top of page

Rahasia Dibalik Penyimpanan Asam Perasetat yang Aman dan Efektif



Rumah sakit mengandalkan sterilisasi Asam Perasetat untuk peralatan medis.
Rumah sakit menggunakan Asam Perasetat untuk sterilisasi peralatan medis.

Asam Perasetat (C₂H₄O₃) adalah bahan kimia yang sangat reaktif dan berbahaya, sehingga sangat penting untuk memastikan bahwa penyimpanannya dilakukan dengan aman dan tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui untuk menjaga keamanan saat menyimpan asam perasetat baik untuk tujuan rumah tangga maupun industri. Dengan begitu, artikel ini adalah panduan yang perlu Anda ikuti untuk memastikan bahwa penyimpanan asam perasetat dilakukan dengan aman dan efisien.


Apa itu Asam Perasetat?


Asam perasetat adalah bahan kimia yang kian populer, dan sedang digunakan di beberapa industri. Lebih aman daripada natrium hipoklorit dan lebih murah daripada bahan kimia lainnya.


Asam ini banyak digunakan dalam industri pengolahan makanan sebagai pembersih pasca-bilas. Selain itu, asam ini juga digunakan sebagai agen anti-mikroba untuk memproses air.

Kadang-kadang, asam perasetat langsung diterapkan pada produk makanan untuk menghilangkan bakteri patogen dan penyebab penyakit lainnya.


Penggunaan PAA juga terjadi pada beberapa fasilitas kesehatan untuk mendisinfeksi peralatan medis. Namun, dalam bentuk terkonsentrasi, PAA berbahaya dan bersifat korosif. Menjadi pengoksidasi yang kuat, ia mampu menyebabkan kerusakan instan pada kulit dan mata. Tentu saja hal itu bisa menyebabkan kerusakan permanen pada kulit dan mata jika konsentrasinya dibiarkan berendam dalam waktu lama. Menurut para ahli, asam adalah produk yang efektif dan ekonomis jika digunakan dengan aman dan tindakan yang tepat.


Di artikel ini, kami telah mengutip analisis mendalam tentang bagaimana Anda dapat menyimpan asam perasetat dengan aman.



Bagaimana Cara Menyimpan Asam Perasetat dengan Aman?


Tangki Kimia HDPE dapat di custom sesuai kebutuhan
Tangki Kimia HDPE

Sangat penting untuk menggunakan tangki asam perasetat yang dibangun dengan benar untuk menyimpan asam perasetat. Ini akan membantu mencegah kebocoran. Selain itu, PAA terkonsentrasi yang bersifat korosif menyebabkan kerusakan pada kulit, mata, dan paru-paru.


Artinya, karyawan Anda yang bekerja di dekat unit penyimpanan yang terkorosi atau lemah selalu rentan terhadap penyakit yang berhubungan dengan paru-paru, kulit, dan mata. Jadi, Anda harus berhati-hati untuk menyimpan asam di area yang berventilasi baik.


Para ahli selalu merekomendasikan untuk menyimpan asam perasetat dalam Tangki High Density Polyethylene yang yang memiliki ketahanan terhadap efek korosif asam.



Rahasia Menangani dan Menyimpan Asam Perasetat untuk Keamanan Bersama


Berikut adalah 10 rahasia yang ampuh untuk menangani dan menyimpan asam perasetat dalam tangki.

  • Simpan asam di area yang berventilasi baik.

  • Jaga suhu rata-rata di bawah 30ºC.

  • Lindungi tangki dari sinar matahari langsung.

  • Jauhkan asam dari panas dan sumber pengapian. Ini terutama termasuk pipa uap. Jangan menyimpan di atas palet kayu.

  • Jaga agar tangki tetap tertutup.

  • Selalu ada risiko dekomposisi wadah karena panas. Tutup tangki Anda untuk melindungi asam dari paparan langsung sinar matahari.

  • Pasang tangki penyimpanan asam perasetat setidaknya 5 meter dari zat pengoksidasi atau korosif.

  • Jangan memasang tangki asam perasetat di ruang yang sama dengan bahan peledak, gas yang mudah terbakar, dan gas terkompresi atau beracun

  • Bersihkan wadah sesering mungkin dan bilas drum setidaknya tiga kali sebelum dibuang.

Saat menyimpan asam perasetat, tangki yang cocok adalah tangki yang tahan terhadap korosi dan tahan terhadap asam. Penggunaan material thermoplastic seperti High Density Polyethylene juga sangat disarankan. Pemilihan tangki yang tepat juga harus mempertimbangkan faktor seperti kapasitas tangki, ukuran tangki, dan kondisi lingkungan.


Jika Anda membutuhkan tangki dan wadah penyimpanan kimia terutama Asam Perasetat yang handal dan tahan lama, hubungi Flootank. Engineer kami akan membantu Anda dengan merancang tangki dan wadah penyimpanan skala industrial yang dapat di custom sesuai kapasitas, bentuk maupun aksesoris penunjang yang berkualitas tinggi untuk kebutuhan pabrik ataupun laboratorium Anda. Tangki kimia kami menggunakan material thermoplastic yaitu High Density Polyethylene (HDPE) dan Polypropylene yang tentunya memiliki ketahanan kimia yang sangat handal.




64 views0 comments

Comments


bottom of page