Anda Produsen? Yuk, Ketahui Perbedaan Thermoplastic dan Thermoset!



Terlepas dari kesamaan namanya, Thermoplastic dan Thermoset merupakan dua hal yang berbeda, baik itu sifatnya, pengaplikasiannya, hingga cara pembuatan dan pemrosesannya. Oleh karena itu, penting bagi produsen untuk memahami perbedaan Thermoplastic dan Thermoset.


Mengapa hal itu penting? Karena, dengan mengetahui perbedaan keduanya, Anda bisa memilih manakah jenis yang paling cocok untuk digunakan pada produk Anda.


Apa Perbedaan Thermoplastic dan Thermoset?

Thermoplastic dan Thermoset sama-sama polimer, namun keduanya memiliki perbedaan ketika terkena panas. Thermoplastic bisa meleleh ketika dipanaskan, bahkan setelah didinginkan kembali. Berbeda dengan Thermoset yang akan tetap mempertahankan bentuk padatnya ketika dipanaskan setelah didinginkan.


Simpelnya gini, ketika Anda memanaskan Thermoplastic, ia akan meleleh. Kemudian, Anda dinginkan, ia akan menjadi padat. Ketika Anda panaskan kembali, ia akan meleleh lagi. Begitu pun seterusnya. Sedangkan, Thermoset tidak begitu. Ketika pertama kali Anda panaskan, ia akan meleleh. Namun, sekalinya Anda mendinginkannya, ia tidak akan kembali meleleh jika terkena panas.


Baca Juga: Termoset dan Termoplastik, Kenali Kedua Jenis Plastik Ini!


Hal itu karena Thermoplastic memiliki titik leleh yang rendah. Jenis ini cocok untuk digunakan untuk produk-produk yang bisa didaur ulang. Sedangkan, Thermoset cocok untuk produk-produk yang tahan panas. Karena, Thermoset mampu menahan suhu tinggi dengan tetap mempertahankan bentuknya.


Secara estetika, Thermoplastic dipandang lebih unggul dari Thermoset. Namun, bahan Thermoset masih dianggap lebih estetik jika dibandingkan dengan bahan logam. Karena, bahan Thermoset memungkinkan pengecatan atau pelapisan dalam cetakan, termasuk penyemprotan pelapis langsung ke dalam cetakan sebelum polimer Thermoset disuntikkan ke dalamnya.


Teknik tersebut menawarkan daya rekat yang lebih baik terhadap material dan mencegah pengelupasan, retak, bahkan dalam kondisi cuaca yang buruk.


Kelebihan dan Kekurangan Thermoset


Berikut ini kelebihan dari bahan Thermoset:

  • Tahan terhadap leleh dan suhu tinggi

  • Sangat fleksibel

Kekurangan Thermoset:

  • Tidak bisa didaur ulang

  • Tidak bisa dibentuk kembali atau dibentuk ulang


Kelebihan dan Kekurangan Thermoplastic

Berikut ini kelebihan dari bahan Thermoset:

  • Bisa didaur ulang

  • Bisa dibentuk kembali atau dibentuk ulang

  • Sangat tahan terhadap benturan

  • Tahan terhadap bahan kimia

  • Bisa dibentuk berbagai produk dengan mudah

Baca Juga: Thermoplastic: Pengertian, Contoh, dan Aplikasinya


Kekurangan Thermoplastic:

  • BIsa meleleh jika terkena suhu tinggi

Itu dia perbedaan Thermoplastic dan Thermoset. Jika Anda ingin mengonsultasikan jenis mana yang cocok untuk produk Anda, silakan hubungi Flootank pada link ini. Kami juga menyediakan berbagai jenis tangki penyimpanan Thermoplastic.


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE)Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.

11 views0 comments