Search

Perbedaan Vertical Wet Scrubber dan Horizontal Wet Scrubber

Polusi udara menjadi momok. Banyak hal yang perlu dilakukan oleh masyarakat, termasuk bagi para pelaku industri untuk mengatasi permasalahan ini.Selain dampaknya yang dapat membahayakan kesehatan, udara yang kotor juga membuat kita merasa tidak nyaman. Salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh masyarakat, khususnya pelaku industri adalah dengan menggunakan sistem scrubber.


Sistem scrubber merupakan kumpulan dari berbagai macam alat pengendali polusi udara yang bisa digunakan untuk membuang partikel dan/atau gas dari arus gas keluaran industri. Nah, scrubbernya sendiri merupakan salah satu peralatan pokok yang dapat mengontrol emisi gas, terutama gas asam.


Ada dua jenis sistem scrubber, yaitu dry scrubber dan wet scrubber. Kali ini, pembahasan kita hanya fokus pada wet scrubber. Di mana, wet scrubber juga terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu vertical wet scrubber dan horizontal wet scrubber.

Apa saja perbedaan vertical wet scrubber dan horizontal wet scrubber? Mari kita bahas bersama-sama perbedaannya.


Vertical wet scrubber merupakan pelarut cair atau liquid untuk menghilangkan polutan dengan cara kerja berupa menara semprot. Sistem yang satu ini juga seringkali dikenal dengan istilah menara pemurnian kabut asam. Bentuk keseluruhan dari sistem ini adalah silinder, dengan menara semprotnya yang terletak di atas dan di bawah saluran udara keluar. Selain itu, ada juga komponen lain, yaitu tangki air berbentuk persegi panjang yang terletak di bawah menara semprot.



Horizontal wet scrubber merupakan pelarut cair atau liquid untuk menghilangkan polutan dengan cara kerjanya berbentuk persegi panjang secara horizontal. Terdapat tangki air yang terletak di bawah dan kapasitasnya jauh lebih besar daripada vertical wet scrubber.

Sedangkan, bagian atas dari sistem ini adalah perangkat pemurnian dan saluran udara keluar yang terletak di kanan-kiri. Untuk cara kerja, keduanya tidak berbeda jauh. Sama-sama memiliki efek pemurnian udara dan prinsip kerja. Nah, perbedaan utamanya, yaitu:



  1. Jika dibandingkan dengan horizontal wet scrubber, vertical wet scrubber membutuhkan ruang yang lebih sedikit. Jadi, buat Anda yang hanya memiliki lahan terbatas, namun ingin memiliki sistem wet scrubber, jenis yang vertikalnya bisa jadi solusi terbaik Anda.

  2. Keduanya memiliki sistem perangkat semprot yang berbeda. Perangkat semprot bagi vertical wet scrubber adalah vertikal, sedangkan perangkat semprot bagi horizontal wet scrubber adalah horizontal. Sistem semprotan yang vertikal menggunakan semprotan yang berlawanan arah, sedangkan semprotan yang horizontal menggunakan intersep.

  3. Dilihat dari biayanya, horizontal wet scrubber memiliki biaya yang lebih tinggi 1,5 kali dari yang vertikal. Hal itu karena struktur sistem yang horizontal lebih rumit dibandingkan vertikalnya. Bahan yang digunakan pun lebih banyak, produksinya lebih sulit, dan persyaratan desainnya tinggi. Tidak hanya sampai di sini, dalam proses produksinya, siklus produksi sistem horizontal relatif lebih lama dibandingkan vertikal dalam proses perancangan, pemotongan, pemrosesan, perakitar, hingga pembentukan suatu sistem. Karena alasan harga itulah, vertical wet scrubber lebih banyak digunakan di pasaran.


Hubungi Flootank untuk Informasi Lebih Lanjut

Pastikan udara di sekitar pabrik Anda bersih demi kesehatan orang-orang sekitar. Jangan sampai, udara disekitar pabrik Anda mengandung gas berbahaya yang bisa berdampak buruk pada kesehatan Anda dan orang-orang sekitar. Dengan menggunakan wet scrubber yang efektif dan efisien, para profesional dari berbagai industri dapat membantu melindungi hajat hidup sekitar.


Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang wet scrubber dari Flootank, Anda bisa hubungi kami di enquiry@flootank.com. Sistem kontrol emisi dan bau tercanggih yang dirancang Flootank untuk berbagai aplikasi industri ini menggunakan bahan thermoplastic yang tentu saja berkualitas. Ukuran dan elemen lainnya yang kami produksi juga efektif untuk menghilangkan polusi udara dan membuat udara di sekitar Anda menjadi jauh lebih bersih.

4 views0 comments

Recent Posts

See All