top of page

Cara Membaca Chemical Resistance Guide




Pendahuluan

Chemical Resistance Guide (CRG) adalah panduan penting yang membantu dalam memilih material yang tepat untuk peralatan atau komponen yang akan bersentuhan dengan bahan kimia. Pemilihan material yang tepat sangat penting untuk mencegah kerusakan peralatan, kegagalan sistem, atau bahkan risiko keselamatan. Artikel ini akan menjelaskan cara membaca dan memahami Chemical Resistance Guide beserta tabelnya yang menunjukkan bahan kimia dengan nilai ketahanan yang excellent untuk High-Density Polyethylene (HDPE).


Komponen Utama dalam Chemical Resistance Guide

  1. Nama Bahan Kimia: Nama dari bahan kimia yang diuji terhadap material tertentu.

  2. Material: Daftar material yang diuji, seperti berbagai jenis logam, plastik, elastomer, dan komposit.

  3. Konsentrasi: Persentase atau molaritas dari bahan kimia yang digunakan dalam pengujian.

  4. Suhu: Suhu pada saat pengujian dilakukan. Tahan terhadap bahan kimia bisa berbeda pada suhu yang berbeda.

  5. Rating atau Kode Resistensi: Penilaian atau kode yang menunjukkan tingkat resistensi material terhadap bahan kimia tertentu. Biasanya dinyatakan dalam bentuk kode seperti A (Excellent), B (Good), C (Fair), atau D (Poor).


Tabel Contoh Chemical Resistance Guide untuk HDPE

Berikut adalah tabel yang menunjukkan bahan kimia dengan nilai ketahanan yang excellent (A) untuk High-Density Polyethylene (HDPE):

Bahan Kimia

Konsentrasi (%)

Suhu (°C)

HDPE

Air

100

0-60

A

Asam Asetat

10

20

A

Amonium Hidroksida

30

20

A

Hidrogen Peroksida

30

20

A

Etil Alkohol (Ethanol)

100

20

A

Formaldehida

37

20

A

Gliserin

100

20

A

Natrium Hidroksida (NaOH)

50

20

A

Natrium Klorida (NaCl)

100

20

A

Urea

100

20

A

Asam Fosfat

85

20

A

Asam Sulfat (H2SO4)

10

20

A

Asam Klorida (HCl)

36

20

A

Asetonitril

100

20

A


Penjelasan Rating atau Kode Resistensi

Kode resistensi biasanya dikategorikan sebagai berikut:

  • A (Excellent): Material menunjukkan ketahanan yang sangat baik terhadap bahan kimia tersebut. Tidak ada atau sangat sedikit perubahan fisik.

  • B (Good): Material menunjukkan ketahanan yang baik, tetapi mungkin ada sedikit perubahan fisik atau kinerja. Masih layak digunakan.

  • C (Fair): Material menunjukkan beberapa tingkat degradasi. Penggunaan mungkin terbatas atau memerlukan penggantian yang sering.

  • D (Poor): Material tidak cocok untuk kontak dengan bahan kimia ini karena menunjukkan degradasi yang signifikan.


Cara Membaca Tabel Chemical Resistance Guide

  1. Identifikasi Bahan Kimia: Temukan bahan kimia yang relevan dalam kolom pertama tabel.

  2. Periksa Konsentrasi dan Suhu: Pastikan konsentrasi dan suhu bahan kimia sesuai dengan kondisi operasi Anda.

  3. Evaluasi Material: Lihat kode resistensi untuk material yang Anda pertimbangkan. Pilih material dengan kode resistensi yang paling tinggi (misalnya, A) untuk memastikan keandalan dan keselamatan.

  4. Kombinasi Faktor: Perhatikan bahwa kombinasi antara konsentrasi tinggi dan suhu tinggi biasanya meningkatkan agresivitas bahan kimia terhadap material, sehingga penting untuk memperhitungkan kedua faktor ini secara bersamaan.


Kesimpulan

Chemical Resistance Guide adalah alat penting dalam memilih material yang tepat untuk aplikasi yang melibatkan bahan kimia agresif. Memahami cara membaca dan menafsirkan tabel resistensi kimia membantu memastikan bahwa material yang dipilih akan memberikan kinerja yang andal dan aman. Dengan menggunakan panduan ini, risiko kegagalan peralatan dan bahaya keselamatan dapat diminimalkan, memastikan operasi yang efisien dan berkelanjutan.


Tabel di atas adalah contoh sederhana yang menunjukkan bahan kimia dengan nilai ketahanan yang excellent untuk HDPE. Dalam praktiknya, panduan yang lebih komprehensif dan spesifik mungkin diperlukan, tergantung pada industri dan aplikasi tertentu.


Jika Anda membutuhkan tangki dan wadah penyimpanan kimia yang tepat dan tahan lama, hubungi Flootank. Engineer kami akan membantu Anda dengan merancang tangki dan wadah penyimpanan skala industrial yang dapat di custom sesuai kapasitas, bentuk maupun aksesoris penunjang yang berkualitas tinggi untuk kebutuhan pabrik ataupun laboratorium Anda. Tangki kimia kami menggunakan material thermoplastic yaitu  High Density Polyethylene (HDPE)  dan Polypropylene  yang tentunya memiliki ketahanan kimia yang sangat handal.


12 views0 comments

Comments


bottom of page