top of page
Writer's picturefloaton bahari

5 hal krusial yang dapat mempengaruhi ketahanan plastik terhadap medium kimia

Updated: Dec 15, 2022


faktor-faktor-yang-dapat-mempengaruhi-ketahanan-kimia-plastik

Tangki kimia berbahan plastik mulai banyak digunakan untuk menampung dan menyimpan bahan kimia yang agresif dan korosif dalam berbagai aplikasi di banyak industri. Ada beberapa faktor krusial saat hendak mempertimbangkan penggunaan plastik sebagai tangki penyimpanan kimia beberapa diantaranya sebagai berikut :



Temperatur operasional: Semua proses kimia dan fisik yang berkaitan dengan resistensi memiliki kertaikaitan yang erat dengan faktor suhu. Sebagai contoh ketahanan suatu bahan terhadap media kimia umumnya menurun dengan meningkatnya suhu. Oleh karena itu, hal ini dapat digunakan untuk memprediksi umur teknis dari plastik, misalnya. Jika penyimpanan berada pada suhu yang tinggi diperlukan penentuan material plastik yang paling cocok untuk faktor tersebut


Tekanan mekanis: Beberapa plastik cenderung membentuk stress cracks saat bersentuhan dengan tekanan mekanis yang besar. Sehingga paparan media kimia dan tekanan mekanis secara simultan dapat mempercepat perkembangan stress cracks. Fenomena ini dikenal sebagai "environmental stress cracking" (ESC). Sehingga pemilihan material plastik yang cocok akan sangat penting untuk menyikapi hal ini.


Pengaruh cuaca: Plastik tertentu yang terkena sinar matahari dan cuaca panas untuk waktu yang lama di luar ruangan akan berpengaruh terhadap ketahanannya. Konsekuensinya adalah perubahan warna, kerapuhan dan hilangnya sifat mekanik. Sehingga pemilihan material plastik yang memiliki ketahan yang baik terhadap paparan sinar UV menjadi sangat penting.


Api: Apakah material harus memenuhi persyaratan kinerja api tertentu secara operasional, serta memiliki ketahanan kimia yang tinggi? Api dapat mempengaruhi ketahanan dari bahan plastic sehingga diperlukan jenis plastik khusus yang punya ketahanan yang lebih kuat.



Konduktivitas listrik: Di banyak bidang aplikasi, selain ketahanan kimia yang sangat baik, bahan juga harus memiliki konduktivitas listrik yang baik. Ini penting, misalnya, saat menyimpan media dengan low flash point, seperti minyak pemanas, bensin, dan minyak pelumas. Aditif terkait juga dapat mempengaruhi ketahanan kimia.


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE)Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir steel coating HDPE Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.


179 views0 comments

Comments


bottom of page