top of page

BENARKAH Tangki HDPE Tahan Terhadap UV dan Cuaca Ekstrim?


Tangki Kimia HDPE dapat dicustom sesuai kebutuhan dimensi, bentuk dan aksesoris
Tangki Kimia HDPE

Sering kali kita menyimpan tangki penyimpanan bahan kimia berada di luar atau outdoor. Dengan begitu, tangki tersebut akan terpapar unsur-unsur berbahaya, seperti paparan sinar UV, angin, dan hujan. Kami di Flootank merekomendasikan Anda untuk mempertimbangkan bagaimana cara melindungi tangki penyimpanan Anda dan membuatnya tahan lama, terutama dari sinar ultraviolet (UV) yang merusak.


Yap, sinar UV bisa merusak bahan high density polyethylene dan menimbulkan kerusakan pada produk yang disimpan di dalamnya. Oleh karena itu, pemilihan tangki yang tahan terhadap UV sangat penting bagi industri atau perusahaan yang membutuhkan penyimpanan dan transportasi bahan kimia atau produk lainnya.


Dengan memilih tangki yang tahan terhadap UV, Anda tidak hanya memastikan keamanan produk yang disimpan, tetapi juga memastikan bahwa tangki akan bertahan lama dan memiliki umur pakai yang panjang.


Jangan sampai produk Anda rusak karena tidak memilih tangki yang tahan terhadap UV. Pilihlah solusi terbaik dan investasikan pada tangki yang memiliki kelebihan ini. Mari jelajahi solusi yang dapat Anda terapkan untuk melindungi tangki polyethylene dari kerusakan akibat paparan UV.



Yap, Paparan UV itu Buruk Bagi Tangki Penyimpanan


Paparan radiasi sinar matahari dan sinar ultraviolet yang berkepanjangan dapat mengakibatkan pelapukan terhadap tangki high density polyethylene. Tanpa perlindungan yang tepat, sinar UV menyebabkan kerusakan senyawa elemen high density polyethylene yang membuatnya rapuh. Hal ini dapat menyebabkan microcracks, yaitu penyebab kebocoran dan potensi kerusakan pada tangki penyimpanan bahan kimia.


Paparan sinar UV adalah masalah bagi produk plastik. Namun, ada beberapa polimer yang lebih tahan terhadap UV dibandingkan dengan jenis polimer lainnya.


Jika Anda tidak dapat menempatkan tangki penyimpanan bahan kimia Anda di dalam ruangan atau di bawah penutup, membuat tangki dengan resin karbon hitam adalah pilihan yang bagus untuk perlindungan UV.



Karbon Hitam Adalah Pilihan Tepat untuk Perlindungan UV


Karbon Hitam (carbon black) adalah karbon unsur yang hampir murni dan dikenal memiliki sifat absorpsi yang sangat baik. Dengan sifat yang seperti itu membuatnya cocok untuk digunakan sebagai material pelindung bagi bahan-bahan yang rentan terpapar sinar UV. Karena sifat ini, karbon hitam sering digunakan dalam produk-produk yang membutuhkan perlindungan terhadap UV, seperti pakaian, peralatan outdoor, dan tangki penyimpanan.


Tangki high density polyethylene dengan tambahan karbon hitam memiliki kelebihan dalam melindungi isinya dari sinar UV. High Density Polyethylene sendiri merupakan material yang memiliki sifat resistensi terhadap cahaya matahari, tetapi dengan tambahan karbon hitam, tangki ini akan lebih efektif dalam menahan sinar UV dan memastikan isinya tetap aman dan tidak terpapar sinar UV. Cara kerja dari karbon hitam tersebut kurang lebih seperti ini: energi UV diserap dan diubah menjadi panas, kemudian dihamburkan ke seluruh tangki.


Dengan menggunakan tangki high density polyethylene yang tahan terhadap UV, perusahaan dapat memastikan bahwa produk mereka yang disimpan dalam tangki tersebut tetap dalam kondisi baik dan tidak rusak akibat paparan sinar UV. Hal ini juga membantu memperpanjang umur produk dan memastikan kualitas produk tetap terjaga.


Dengan demikian, tangki high density polyethylene yang tahan terhadap UV adalah pilihan yang tepat bagi perusahaan yang ingin melindungi produk mereka dari sinar UV dan memastikan produk tetap dalam kondisi terbaik.


Bagaimana dengan Masalah Suhu?


Tangki high density polyethylene dengan karbon hitam cenderung memiliki suhu yang sedikit lebih tinggi daripada tangki berwarna terang. Perlindungan UV yang diberikan karbon hitam lebih besar daripada efek tingkat suhu yang sedikit lebih tinggi. Umur pakai tangki menjadi lebih lama dan potensi getas berkurang secara signifikan.


Untuk pertanyaan mengenai tangki penyimpanan bahan kimia High Density Polyethylene luar ruangan, atau untuk solusi sistem tangki penyimpanan khusus jangan ragu untuk menghubungi kami.


Jika Anda membutuhkan tangki dan wadah penyimpanan kimia terutama Asam Perasetat yang handal dan tahan lama, hubungi Flootank. Engineer kami akan membantu Anda dengan merancang tangki dan wadah penyimpanan skala industrial yang dapat di custom sesuai kapasitas, bentuk maupun aksesoris penunjang yang berkualitas tinggi untuk kebutuhan pabrik ataupun laboratorium Anda. Tangki kimia kami menggunakan material thermoplastic yaitu High Density Polyethylene (HDPE) dan Polypropylene yang tentunya memiliki ketahanan kimia yang sangat handal.



88 views0 comments
bottom of page