top of page

Cara Memilih Tangki Penyimpanan dan Tangki Proses Bahan Kimia


Cara Memilih Tangki Penyimpanan Flootank

Tahukah Anda bahwa penyimpanan bahan kimia yang tepat sangat penting untuk keamanan dan untuk menjaga kemurnian bahan kimia yang tersimpan di dalamnya. Penyimpanan yang tidak tepat tidak hanya berbahaya, tetapi juga buruk untuk kontrol kualitas dan dalam beberapa kasus ilegal.


Bahan kimia dapat dipengaruhi oleh unsur-unsur seperti panas, dingin dan tekanan – dan bahan yang digunakan untuk membuat tangki dapat dipengaruhi oleh bahan kimia itu sendiri.


Baca Juga: Apa Perbedaan Tangki Tekanan dan Tangki Penyimpanan?


Setiap bahan kimia memiliki persyaratan penyimpanannya sendiri yang harus dipenuhi. Tangki penyimpanan berbeda dalam desain dan teknik tergantung pada apa yang mereka simpan.


Misalnya, kami tidak akan menggunakan tangki logam untuk menyimpan asam nitrat karena akan menyebabkan korosi. Oleh karena itu, kami akan menggunakan tangki logam untuk menyimpan air.


Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Tangki Penyimpanan

Apa saja hal-hal yang perlu dijadikan bahan pertimbangan saat memilih tangki penyimpanan bahan kimia? Yap, kita perlu memperhatikan hal-hal di bawah ini supaya tangki penyimpanan menjadi awet dan bahan kimia di dalamnya tetap terjaga kemurniannya.

  1. Bahan kimia / zat yang disimpan.

  2. Persyaratan produk.

  3. Desain dan pemeliharaan.

  4. Semua peraturan yang relevan (keselamatan, lingkungan, kesehatan).

Jika ini tidak dipertimbangkan dalam rekayasa dan desain tangki penyimpanan, Anda berisiko mempraktikkan penyimpanan yang tidak tepat, tidak aman, dan ilegal.


Apa Saja yang Dapat Disimpan dalam Tangki Penyimpanan Bahan Kimia?

Saat memilih tangki penyimpanan bahan kimia, Anda dapat mulai dengan apa yang disimpan. Ini akan menentukan dari mana tangki dibuat dan spesifikasi desain tangki, seperti tekanan yang akan beroperasi dan katup yang diperlukan.


Namun, jika Anda memilih tangki hanya berdasarkan ukuran dan bahan tanpa mempertimbangkan sifat spesifik bahan kimia, Anda mungkin tidak mencapai kinerja yang optimal.


Misalnya, sementara beberapa asam dapat disimpan dalam tangki yang sama, beberapa asam seperti asam hydrofluosilicic memerlukan sistem pengasapan khusus. Bahan kimia lain membutuhkan isolasi atau liner tangki khusus jika terbuat dari stainless steel.


Cara Pengujian dan Perawatan Rutin Tangki

Pengujian dan pemeliharaan rutin tangki penyimpanan bahan kimia sangat penting untuk memastikan bahwa tangki terus berfungsi sebagaimana mestinya.


Anda perlu menentukan frekuensi pengujian dan metode inspeksi untuk setiap wadah. Pengujian dan pemeliharaan hanya boleh dilakukan oleh orang-orang dengan kualifikasi yang sesuai. Anda mungkin perlu mengalihdayakan ini.


Tes dapat mencakup tes tekanan, tes kimia pelacak untuk menentukan kebocoran, inspeksi visual, dan tes keketatan. Tujuan pengujian dan inspeksi adalah untuk memastikan bahwa tangki tidak memburuk dan aman digunakan.


Seiring dengan meningkatnya teknologi dan penelitian tentang penyimpanan bahan kimia, bahan yang digunakan tidak hanya menjadi lebih andal dan tahan lama tetapi juga ramah lingkungan. Nah, perusahaan seperti Flootank memproduksi tangki termoplastik kelas dunia dengan ekosistem di garis depan inovasi mereka. Hubungi Flootank melalui Email atau klik di sini untuk diskusi lebih lanjut.


Bahan kimia tidak harus berbahaya, kesalahan penangananlah yang membuatnya berbahaya, mengetahui prosedur dan manfaat penyimpanan yang benar membuat minimalisasi kerusakan menjadi mudah dan memungkinkan individu dan organisasi untuk mendedikasikan lebih banyak waktu untuk operasi mereka.


Apakah Anda sedang mencari saran tentang cara memilih tangki penyimpanan? Jika iya, silakan hubungi kami di sini dan cari tahu apa yang dapat Anda lakukan hari ini untuk membuat fasilitas penyimpanan yang lebih baik untuk bahan kimia Anda.


Baca Juga: Mengapa Bahan Plastik tepat untuk Tangki Penyimpanan Bahan Kimia? Ini Alasannya


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE), Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.

10 views0 comments
bottom of page