Bagaimana cara menentukan design yang paling optimal untuk Tangki Mixer Anda

Updated: Jun 13



Untuk menentukan spesifikasi yang paling optimal memerlukan pemahaman tentang keseluruhan sistem dalam tangki mixer itu sendiri. Bentuk dan dimensi ideal tangki serta ukuran dan lokasi ideal agitator saling bergantung satu sama lain– dan semuanya bermuara pada tujuan yang dikehendaki.


Untuk menemukan bentuk dan dimensi yang optimal untuk sistem pencampuran, penting untuk memulai dengan tujuan yang ingin diraih dari tangki mixer tersebut.


Menentukan ketinggian optimal

Untuk menentukan rasio tinggi terhadap diameter yang optimal untuk tangki pencampur, penting untuk mengingat tujuan dari tangki mixer Anda. Umumnya, baik tangki sempit maupun tangki lebar memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.


Semakin sempit tangki, semakin baik perpindahan panasnya yang mana ini merupakan faktor yang sangat penting untuk beberapa jenis pencampuran tertentu. Sedangkan tangki yang lebih lebar membutuhkan agitator yang lebih lebar – dan karena agitator yang lebih lebar membutuhkan lebih banyak torsi, mereka membutuhkan poros dan roda gigi yang lebih besar, tentunya biaya akan lebih tinggi dalam hal ini.


Di sisi lain, tangki yang lebih sempit akan membutuhkan pengaduk berkecepatan lebih tinggi dengan poros yang lebih panjang, sehingga memberikan tangki kecepatan kritis yang lebih rendah yang mana hal ini adalah faktor yang dapat menjadi masalah utama untuk beberapa jenis pencampuran tertentu.

Pertimbangkan bentuk Silinder

Umumnya, Tangki silinder adalah pilihan yang banyak dipilih paling tidak karena mereka relatif murah untuk diproduksi.


Dalam tangki silinder dengan agitator yang ditempatkan di tengah, cairan dengan viskositas rendah dapat mulai berputar. Untuk mencegah pusaran, biasanya dipasang penyekat di dalam tangki jenis ini. Untuk hal ini baffle adalah solusi efektif untuk masalah pusaran.


Lalu apa kesimpulannya ?

Kesimpulannya ; Tidak ada satu solusi untuk semua jenis masalah. Menentukan bentuk dan dimensi optimal untuk tangki pencampur memerlukan berbagai pertimbangan teknis.


Jika Anda mencari solusi yang tepat untuk kebutuhan khusus Anda, Flootank dapat membantu Anda menemukannya – tetapi pertama-tama, penting untuk memiliki gambaran yang jelas tentang kebutuhan tersebut.

Sebagai contoh:


  • Bahan apa yang Anda butuhkan untuk mencampur, dengan cara apa, dan untuk tujuan apa?

  • Apa hasil pencampuran yang diinginkan?

  • Seberapa luas ruang tersedia yang Anda miliki?

  • Biaya ?

  • Berapa jumlah bahan yang perlu Anda campur?


Berdasarkan jawaban Anda atas pertanyaan tersebut, Engineer Flootank dapat membuat rencana untuk memastikan Anda mendapatkan tangki mixer yang optimal untuk kebutuhan Anda. Setiap jenis sistem memiliki kelebihan dan kekurangan, tetapi dengan bekerja sama dengan para ahli kami, Anda dapat mengoptimalkan setiap Rupiah yang Anda keluarkan untuk aset jangka Panjang Anda.


Hubungi enquiry@flootank untuk mendapatkan konsultasi teknis atas kebutuhan Anda.

17 views0 comments