top of page

Fakta Menarik dari Desain Tangki Kimia



Sebelum merancang sistem penyimpanan kimia dengan tepat hal pertama yang harus diketahui adalah bahan kimia apa yang akan disimpan baru kemudian langkah selanjutnya adalah design ukuran tangki yang dibutuhkan, serta fitting yang mungkin dibutuhkan. Namun, untuk memastikan konfigurasi tangki penyimpanan kimia Anda berfungsi dengan baik, pastikan Anda tidak melewatkan aspek penting lainnya. Apa saja aspek penting yang tidak boleh Anda lewatkan saat memilih model atau desain tangki kimia?


Banyak kesalahan yang sering terjadi saat berusaha mengatur sistem penyimpanan. Oleh karena itu, mari kita mendalami mengapa bagian-bagian tertentu pada tangki kimia begitu penting dan perlu solusi yang efektif. Sebelum lebih jauh, mari kita bahas sedikit tentang pengertian tangki kimia.


Baca juga : Mengenal Jenis Material Chemical Storage Tank, Manakah yang Akan Anda Pilih


Apa itu Tangki Kimia?


Tangki kimia adalah jenis tangki yang digunakan untuk menyimpan bahan kimia dan larutan kimia. Tangki kimia dapat dibuat dari berbagai jenis material, termasuk plastik seperti high-density polyethylene, polypropylene atau material metal seperti stainless steel, carbon steel maupun composite semisal fiberglass.


Tangki kimia biasanya digunakan untuk pengolahan produk kimia, seperti pengolahan air limbah, pengolahan air minum, dan pengolahan pupuk. Tangki kimia memiliki berbagai ukuran dan kapasitas, dan dilengkapi dengan katup, pipa, dan peralatan lainnya yang memungkinkan untuk menyimpan, mengalirkan, dan mengendalikan aliran fluida. Tangki kimia juga dapat dibangun untuk menahan tekanan tinggi, sehingga mereka dapat digunakan untuk menyimpan larutan kimia bertekanan tinggi.


Tutup yang Tepat untuk Tangki


Mengisi tangki kimia Anda dengan benar adalah penting untuk desain keseluruhan sistem penyimpanan tangki kimia Anda. Pemilihan tutup atau penutup jalan yang tepat membantu mencegah asap berbahaya keluar ke gedung atau area penyimpanan Anda. Jika Anda mengisi tangki Anda secara pneumatik, maka tutup manway pelepas tekanan adalah pilihan yang tepat. Tutup tangki yang tepat dapat membuat perbedaan besar dalam umur tangki dan keamanan sistem tangki Anda.


Konektor Fleksibel untuk Tangki Penyimpanan Bahan Kimia


Salah satu keuntungan utama memilih tangki penyimpanan bahan kimia high-density polyethylene ataupun polypropylene adalah keserbagunaan dan kompatibilitasnya dengan berbagai bahan kimia. Tangki kimia berbahan plastik lebih fleksibel dan akan mengembang dan berkontraksi selama siklus kimia dan perubahan suhu. Saat tangki melentur, penting untuk memiliki konektor fleksibel. Ini juga menjaga tangki Anda lebih awet dan mengurangi risiko kebocoran yang disebabkan oleh pipa ledeng yang kaku.


Baca juga : Macam-Macam Peralatan Produksi pada Industri Kimia


Sistem Penahan pada Tangki Penyimpanan Bahan Kimia


Untuk menjaga area penyimpanan tangki kimia tetap stabil, penting untuk memiliki pondasi dan sistem penahan yang kuat. Ini akan memastikan bahwa tangki tetap aman di bawah tekanan angin kencang dan gempa bumi.


Baca juga : Cara Memilih Tangki Penyimpanan dan Tangki Proses Bahan Kimia


Sistem Pemanas pada Tangki Penyimpanan Bahan Kimia


Untuk menjaga suhu konstan dalam tangki penyimpanan bahan kimia, sistem pemanas berfungsi untuk memastikan bahwa bahan kimia tetap dalam keadaan cair. Dengan mempertimbangkan suhu luar sekitar, pemanas akan menyesuaikan suhu dalam tangki dengan suhu yang diperlukan untuk menghindari kristalisasi. Tentu perlu juga untuk mempertimbangkan lokasi geografis dan kondisi cuaca saat memilih pemanas yang tepat untuk tangki penyimpanan bahan kimia.


Dengan demikian, tangki penyimpanan bahan kimia Anda dapat menjadi solusi yang aman, efisien, dan hemat biaya untuk memenuhi kebutuhan berbagai aplikasi. Flootank adalah fabrikator tangki kimia berbahan high-density polyethylene dan polypropylene yang ideal untuk berbagai industri yang membutuhkan penyimpanan bahan kimia yang aman dan handal.


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE) Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.



4 views0 comments
bottom of page