5 Alasan Tangki Kimia Sangat Penting di Dunia Industri

Updated: May 12



Setiap perusahaan industri mulai dari minyak hingga farmasi, memungkinkan adanya pemakaian bahan kimia selama proses produksi. Bahan kimia baik dalam wujud zat cair, padat, dan gas tidak bisa disimpan di sembarang tempat karena beberapa jenisnya memiliki karakteristik yang bersifat korosif dan berbahaya. Inilah salah satu alasan setiap industri wajib menggunakan alat penyimpanan berupa tangki kimia yang memiliki desain ketahanan khusus terhadap bahan kimia. Selain itu, ada beberapa alasan lain mengapa tangki kimia sangat penting penggunaannya di dunia industri. Simak selengkapnya, yuk!


Menjaga keamanan


Bahan kimia seperti minyak, butane, dan klorida membutuhkan wadah penyimpanan khusus karena akan sulit jika diletakan di sembarang tempat. Apalagi bahan kimia yang bersifat mudah meledak dan menguap bila didekatkan dengan bahan kimia lain yang dapat memicu terjadinya kebakaran. Karena itu, sudah semestinya bahan kimia ditampung pada tangki kimia. Tentu untuk meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan bahan-bahan kimia industri, sehingga keamanan bersama pun tetap terjaga.


Membantu kelancaran proses produksi


Tangki kimia tidak hanya berfungsi sebagai tangki penyimpanan saja. Desain tangki yang tebal dan dapat dilengkapi juga dengan aksesoris seperti overflow, manhole, dan tangga luar sangkar platform. Hal tersebut membuat tangki kimia dapat digunakan juga untuk proses produksi pengolahan bahan kimia. Sehingga dengan adanya tangki kimia di industri, proses produksi sehari-hari pun dapat terbantu kelancarannya.


Mempertahankan kualitas bahan kimia


Kualitas suatu benda yang dihasilkan dari proses produksi bergantung pula pada kualitas bahan kimia yang digunakan. Material penyusun tangki kimia seperti polyethylene (PE) dan polypropylene (PP) dapat didesain untuk membantu mempertahankan kondisi dan mencegah kualitas bahan kimia turun atau berubah. Selain material penyusun, dimensi dan aksesoris kelengkapan tangki pun turut berperan mempertahankan kualitas bahan kimia di industri.


Menjadi investasi jangka panjang


Siapa sangka tangki kimia juga bisa menjadi investasi jangka panjang bagi industri. Umumnya, tangki kimia terdiri dari bahan-bahan dengan daya tahan kuat dan ketahanan terhadap benturan yang sangat baik. Mempertimbangkan pula sifat bahan kimia yang akan ditampungnya, tangki kimia pun dirancang agar tidak mudah bocor. Sebuah tangki kimia bila dengan perawatan rutin dapat mencapai umur 25 tahun. Hal tersebut tentu menguntungkan perusahaan industri karena tidak berulang-ulang mengeluarkan biaya untuk pembelian tangki air baru.


Menjaga lingkungan sekitar dari pencemaran


Perusahaan industri yang baik tentu memiliki sistem pengolahan limbah sebagai salah satu bentuk komitmen turut menjaga kelestarian lingkungan. Fosfat dan amonium merupakan contoh zat kimia berbahaya. Bila tidak diolah dengan tepat sebelum dialihkan ke saluran pembuangan, zat tersebut dapat memberi dampak negatif terhadap lingkungan. Selama penampungan dan proses pengolahan limbah pun membutuhkan tangki kimia agar limbah tidak bocor dan mencemari lingkungan.


Itulah alasan mengapa tangki kimia sangat penting di semua bidang industri. Tidak hanya pertambangan dan minyak, juga industri makanan dan farmasi. Anda bisa mendapatkan tangki kimia dengan kualitas terbaik di Flootank. Tidak hanya itu, kami juga melayani pemesanan tangki custom yang disesuaikan dengan kebutuhan fasilitas industri Anda.

Tangki kimia Flootank terbuat dari bahan aman yang telah memenuhi persyaratan berdasarkan DVS Guideline 2205, DIN EN 1778, dan ISO 8584 yang diakui secara internasional. Proses produksi kami berada di dalam negeri, sehingga memudahkan Anda dari segi suku cadang dan perawatan tangki kimia.


1 view0 comments