top of page

Panduan Tangki Penyimpanan Bahan Kimia




Tangki penyimpanan bahan kimia adalah tempat untuk menyimpan bahan kimia yang digunakan dalam berbagai industri. Tujuannya pada tiap industri juga berbeda-beda, ada yang digunakan untuk penyimpanan, pemrosesan, pencampuran, pengangkutan produk mentah atau jadi.


Tangki kimia tersedia dalam berbagai material, ukuran, bentuk, dan kapasitas. Mereka dapat digunakan untuk menyimpan cairan, gas, bahan kimia berbahaya, dan lain-lain. Mereka juga dirancang kuat untuk menangani tingkat tekanan tinggi dan berbeda-beda. Ketika memilih spesifikasi untuk tangki, faktor utama yang harus diperhatikan adalah jenis bahan kimia yang akan disimpan di dalamnya.


Jenis Bahan Penyusun Tangki Kimia, Manakah yang Tepat untuk Anda?


Tangki penyimpanan kimia dapat dibuat dengan menggunakan tiga jenis bahan konstruksi yang berbeda, yaitu stainless steel, fiberglass, dan polyethylene. Mari kita bahas masing-masingnya di bawah ini.


1. Stainless Steel

Stainless steel merupakan pilihan yang paling mahal dan tahan lama, tetapi tidak cocok dengan bahan asam.


2. Fiberglass

Fiberglass memiliki lapisan bahan kimia interior dan layak untuk beberapa aplikasi. Namun, saat menggunakan bahan ini, diperlukan perawatan rutin supaya tetap tahan lama. Meskipun tahan terhadap banyak bahan kimia, namun fiberglass rentan terhadap beberapa jenis bahan kimia.


3. Thermoplastic

Thermoplastic diantaranya high-density polyethylene dan polypropylene adalah pilihan lain yang kokoh, tahan terhadap karat dan korosi, dan dapat digunakan dalam lingkungan perumahan, industri dan komersial. Tangki kimia didesain sedemikian rupa supaya bisa lebih mudah untuk proses instalasi atau pemasangan pada berbagai aplikasi sesuai dengan kebutuhannya.


Syarat yang Perlu Ada pada Tangki Penyimpanan Bahan Kimia


Sebelum pemasangan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk mengurangi risiko kebocoran yang serius. Hal ini termasuk pemilihan lokasi yang aman untuk tangki bahan kimia, penempatan yang sesuai dengan kondisi iklim, serta menjaga risiko dan keamanan lingkungan dan masyarakat di sekitarnya.


Baca juga : Tangki Penyimpanan Thermoplastic


Perhatikan Kesehatan dan Keselamatan


Anda harus memastikan bahwa tangki penyimpanan bahan kimia Anda memiliki tingkat kesehatan dan keselamatan yang sesuai. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memilih tangki yang tepat, menguji, membersihkan, dan melakukan pemeliharaan secara rutin. Cara mudahnya, Anda bisa memilih tangki yang minimalnya sesuai dengan Standar Internasional yang diakui.


Mengapa hal itu perlu dilakukan? Karena, menyimpan bahan kimia berbahaya juga masih memiliki risiko kebocoran untuk itu perlu langkah mitigasi agar menghindari kerugian, korban jiwa, dan pencemaran lingkungan. Keamanan dan keandalan tangki sangat penting bagi perusahaan manapun, termasuk perusahaan Anda.


Baca juga : Fabrikasi Tangki Kimia Custom Sesuai Keinginan? Flootank Siap Mewujudkannya!


Cara Membersihkan Tangki Penyimpanan Bahan Kimia


Membersihkan tangki bahan kimia adalah tugas yang harus diperhatikan. Perawatan tangki yang tepat diperlukan untuk kelancaran operasi dan untuk umur panjang tangki. Bisa dibilang, perawatan tangki merupakan investasi yang perlu dilakukan oleh setiap perusahaan.


Sayangnya, membersihkan tangki semacam itu bisa menjadi kegiatan yang berbahaya. Untuk mendapatkan hasil yang baik, perusahaan kimia harus menggunakan kontraktor spesialis yang memiliki alat untuk tugas-tugas tertentu. Cairan pembersih harus dipilih dengan bijak, karena harus kompatibel dengan bahan kimia yang disimpan. Setelah pembersihan selesai, selalu bersihkan area tersebut dan kumpulkan puing-puing yang ada. Perawatan tambahan perlu dilakukan saat menggunakan uap atau air panas dan pengaliran air bertekanan tinggi hanya boleh dilakukan pada saat tangki kosong.


Kami di Flootank menawarkan layanan inspeksi, audit, dan pemeliharaan tangki untuk memastikan bahwa tangki Anda mematuhi peraturan ketat yang terus meningkat. Kami juga menekankan pentingnya kalibrasi yang akurat sambil mempertimbangkan wawasan dan kapasitas yang jelas dari tangki penyimpanan bahan kimia Anda. Ini bermanfaat untuk menghindari bencana.


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE) Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.



6 views0 comments
bottom of page