5 hal krusial yang dapat mempengaruhi ketahanan plastik terhadap medium kimia

Updated: Jun 13



Tangki kimia berbahan plastik mulai banyak digunakan untuk menampung dan menyimpan bahan kimia yang agresif dan korosif dalam berbagai aplikasi di banyak industri. Ada beberapa faktor krusial saat hendak mempertimbangkan penggunaan plastik sebagai tangki penyimpanan kimia beberapa diantaranya sebagai berikut :


Temperatur operasional: Semua proses kimia dan fisik yang berkaitan dengan resistensi memiliki kertaikaitan yang erat dengan faktor suhu. Sebagai contoh ketahanan suatu bahan terhadap media kimia umumnya menurun dengan meningkatnya suhu. Oleh karena itu, hal ini dapat digunakan untuk memprediksi umur teknis dari plastik, misalnya. Jika penyimpanan berada pada suhu yang tinggi diperlukan penentuan material plastik yang paling cocok untuk faktor tersebut


Tekanan mekanis: Beberapa plastik cenderung membentuk stress cracks saat bersentuhan dengan tekanan mekanis yang besar. Sehingga paparan media kimia dan tekanan mekanis secara simultan dapat mempercepat perkembangan stress cracks. Fenomena ini dikenal sebagai "environmental stress cracking" (ESC). Sehingga pemilihan material plastik yang cocok akan sangat penting untuk menyikapi hal ini.


Pengaruh cuaca: Plastik tertentu yang terkena sinar matahari dan cuaca panas untuk waktu yang lama di luar ruangan akan berpengaruh terhadap ketahanannya. Konsekuensinya adalah perubahan warna, kerapuhan dan hilangnya sifat mekanik. Sehingga pemilihan material plastik yang memiliki ketahan yang baik terhadap paparan sinar UV menjadi sangat penting.


Api: Apakah material harus memenuhi persyaratan kinerja api tertentu secara operasional, serta memiliki ketahanan kimia yang tinggi? Api dapat mempengaruhi ketahanan dari bahan plastic sehingga diperlukan jenis plastik khusus yang punya ketahanan yang lebih kuat.


Konduktivitas listrik: Di banyak bidang aplikasi, selain ketahanan kimia yang sangat baik, bahan juga harus memiliki konduktivitas listrik yang baik. Ini penting, misalnya, saat menyimpan media dengan low flash point, seperti minyak pemanas, bensin, dan minyak pelumas. Aditif terkait juga dapat mempengaruhi ketahanan kimia.


Tertarik untuk menggunakan tangki kimia dengan material HDPE ataupun PP? Untuk memperlajari lebih lanjut mengenai manfaat tangki kimia dengan material HDPE ataupun PP untuk kebutuhan industri Anda, silakan hubungi enquiry@flootank.com

22 views0 comments