top of page

Apa Perbedaan Tangki Tekanan dan Tangki Penyimpanan?


Tangki Penyimpanan Flootank

Pernahkah Anda bertanya-tanya, sebenarnya tangki tekanan dan tangki penyimpanan itu sama atau berbeda, sih? Kalau berbeda, lantas apa perbedaan tangki tekanan dan bejana penyimpanan?


Sebelum membahas perbedaan, ada baiknya kita perlu membahas persamaannya terlebih dahulu. Tangki tekanan dan tangki penyimpanan adalah wadah bertekanan yang menyimpan gas dan cairan. Nah, perbedaan utama antara kedua jenis tangki ini adalah tekanan di antara keduanya tergantung dari di mana mereka mengandung media mereka.


Baca Juga: Cara Memilih Tangki Penyimpanan Bahan Kimia (Chemical Storage Tank)!


Tangki tekanan menyimpan gas atau cairan pada tekanan di atas tekanan atmosfer. Maximum Allowable Operating Pressure (MAOP) dimulai pada 15 PSI dan dapat mencapai 150.000 PSI. Di sisi lain, tangki penyimpanan memiliki MAOP 15 PSI dan hanya menampung gas atau cairan pada tekanan atmosfer. Selain itu, tangki tekan biasanya terbuat dari bahan yang lebih kuat seperti baja atau fiberglass, karena mereka harus menahan tekanan yang lebih tinggi.


Jenis-Jenis Tangki

Ada tiga jenis tangki tekanan yang paling utama, yaitu:


1. Bladder

Tangki bladder memiliki kantung karet atau karet sintetis yang menyimpan air. Prinsip di balik tangki bladder adalah bahwa ketika cairan mengisi bladder, ia akan menekan udara di dalam tangki. Udara ini kemudian memberi tekanan pada air di dalam tangki, menjaga tekanan tetap konstan.


2. Diafragma

Tangki diafragma bekerja dengan cara yang sama, tetapi alih-alih tangki bladder, mereka memiliki diafragma fleksibel yang membagi tangki baja menjadi dua ruang. Satu ruang menampung air, dan ruang lainnya menampung udara. Saat air mengisi satu ruang, udara menerapkan gaya terhadap ruang air, mempertahankan tekanan konstan.


3. Air-over-water

Tangki air-over-water adalah versi tradisional dari tangki tekanan dengan udara mengisi bagian atas tangki dan cairan mengisi bagian bawah. Udara memberi tekanan pada air, menjaga tekanan konstan sampai air ditarik keluar dari tangki, mengurangi tekanan. Tangki udara-over-water juga biasa disebut sebagai tangki galvanis atau stainless steel.


Selanjutnya yang juga tidak kalah penting adalah bejana tekan:

Bejana tekan dirancang untuk mengandung cairan atau gas pada tekanan tinggi dan digunakan di berbagai industri, mulai dari pengolahan makanan dan minuman hingga manufaktur.


4. Penukar panas

Penukar panas mentransfer panas antara dua cairan atau antara cairan dan gas sambil mencegah kedua jenis media bersentuhan langsung satu sama lain.


5. Bejana proses

Tangki proses melakukan reaksi atau proses produksi lainnya, seperti distilasi atau filtrasi.


6. Bejana penyimpanan

Bejana penyimpanan menyimpan cairan atau gas pada tekanan tinggi, seringkali untuk waktu yang lama.


Bagaimana Bejana Tekan atau Tangki Tekanan Gagal?

Ada beberapa cara tangki bejana tekan bisa gagal. Jenis kegagalan yang paling umum adalah degradasi material, yang terjadi ketika bahan yang digunakan untuk membangun kapal tidak cukup kuat untuk menahan tekanan yang menjadi sasarannya. Ini bisa disebabkan oleh pemilihan bahan yang tidak tepat, desain yang salah, atau fabrikasi yang buruk.


Jenis kegagalan lainnya adalah diskontinuitas struktural, yang terjadi ketika ada kerusakan atau keretakan pada struktur kapal. Ini dapat disebabkan oleh perawatan yang tidak tepat atau peningkatan tekanan yang tiba-tiba. Akhirnya, pengurangan kapasitas penahan beban juga dapat menyebabkan kegagalan. Ini terjadi ketika kapal tidak didukung dengan benar dan mulai melorot atau runtuh karena beratnya.


Pengoperasian bejana tekan yang aman sangat penting untuk kesejahteraan pekerja dan masyarakat umum. Sayangnya, bejana tekan terkadang bisa gagal, yang menyebabkan konsekuensi serius. Jenis kegagalan yang paling umum adalah:

  • Fraktur rapuh

  • Pecah atau retak

  • Deformasi elastis

  • Korosi

Dari uraian di atas, kira-kira tangki manakah yang lebih menarik perhatian Anda dan paling sesuai dengan kebutuhan? Kami di Flootank memiliki berbagai macam tangki yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Jika Anda memiliki pertanyaan atau ingin konsultasi mengenai produk manakah yang terbaik untuk industri Anda, hubungi kami di sini dan bicarakan permasalahan Anda dengan salah satu spesialis tangki kami.


Baca Juga: Mengapa Bahan Plastik tepat untuk Tangki Penyimpanan Bahan Kimia? Ini Alasannya


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE), Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.

6 views0 comments
bottom of page