top of page

Berapa Lama Tangki Air Plastik Bertahan? Ini Penjelasannya!


Ketahanan Tangki Plastik Flootank
Tangki Air Plastik Flootank

Tangki air dapat digunakan dalam berbagai kegiatan baik komersial maupun rumah tangga, dan ada banyak tangki air yang tersedia dipasaran. Anda mungkin mencari tangki penampungan air hujan, tangki penyimpanan air, tangki air di bawah tanah, atau tangki air penyekat, misalnya.


Ketika Anda mempertimbangkan untuk membeli tangki air, salah satu faktor terpenting yang harus Anda pikirkan adalah berapa lama tangki itu akan bertahan.


Baca Juga: Tips Memilih Jenis Tangki Air Plastik yang Tepat Untuk di Rumah dan Industri


Bagi sebagian orang, mendapatkan tangki air adalah investasi yang mereka harapkan akan bertahan selama bertahun-tahun. Bagi yang lain, perbaikan jangka pendek adalah yang dibutuhkan. Apa pun keadaan spesifik Anda, penting untuk mengetahui berapa lama tangki pilihan Anda kemungkinan akan bertahan.


3 Faktor yang Memengaruhi Daya Tahan Tangki Plastik


Sebelum Anda memutuskan tangki mana, perlu diketahui ada tiga faktor utama yang mempengaruhi daya tahan tangki air – bahan pembuatannya, di mana tangki ditempatkan, dan untuk apa Anda menggunakannya.


1. Bahan

Tangki biasanya terbuat dari plastik atau logam. Lalu, bagaimana dengan tangki berbahan plastik? Tangki air plastik biasanya lebih murah daripada tangki logam dan dengan perawatan yang lebih sedikit.


Tangki air plastik tidak dapat terurai secara hayati (non-biodegradable) dan biasanya dibuat dari polimer (polymer) yang distabilkan UV untuk mencegah retak atau kerusakan UV. Fakta bahwa itu tidak dapat terurai secara hayati berarti bahwa itu tidak mudah rusak seiring waktu, pada akhir masa pakai tangki polimer (polymer) dapat didaur ulang oleh perusahaan pembuangan limbah khusus/perusahaan daur ulang.


Tak hanya itu, tangki polimer (polymer) seperti high-density polyethylene dan polypropylene dapat bertahan lebih dari 10 tahun dan hingga sekitar 20 tahun. Jika Anda sedang membutuhkan tangki polimer (polymer), maka pastikan Anda bekerja sama dengan manufaktur dan fabrikator tangki terbaik, seperti Flootank. Untuk diskusi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi Flootank melalui Email.


Tangki air logam biasanya terbuat dari steel (baja) dan kuat serta tahan lama. Setelah tangki steel (baja) tidak lagi cocok untuk tujuan sebagai tangki, logam juga dapat dilebur dan didaur ulang. Harapan hidup tangki baja adalah lebih dari 30 tahun.


2. Tempat

Tempat di mana tangki Anda berada adalah faktor lain dalam daya tahannya. Jika Anda memiliki tangki logam, Anda perlu mempertimbangkan fakta bahwa karat bisa menjadi masalah. Ini berarti Anda harus menghindari air asin dan angin – terutama jika Anda tinggal di dekat laut. Disarankan bahwa jika Anda tinggal di dekat laut dan memiliki tangki logam, Anda dapat menambahkan terpal ke bagian luar tangki atau menerapkan perawatan untuk membantu melindunginya.


Anda juga harus memikirkan di mana Anda menempatkan tangki air Anda. Genangan air dapat merusak, dan pastikan tangki berada di lantai pondasi yang kokoh.


Umur tangki plastik juga dapat berkurang jika terkena sinar matahari langsung berjam-jam, terutama di daerah kering untuk itu perlu pastikan apakah tangki plastik yang kita pilih menggunakan UV Stabilizer guna memberikan proteksi ekstra terhadap paparan sinar matahari.


3. Penggunaan Tangki

Tangki air digunakan untuk banyak hal yang berbeda, tetapi aturan praktis dalam hal penggunaan tangki adalah semakin bersih, murni air, maka semakin lama tangki akan bertahan. Untuk alasan yang jelas, tangki logam yang diisi dengan air asin atau cairan kimia tertentu memiliki risiko korosi dan kerusakan yang jauh lebih tinggi daripada jika diisi dengan air tawar.


Disarankan bahwa jika Anda memiliki tangki logam yang akan Anda gunakan untuk air minum, letakkanlah liner di dalamnya. Ini akan melindungi tangki Anda, juga melindungi air dari seng (zinc) atau baja teroksidasi yang masuk. Jika Anda memiliki tangki air plastik polimer (polymer) yang cocok untuk air minum, lapisan ini tidak diperlukan karena sudah terbuat dari bahan yang aman untuk makanan.


Cara Memperpanjang Umur Tangki Air Anda

Selain memastikan bahwa tangki Anda berada di tempat yang tepat dan digunakan dengan benar, hal utama lainnya yang dapat Anda lakukan untuk memberikan daya tahan tangki Anda adalah memastikan bahwa tangki dirawat dan dirawat dengan baik.


Ini berarti menjaganya tetap bersih, melindunginya dari cuaca ekstrem, dan memperbaiki kerusakan dengan cepat dan efektif.


Baca Juga: Pengertian, Manfaat, dan Keunggulan Plastik HDPE


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE)Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.

6 views0 comments
bottom of page