top of page

Risiko dan Kerugian Menggunakan Material yang Tidak Tepat untuk Tangki Kimia


Tangki Kimia HDPE

Pendahuluan


Tangki kimia digunakan secara luas dalam industri untuk penyimpanan dan pengelolaan bahan kimia berbagai jenis. Pemilihan material untuk konstruksi tangki sangat penting karena dapat berdampak signifikan pada keamanan operasional dan lingkungan. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi risiko dan kerugian yang terkait dengan penggunaan material yang tidak tepat dalam pembuatan tangki kimia.


1. Korosi dan Degradasi Struktural


Pemilihan material yang tidak tahan terhadap bahan kimia yang disimpan dapat menyebabkan korosi dan degradasi struktural pada tangki. Bahan kimia agresif dapat merusak permukaan dalam jangka waktu tertentu, mengakibatkan kebocoran atau bahkan kegagalan struktural. Kerusakan ini dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan dan potensi risiko kebakaran atau ledakan.


2. Pencemaran Lingkungan


Material yang tidak cocok dengan bahan kimia tertentu dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Keberlanjutan tangki kimia sangat bergantung pada ketahanan material terhadap reaksi kimia yang mungkin terjadi. Pemilihan material yang kurang tepat dapat mengakibatkan kebocoran yang merugikan bagi tanah, air tanah, dan lingkungan sekitarnya.


3. Keselamatan Operator dan Pekerja


Penggunaan material yang tidak sesuai dengan karakteristik bahan kimia juga dapat membahayakan keselamatan operator dan pekerja. Bahan kimia tertentu dapat menghasilkan gas beracun atau reaksi kimia yang berbahaya jika bersentuhan dengan material yang tidak cocok. Risiko kecelakaan dan paparan zat berbahaya dapat meningkat secara signifikan jika material tangki tidak dipilih dengan hati-hati.


4. Biaya Perawatan dan Penggantian


Pemilihan material yang tidak tepat tidak hanya meningkatkan risiko kegagalan operasional, tetapi juga dapat meningkatkan biaya perawatan dan penggantian. Tangki yang terus-menerus mengalami korosi atau degradasi akan memerlukan perawatan rutin atau bahkan penggantian struktural yang mahal. Biaya ini dapat memberikan beban finansial yang signifikan pada perusahaan atau instalasi.


5. Ketidakpatuhan Regulasi


Penggunaan material yang tidak sesuai dengan standar keamanan dan regulasi industri dapat mengakibatkan ketidakpatuhan hukum. Ini dapat berujung pada sanksi, denda, atau bahkan penutupan operasional. Keberlanjutan operasional dan reputasi perusahaan dapat terpengaruh secara serius jika tidak mematuhi pedoman keamanan yang ditetapkan.



Kesimpulan


Pemilihan material untuk tangki kimia bukanlah keputusan yang boleh diabaikan. Risiko dan kerugian yang terkait dengan penggunaan material yang tidak tepat dapat mencakup korosi, pencemaran lingkungan, bahaya keselamatan, biaya perawatan yang tinggi, dan ketidakpatuhan regulasi. Oleh karena itu, pemilihan material yang tepat sangat penting untuk memastikan keberlanjutan operasional, keamanan, dan kepatuhan hukum dalam industri yang menggunakan tangki kimia.


Jika Anda membutuhkan tangki dan wadah penyimpanan kimia yang tepat dan tahan lama, hubungi Flootank. Engineer kami akan membantu Anda dengan merancang tangki dan wadah penyimpanan skala industrial yang dapat di custom sesuai kapasitas, bentuk maupun aksesoris penunjang yang berkualitas tinggi untuk kebutuhan pabrik ataupun laboratorium Anda. Tangki kimia kami menggunakan material thermoplastic yaitu  High Density Polyethylene (HDPE)  dan Polypropylene  yang tentunya memiliki ketahanan kimia yang sangat handal.


26 views0 comments
bottom of page