethylene (HDPE), Polypropylene (PP) dan LDPE (Low-Density Polyethylene).


Keuntungan HDPE termasuk ketahanan retak stres lingkungan, ketahanan kimia, daya tahan dan biaya. Demikian pula, LDPE tahan bahan kimia, tetapi juga telah meningkatkan penyerapan kelembapan yang rendah dan ketahanan benturan dan noda. Bahan populer lainnya untuk tangki penyimpanan bahan kimia adalah Cross-linked Polyethylene (XLPE).

Karena PE adalah bahan serba bisa, jenis dan aplikasinya sangat bervariasi. Tangki plastik memiliki aplikasi domestik dan industri seperti pengumpulan air hujan, penyimpanan bahan kimia serta penanganan dan transportasi cairan. Keuntungan utama termasuk:

  • Keserbagunaan untuk aplikasi yang berbeda.

  • Tersedia ukuran khusus serta bentuk silinder / persegi panjang standar.

  • Kekuatan material.

  • Tahan UV.

  • Tahan korosi.

  • Umur panjang dan biaya perawatan rendah.

  • Ringan artinya angkutan lebih murah

Stainless Steel (304, 316, Paduan Nikel, Baja Karbon)



Stainless steel adalah jenis tangki penyimpanan bahan kimia kedua yang paling umum. Hal ini karena stainless steel memiliki karakter tahan korosi, kuat, tahan lama dan dapat digunakan untuk berbagai aplikasi. Ada empat jenis utama tangki stainless steel – 304 Steel, 316 Steel, Nickel Alloy dan Carbon Steel. Tangki penyimpanan stainless steel efektif namun, mereka tidak cocok untuk beberapa asam dan merupakan pilihan yang paling mahal.


Fiberglass (FRP)



Fiberglass adalah jenis tangki penyimpanan bahan kimia populer lainnya. Fiberglass ini memiliki ketahanan terhadap karat, korosi, panas dan abrasi. Ini juga lebih ringan dibandingkan dengan tangki baja atau beton. Keunggulan tangki fiberglass juga mencakup penyesuaian, keandalan, dan proses pemasangan dan modifikasi yang mudah.


Jenis tangki penyimpanan bahan kimia FRP termasuk dinding tunggal atau bunded, bawah tanah, di atas tanah, horizontal atau vertikal. Kapasitas untuk penyimpanan bawah tanah bisa mencapai 500.000 liter sedangkan kapasitas di atas tanah 75.000 liter. Namun, karena proses konstruksi, kebocoran dapat terbentuk yang akan menciptakan lebih banyak perawatan di masa depan. Tangki juga lebih rentan terhadap kesalahan manusia dari proses konstruksi yang sama.



Perbedaan Desain Tangki Kimia


Saat membeli tangki penyimpanan bahan kimia, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan desain dari tangki tersebut. Pilih desain tangki yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.


Tangki Penyimpanan Kimia Vertikal


Jenis tangki yang satu ini digunakan untuk menyimpan produk kimia dengan bentuk vertikal sesuai namanya. Tangki ini memiliki bentuk yang unik, dengan sisi-sisi yang lebih tinggi daripada yang lain. Tangki ini memungkinkan untuk menyimpan lebih banyak produk dalam ruang yang lebih kecil.

Selain itu, tangki jenis vertikal ini banyak dipilih oleh pelanggan, lho, khususnya bagi mereka yang berada di industri pertanian dan komersial.

Keuntungan menggunakan tangki penyimpanan kimia vertikal adalah:

  1. Dapat mencapai distribusi tekanan yang merata.

  2. Dikenal karena stabilitas yang tinggi (alasnya dapat ditempatkan dengan kuat di permukaan).


Tangki Penyimpanan Kimia Horizontal


Tangki penyimpanan kimia horizontal adalah tangki yang dirancang untuk menyimpan bahan kimia dengan posisi horizontal. Tangki ini biasanya terbuat dari bahan tahan korosi seperti stainless steel, baja karbon, fiberglass, dan lainnya. Tangki ini memiliki berbagai ukuran, mulai dari 5-500 liter, dan bisa digunakan untuk menyimpan berbagai jenis cairan kimia.

Tangki horizontal bisa lebih fleksibel dalam penempatannya, karena tidak seperti tangki vertikal yang lebih tinggi. Umumnya, tangki horizontal ini digunakan di industri pertanian dan minuman.

Berikut ini keuntungan menggunakan tangki penyimpanan kimia horizontal:

  1. Dapat dimuat ke truk dan kendaraan komersial lainnya dan dapat diangkut ke mana saja dengan mudah.

  2. Cenderung lebih cepat dalam hal pemanasan, dan cairan pendingin, berkat bentuknya.

  3. Tanki ini juga mudah dibersihkan dan dimodifikasi untuk berbagai aplikasi.


Tangki Penyimpanan Cone Bottom


Tanki penyimpanan cone bottom adalah tanki yang bentuknya mirip dengan kerucut dengan sisi bawah yang runcing. Tanki ini biasanya digunakan untuk menyimpan bahan-bahan kimia, bahan bakar, dan cairan lainnya.

Dengan bagian bawahnya yang berbentuk kerucut, tangki jenis ini tidak dapat berdiri sendiri. Ia membutuhkan dudukan supaya bisa berdiri. Tangki ini dapat digunakan untuk menyimpan air, air garam, bahan kimia, pupuk cair, dll. Jenis tangki ini sangat berguna bagi banyak industri, berkat kemampuannya untuk benar-benar menguras isinya.

Keuntungan menggunakan tangki penyimpanan cone bottom meliputi:

  1. Dapat digunakan di mana ada persyaratan untuk drainase total tangki.

  2. Bahan kimia yang rentan terhadap lumpur dapat disimpan di dalamnya tanpa masalah.

  3. Memungkinkan cairan untuk dengan mudah dipompa keluar dari tangki dan bisa dengan mudah dipisahkan dari sisa-sisa bahan yang tersisa di dalam tangki.

  4. Menyediakan akses yang mudah ke dalam tangki untuk perawatan dan pembersihan.

Tangki Penyimpanan Penahanan Dinding Ganda


Menyimpan bahan kimia berbahaya dengan aman adalah prioritas utama bagi bisnis, dan di sinilah tangki penyimpanan penahanan berdinding ganda masuk. Tangki penyimpanan kimia dinding ganda adalah tangki penyimpanan kimia yang dibangun dengan menggunakan dua lapisan dinding yang terbuat dari bahan tertentu.

Tanki ini umumnya digunakan untuk menyimpan bahan kimia yang berbahaya dan berpotensi mudah meledak atau beracun. Lapisan luar dinding tangki biasanya dibuat dari baja atau logam lainnya, sedangkan lapisan dalam dinding terbuat dari bahan yang lebih resisten terhadap panas, seperti asbes atau karet sintetis. Tanki ini memungkinkan pemilik untuk menyimpan bahan kimia berbahaya dengan lebih aman dan mengurangi risiko kebocoran yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan.

Berikut kelebihan dari tangki jenis ini:

  1. Aman dan bisa berfungsi dengan sangat baik.

  2. Tidak ada tumpahan bahan kimia.


Pemasok dan Produsen Tangki Kimia


Ada berbagai perusahaan yang memproduksi dan mendistribusikan tangki penyimpanan bahan kimia di Indonesia dan banyak juga pemasok tangki penyimpanan bahan kimia. Namun, Flootank telah sukses melaksanakan banyak proyek tangki kimia untuk kebutuhan industrial.


Anda dapat memilih dari berbagai varian tangki kami. Tangki kami kompatibel dengan berbagai cairan bahan kimia. Mari konsultasikan kebutuhan Anda dengan tim ahli kami!


Kesimpulan


Oke, sekarang kita telah sampai di poin terakhir, yaitu kesimpulan. Dari uraian di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa tangki penyimpanan bahan kimia yang ideal harus sepadan dengan investasi dalam jangka panjang dan kompatibel dengan aplikasi industri tertentu. Bahan kimia yang berbeda memiliki sifat yang berbeda dan bervariasi dalam tingkat korosifnya.


Berbagai jenis industri menggunakan produk kimia dan dengan demikian muncul kebutuhan akan tangki penyimpanan bahan kimia. Flootank memahami kebutuhan berbagai industri dan menawarkan tangki kimia berkualitas unggul. Tangki kimia yang kami buat adalah yang paling cocok untuk penyimpanan asam dan bahan kimia korosif. Tangki kimia kami adalah UV Stabilized dan terbuat dari 100% Virgin High Density Polyethylene. Tangki yang kami produksi memiliki ketahanan yang baik dan memiliki umur panjang.


Jika Anda membutuhkan tangki dan wadah penyimpanan kimia yang tepat dan tahan lama, hubungi Flootank. Engineer kami akan membantu Anda dengan merancang tangki dan wadah penyimpanan skala industrial yang dapat di custom sesuai kapasitas, bentuk maupun aksesoris penunjang yang berkualitas tinggi untuk kebutuhan pabrik ataupun laboratorium Anda. Tangki kimia kami menggunakan material thermoplastic yaitu High Density Polyethylene (HDPE) dan Polypropylene yang tentunya memiliki ketahanan kimia yang sangat handal.


135 views0 comments

Comments


bottom of page