Keuntungan dan Penggunaan HDPE



Dewasa ini, penggunaan plastik sering kali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, saat kita mandi dan menggunakan shampoo. Yap, botol shampoo juga terbuat dari bahan plastik. Selain itu, kita juga menemukan plastik dalam jerigen dan botol susu.


Nah, jenis plastik yang digunakan untuk botol shampoo, jerigen, dan botol susu adalah jenis HDPE. Apa itu HDPE? Untuk apa saja penggunaann HDPE? Apa saja keuntungannya dibandingkan dengan jenis plastik lain?


Itulah yang akan kita bahas di artikel kali ini.


Apa itu HDPE?

HDPE (High Density Polyethylene) merupakan salah satu bahan material pastik yang sering digunakan sebagai kemasan. Jenis plastik ini termasuk salah satu jenis plastik yang aman digunakan, termasuk untuk kemasan makanan. Hal itu karena kemampuannya yang bisa mencegah reaksi kimia antara plastik dan makanan atau minuman yang dikemasnya.


Ada banyak keuntungan jika kita menggunakan plastik jenis HDPE. Beberapa di antaranya, yaitu kekuatan dan ketahanan kimianya yang sangat baik. Langsung saja kita bahas keuntungan menggunakan plastik jenis HDPE, yuk!


Keuntungan Menggunakan HDPE


Tahan Terhadap Bahan Kimia


Yap, HDPE memiliki karakteristik tahan terhadap bahan kimia. Seperti yang kita ketahui, bahan kimia banyak yang menyebabkan korosi. Tidak semua bahan plastik memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap bahan kimia penyebab korosi.


Kemampuannya yang tahan korosi merupakan bahan dasar yang ideal untuk pembuatan wadah makanan dan minuman dengan tingkat pH yang bervariasi. Dengan begitu, makanan, minuman, dan bahan kimia lainnya yang dikemas dalam HDPE menjadi tetap aman.



Food Grade atau Bisa Digunakan untuk Kemasan Makanan dan Minuman


Industri makanan banyak yang memilih HDPE sebagai bahan kemasannya, lho. Selain tahan terhadap bahan kimia, HDPE juga telah memenuhi standar sanitasi FDA (Food and Drug Administration) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat—kalau di Indonesia semacam BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), ya.


Dengan adanya standarisasi food grade, maka HDPE akan tetap aman untuk kontak dengan makanan dan minuman. Bahan ini juga termasuk mudah dibersihkan, jadi Anda bisa mencucinya untuk digunakan kembali jika memungkinkan. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda juga ikut menjaga lingkungan dengan me-recycle barang bekas.


Tahan Lama dan Ringan


HDPE memiliki tingkat kepadatan 941 kg/m3 sampai dengan 965 kg/m3. Tingkat kepadatan tersebut tergantung dari formulasi yang digunakan dalam proses pembuatannya.


Dengan tingkat kepadatan seperti itu, HDPE merupakan bahan yang ringan. Jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan aluminium. Karena, aluminium memiliki tingkat kepadatan 3.699 kg/m3. Hampir 2,8 kalinya, kan? Selain lebih ringan, HDPE juga termasuk bahan yang tahan lama.


Tahan Terhadap Sinar UV


Untuk penggunaan di luar ruangan, kita tentu memerlukan bahan yang memiliki ketahanan terhadap sinar UV. Nah, HDPE adalah salah satunya.

Tidak seperti plastik lainnya, HDPE memiliki beberapa formulasi yang bisa tahan terhadap sinar UV. Hal ini membuat HDPE ideal untuk diaplikasikan di luar ruangan, seperti peralatan bermain, tangki industri, dan sebagainya.


Mudah Dibentuk


HDPE merupakan jenis polietilen dengan densitas tinggi. Oleh karena itu, HDPE memiliki keuntungan mudah dibentuk. Misalnya, HDPE digunakan sebagai pelapis tangki kedap air yang besar untuk menyimpan volume cairan di suatu industri.

Dengan didukung oleh las yang kuat dan tahan lama, maka produk yang terbentuk dari HDPE ini akan memungkinkan untuk merancang proyek yang lebih besar.


Tidak Menyerap Kelembapan


Bahan yang tidak menyerap kelembapan itu penting, lho, untuk penyimpanan minuman dan makanan. Nah, untuk alasan ini, HDPE cocok digunakan untuk penyimpanan makanan dan minuman, karena tidak menyerap kelembapan.


Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan Anda. Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom dari material High Density Polyethylene (HDPE) dan Polypropylene (PP) jangan ragu untuk hubungi kami di enquiry@flootank.com







4 views0 comments