top of page

Mengenal Hydrofluoric Acid: Bahaya dan Cara Penyimpanan yang Tepat


Hydrofluoric Acid (HF)

Hydrofluoric Acid (HF) adalah bahan kimia yang sangat berbahaya dan mematikan. Meskipun sangat efektif dalam berbagai aplikasi industri, menyimpan Hydrofluoric Acid dengan benar sangat penting dilakukan untuk mencegah kerugian materiil dan kerusakan lingkungan.


Nah, dalam artikel ini, kami akan membahas tentang hal-hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam menyimpan Hydrofluoric Acid dengan cara yang aman dan efektif. Mulai dari pemilihan tangki yang tepat hingga sistem penahanan sekunder yang wajib ada. Kami akan membahas apa saja yang harus dipertimbangkan dalam menyimpan bahan berbahaya ini. Jika unit pengolahan dalam Pabrik Anda menggunakan Hydrofluoric Acid atau semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda.



Apa itu Hydrofluoric Acid dan Mengapa Begitu Berbahaya?


Sejarah mengungkapkan bahwa pernah terjadi kecelakaanyang terjadi di tempat kerja disebabkan oleh Hydrofluoric Acid (HF) pada tahun 1987 tepatnya di Texas yang menimpa Marathon Petroleum Company. Hal itu membuat regulator secara eksplisit menyoroti bahaya spesifik dari asam berbahaya ini. Secara khusus, konsekuensi dari kontaminasi kulit dengan Hydrofluoric Acid yang sangat pekat bisa menjadi sangat parah dan bisa berakibat fatal, lho.


Hydrofluoric Acid bersifat korosif dan sangat beracun. Dengan begitu, asam ini bisa dengan cepat menembus ke dalam kulit, menghancurkan lapisan jaringan yang lebih dalam, mengikat kation dan dapat menyebabkan gangguan metabolisme akut dan gangguan fungsi ginjal dengan menghambat enzim vital. Kontak pada area permukaan sekecil telapak tangan dapat menyebabkan kerusakan kardiovaskular dan kematian. Tentu saja asam Ini sangat berbahaya, bahkan rasa sakit yang ditimbulkan seringkali hanya terjadi beberapa jam setelah kontak.


Tidak hanya kontak fisik saja. Menghirup uap Hydrofluoric Acid juga sangat berbahaya. Bahkan pada konsentrasi rendah, hal itu menyebabkan iritasi tenggorokan dan katarak bronkial. Menghirup konsentrasi yang lebih tinggi bisa menyebabkan luka bakar paru-paru yang parah dengan pembentukan edema paru. Bahaya banget, bukan?



Di Mana Hydrofluoric Acid Digunakan?


Kalau sangat berbahaya, lantas asam ini digunakan untuk apa dan di mana saja?


Hydrofluoric Acid digunakan baik pekat maupun dalam produk Hydrofluoric Acid. Selain penggunaannya dalam industri kimia klasik dan laboratorium kimia, Hydrofluoric Acid terutama digunakan dalam industri listrik, semikonduktor dan surya untuk perawatan permukaan.


Karena bahan kimia ini memiliki efek korosif pada kaca, bahan kimia ini digunakan dalam pemrosesan kaca untuk etsa, anyaman, dan pemolesan. Hydrofluoric Acid juga digunakan untuk menodai permukaan finishing pada bagian stainless steel di bengkel.


Hydrofluoric Acid encer dapat menjadi bagian dari berbagai bahan degreasing, pencuci dan pembersih untuk industri dan rumah tangga.


Cara Mengurangi Risiko Saat Menyimpan Hydrofluoric Acid


Tangki Kimia HDPE Custom

Mengingat cara penggunaan atau aplikasinya, tidak mengherankan bahwa Hydrofluoric Acid adalah bahan kimia yang sangat berbahaya yang harus ditangani dengan sangat hati-hati.

Dalam menyimpan Hydrofluoric Acid, penting untuk mempertimbangkan berbagai risiko potensial dan melakukan langkah-langkah untuk mengurangi risiko tersebut. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko saat menyimpan Hydrofluoric Acid meliputi:


1. Penggunaan tangki yang sesuai

Gunakan tangki yang terbuat dari bahan tahan asam, seperti tangki berbahan thermoplastic High Density Polyethylene.


2. Penahanan sekunder

Untuk tambahan keamanan juga disarankan menggunakan tangki penahan sekunder atau sistem “tangki dalam tangki” karena dapat mengurangi risiko bocor.


3. Ventilasi yang baik

Tempatkan tangki Hydrofluoric Acid di ruangan yang memiliki ventilasi yang baik dan jauh dari sumber panas dan api.


4. Pelatihan karyawan

Berikan pelatihan keamanan yang tepat tentang cara menangani dan menyimpan Hydrofluoric Acid kepada semua karyawan yang terlibat.


5. Pemantauan konsentrasi

Pantau konsentrasi Hydrofluoric Acid secara teratur untuk memastikan tingkat keamanan dan meminimalkan risiko.


6. Peralatan pemadam kebakaran

Siapkan peralatan pemadam kebakaran seperti sandaran api atau tabung gas CO2 di dekat tangki Hydrofluoric Acid.


Dengan mempertimbangkan dan menerapkan langkah-langkah di atas, Anda dapat meminimalkan risiko saat menyimpan Hydrofluoric Acid dan memastikan keamanan bagi karyawan dan lingkungan sekitar.


Tempat Penyimpanan yang Cocok untuk Hydrofluoric Acid


Tempat penyimpanan yang cocok untuk Hydrofluoric Acid adalah di dalam tangki penyimpanan kimia yang terbuat dari material tahan asam dan tahan bocor, seperti polietilen berdensitas tinggi (HDPE) atau bahan stainless steel. Ini penting untuk memastikan bahwa tangki tersebut memiliki sifat anti-korosi dan tidak mudah bocor, karena Hydrofluoric Acid sangat agresif dan dapat menyebabkan kerusakan pada material tangki yang tidak tahan.


Jika Anda membutuhkan tangki dan wadah penyimpanan kimia yang tepat dan tahan lama, hubungi Flootank. Engineer kami akan membantu Anda dengan merancang tangki dan wadah penyimpanan skala industrial yang dapat di custom sesuai kapasitas, bentuk maupun aksesoris penunjang yang berkualitas tinggi untuk kebutuhan pabrik ataupun laboratorium Anda. Tangki kimia kami menggunakan material thermoplastic yaitu High Density Polyethylene (HDPE) dan Polypropylene yang tentunya memiliki ketahanan kimia yang sangat handal.


1,095 views0 comments

Comentarios


bottom of page