top of page

Menyimpan Asam Klorida dalam Tangki Penyimpanan




Asam klorida atau yang disebut hydrochloric acid (HCl) merupakan larutan berair yang tidak berwarna dan bening. Ini dihasilkan dengan melarutkan hidrogen klorida dalam air dengan pH kurang dari 7. Asam klorida harus ditangani dengan sangat hati-hati karena dapat menyebabkan bahaya kesehatan serius jika tidak disimpan dalam tangki penyimpanan berkualitas. Tata kelola penyimpanan yang tepat harus dijalankan agar terhindar dari potensi kecelakaan atau cedera.


Baca juga : 5 Tips dalam Memilih Fabrikator Tangki Kimia


Tips Membuat Asam Klorida Aman dalam Tangki Penyimpanan


Saat menyimpan asam klorida atau menggunakan tangki penyimpanan asam klorida untuk penyimpanan, kita harus selalu ingat untuk melakukan tata kelola keselamatan yang tepat diantaranya sebagai berikut:


Mengenakan Alat Pelindung Diri

Saat bekerja dengan atau di dekat asam klorida, penting untuk mengenakan alat pelindung diri (APD) yang tepat. Ini termasuk sarung tangan, kacamata, celemek, dan pelindung wajah. APD akan melindungi kulit dan mata kita dari kontak dengan bahan kimia tersebut.


Menjaga Area Tetap Berventilasi Baik

Asap asam klorida bisa berbahaya jika dihirup. Untuk menghindari hal ini, pastikan area tempat penyimpanan dan penanganan asam berlangsung, berventilasi baik. Jika memungkinkan, bekerja di luar ruangan atau di ruangan dengan jendela terbuka. Sekarang, saat bekerja di dalam ruangan, seseorang juga harus menggunakan kipas angin untuk mengedarkan udara.


Gunakan Tangki Penyimpanan Asam Klorida yang Tepat

Saat menyimpan asam klorida, pastikan Anda menggunakan wadah yang dirancang untuk menyimpan bahan kimia. Jangan menyimpan asam dalam wadah makanan atau wadah minuman. Hal ini dapat menyebabkan keracunan yang tidak disengaja jika seseorang minum dari wadah berpikir itu berisi sesuatu yang aman.


Beri Label Tangki/Wadah Asam Klorida dengan Jelas

Pastikan untuk memberi label tangki asam klorida atau wadah penyimpanan dengan jelas. Ini akan membantu orang lain mengetahui apa yang ada di dalamnya dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan saat menangani wadah. Gunakan kata-kata seperti "hati-hati", "bahaya", atau "racun" agar tidak ada kebingungan tentang isi wadah.


Jadwalkan Inspeksi Rutin Wadah Penyimpanan Asam Klorida

Periksa wadah atau tangki penyimpanan asam klorida secara teratur untuk kebocoran. Bahkan kebocoran kecil dapat menimbulkan risiko serius. Jika asam tersebut bocor, hal ini dapat menyebabkan keracunan yang tidak disengaja. Pastikan untuk menyimpannya di tempat yang aman dan dapat diandalkan.


Sebaiknya gunakan tangki penyimpanan asam klorida yang telah dites. Tangki penyimpanan asam klorida harus diperiksa dan dites secara teratur untuk memastikan bahwa mereka memiliki kondisi yang aman. Ini akan mencegah bocornya asam, yang akan berdampak buruk pada lingkungan dan kesehatan manusia. Pemeriksaan yang tepat dan tes yang efisien akan memastikan bahwa tangki tetap aman dan layak digunakan.


Baca juga : Mengenal Jenis Material Chemical Storage Tank, Manakah yang Akan Anda Pilih?


Kesimpulan

Asam klorida adalah asam mineral kuat yang dapat menyebabkan bahaya kesehatan yang serius jika tidak ditangani dengan benar. Memahami bahaya yang terkait dengan asam klorida dan tata kelola yang tepat dapat membantu menghindari potensi kecelakaan kerja. Dengan mengikuti prosedur keselamatan yang tepat dan menyimpannya dengan benar, pabrik dapat dengan aman bekerja.


Jika Anda membutuhkan tangki dan wadah penyimpanan asam klorida yang tepat dan tahan lama, hubungi Flootank. Engineer kami akan membantu Anda dengan merancang tangki dan wadah penyimpanan skala industrial yang dapat di custom sesuai kapasitas, bentuk maupun aksesoris penunjang yang berkualitas tinggi untuk kebutuhan pabrik ataupun laboratorium Anda. Tangki kimia kami menggunakan material thermoplastic yaitu High Density Polyethylene (HDPE) dan Polypropylene yang tentunya memiliki ketahanan kimia yang sangat handal.


15 views0 comments
bottom of page