top of page

Cara Terbaik Menyimpan Natrium Hidroksida


Tangki Kimia HDPE
Tangki Kimia Custom HDPE

Natrium hidroksida adalah bahan kimia yang sangat berbahaya jiika tidak ditangani dengan benar, termasuk dalam menyimpan Natrium hidroksida yang tidak tepat. Jika tangki penyimpanani natrium hidroksida bocor dan membanjiri area pabrik maka cairan korosif ini dapat memicu kebakaran. Itulah mengapa penting untuk memiliki sistem penyimpanan yang tepat dan mengikuti prosedur keamanan yang tepat saat menangani natrium hidroksida di industri.


Apa itu Natrium Hidroksida?


Natrium hidroksida adalah senyawa kimia dengan rumus kimia NaOH. Bahan kimia ini sering digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk menetralkan pH air. Ia juga banyak digunakan dalam industri, seperti dalam membuat kertas, pengolahan air, obat-obatan, dan persiapan makanan. Bahkan, natrium hidroksida juga ditemukan dalam beberapa barang rumah tangga seperti pembersih saluran, deterjen, dan sabun mandi.


Karena banyak digunakan dan mengingat sifatnya yang berisiko jika tidak ditangani dengan baik maka natrium hidroksida harus disimpan dan diterapkan dengan sangat hati-hati.



Tantangan Menyimpan Natrium Hidroksida


Di awal, kita sudah singgung sedikit bahwa menyimpan Natrium hidroksida itu perlu ditangani dengan cermat agar dapat mengurangi timbulnya bahaya.


Pada suhu ruangan, natrium hidroksida adalah bahan padat putih yang bisa ditemukan dalam bentuk serpihan, granular, atau butiran. Dalam bentuk cair, ia tidak berwarna dan lebih padat dari air. Ia juga menjadi licin dan cenderung menemukan titik lemah pada wadah penyimpanan, yang dapat mengakibatkan bocor. Saat terlarut dalam air atau dinetralisir dengan asam, ia melepaskan panas, yang cukup mudah terbakar.


Dalam semua bentuk, natrium hidroksida sangat korosif dan reaktif. Dalam bentuk larutan, ia akan bereaksi dengan banyak logam, termasuk aluminium, magnesium, tembaga, dan seng. Ia juga bereaksi dengan cepat dengan jaringan organik seperti kulit manusia atau mata. Terpapar natrium hidroksida, meskipun hanya beberapa detik saja, dapat mengakibatkan kerusakan mata permanen dan luka parah lho. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memastikan bahwa Natrium hidroksida disimpan dengan benar.


Untuk menyimpan Natrium hidroksida, pastikan untuk mempertimbangkan dua elemen penting berikut ini:


  • Suhu

Jika natrium hidroksida tidak disimpan pada suhu di atas 15° C sd 60° C , bahan kimia tersebut dapat mengkristal dan menjadi padat, hal itu mengakibatkan pemborosan bahan kimia dan kerusakan pada sistem penyimpanan itu sendiri.

  • Penahanan sekunder

Penahanan sekunder dalam penyimpanan natrium hidroksida pada tangki kimia direkomendasikan untuk memastikan keselamatan lingkungan dan manusia. Pasalnya, Natrium hidroksida memiliki sifat yang sangat berbahaya dan bersifat korosif. Oleh karena itu, penahanan sekunder seperti sistem "tangki dalam tangki" menawarkan tambahan pengamanan dengan memberikan tahanan sekunder yang terlindungi dengan baik.



Rekomendasi Penyimpanan Natrium Hidroksida


Natrium hidroksida harus disimpan dalam wadah kedap udara untuk menjaga normalitasnya karena akan menyerap air dari atmosfer dan harus diaplikasikan atau digunakan dengan pakaian pelindung dan perlengkapan perlindungan lainnya untuk menghindari risiko kecelakaan.


Menariknya, bahan yang satu ini tidak meninggalkan warna residu, termasuk produk berkekuatan tinggi, dan tersedia dalam konsentrasi dua hingga 50 persen. Kebanyakan pelanggan kami menggunakannya dalam konsentrasi 25 hingga 50 persen.


Untuk menyimpan natrium hidroksida, ada beberapa rekomendasi bahan tangki yang dapat digunakan. Salah satu bahan terbaik adalah tangki High Density Polyethylene. Material plastik ini memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap Natrium hidroksida.


Karena sifat bahayanya yang sangat korosif, penting juga untuk dipertimbangkan untuk memiliki sistem containment dua lapis untuk natrium hidroksida. Jika sistem tangki dua lapis diperlukan, sistem tangki dari Flootank adalah "tangki dalam tangki" yang menawarkan containment sekunder yang tertutup sepenuhnya untuk keamanan yang lebih besar. Konstruksi tangki kimia High Density Polyethylene alias Plastik dengan densitas tinggi memastikan kekuatan dan usia pakai yang lebih lama.


Jika Anda membutuhkan tangki dan wadah penyimpanan kimia terutama Natrium hidroksida yang handal dan tahan lama, hubungi Flootank. Engineer kami akan membantu Anda dengan merancang tangki dan wadah penyimpanan skala industrial yang dapat di custom sesuai kapasitas, bentuk maupun aksesoris penunjang yang berkualitas tinggi untuk kebutuhan pabrik ataupun laboratorium Anda. Tangki kimia kami menggunakan material thermoplastic yaitu High Density Polyethylene (HDPE) dan Polypropylene yang tentunya memiliki ketahanan kimia yang sangat handal.






1,134 views0 comments

Comments


bottom of page