Thermoplastic untuk Tangki penyimpanan bahan kimia

Updated: Oct 23



Penggunaan bahan kimia harus ditangani dengan sangat serius untuk membantu melindungi kesehatan manusia dan lingkungan dari segala risiko yang mungkin terjadi. Bahan kimia memerlukan tangki penyimpanan khusus karena sifat korosif yang dapat dengan mudah merusah tangki metal yang tidak dilapisi. Tentu saja tangki penyimpanan bahan kimia yang tepat tidak hanya melindungi Anda dari resiko tetapi juga dapat menghemat biaya Anda dimasa yang akan datang.


Baca Juga: 5 hal krusial yang dapat mempengaruhi ketahanan plastik terhadap medium kimia


Di Atas Tanah VS Bawah Tanah

Untuk Anda yang akan menggunakan Tangki kimia, perlu untuk terlebih dahulu mengidentifikasi kebutuhan akan tangki penyimpanan bahan kimia, Anda harus memutuskan di mana Anda akan menyimpan bahan kimia ini karena ada peraturan yang berbeda untuk penyimpanan di atas tanah dan di bawah tanah. Tangki bawah tanah harus tahan terhadap tekanan tertentu tetapi bisa menjadi solusi yang tepat jika Anda terbatas pada ruang penyimpanan. Tangki di atas tanah biasanya lebih disukai karena lebih mudah dalam perawatannya.


Material yang tepat untuk Tangki penyimpanan bahan kimia



Thermoplastic adalah pilihan yang optimal secara biaya dan juga handal jika digunakan sebagai wadah tampung cairan kimia. Ketika digunakan sebagai tangki vertikal mandiri, tangki ini sangat ekonomis, aman, dan disetujui oleh peraturan. Mereka dapat digunakan untuk industri pengolahan bahan kimia, makanan, pertainan bahkan sampai pertambangan. Tangki penyimpanan bahan kimia thermoplastic mengurangi risiko kebocoran, penyalahgunaan, dan insiden bahan kimia. Tangki penyimpanan bahan kimia thermoplastic memiliki keunggulan terutama pada Tingkat ketahanan korosi sangat tinggi, yang merupakan faktor besar ketika memilih tangki penyimpanan bahan kimia.


Thermoplastic memberikan solusi jangka panjang untuk berbagai aplikasi kimia diantaranya:

  • Produksi kimia (asam sulfat)

  • Distribusi kimia (NaCN, HCl)

  • Electrowinning (NaCN/NaOH)

  • Ekstraksi mineral (CMS, SSX, PAM)

  • Mine Cooling

  • Safety showers

  • Pembangkit listrik

  • Desalinasi


Selain itu tangki thermoplastic yang dibuat dengan metode fabrikasi juga memungkinka Anda untuk memilih antara alas miring, alas kerucut, dan alas bawah datar maupun kustomisasi lainnya.


Baca Juga: Menentukan Geometry yang tepat untuk Tangki Mixing Kimia Anda


Tangki kimia berbahan thermoplastic seperti HDPE (High Density Polyethylene) dan PP (Polypropylene) dapat dikustom hingga beragam kapasitas dan bentuk yang paling sesuai dengan kebutuhan. Tangki dapat dibangun dengan tutup terbuka atau tertutup untuk kemudahan penggunaan.


Manajemen risiko

Tangki penyimpanan bahan kimia adalah bagian yang sangat penting dalam industri pengolahan yang menggunakan bahan kimia karena ini masuk dalam manajemen risiko. Tentu saja risiko yang jelas adalah bahaya kesehatan manusia tetapi itu bukan satu-satunya risiko. Ada banyak kewajiban yang harus ditanggung jika terjadi kesalahan. Selain itu tentu Anda juga ingin bisa melindungi investasi Anda hingga dapat digunakan untuk waktu yang lama. Tangki penyimpanan bahan kimia dengan material dan metode fabrikasi yang tepat adalah solusinya.


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE)Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.

63 views0 comments