top of page

Tangki Penyimpanan Bahan Kimia: Manfaat dan Cara Merawatnya

Updated: Feb 8, 2023


Tangki Kimia Custom Berbahan HDPE memiliki ketahanan kimia yang handal serta tahan lama
Tangki Kimia Custom Berbahan HDPE

Saat ini, tangki penyimpanan bahan kimia telah mengalami banyak perkembangan. Tangki ini sekarang lebih tahan lama dan tahan terhadap kondisi lingkungan yang ekstrem. Bahan kimia yang dapat disimpan dalam tangki juga semakin banyak. Sehingga, bahan kimia sekarang dapat disimpan dengan lebih aman, dan kontaminasi bahan kimia yang dapat menyebabkan masalah kesehatan dan lingkungan dapat dihindari.


Namun, apakah hal itu juga berlaku pada penyimpanan bahan kimia yang besar atau massal seperti pada industri?


Penyimpanan massal bahan kimia adalah urusan yang berisiko dan merupakan salah satu alasan mengapa industri memiliki aturan ketat. Tangki kimia adalah wadah penyimpanan bahan kimia yang tersedia dalam beberapa bentuk, ukuran, dan warna. Ketika Anda mulai berencana untuk memasang sistem tangki penyimpanan bahan kimia, sangat penting bagi Anda untuk mempertimbangkan bahan kimia tersebut terlebih dahulu. Setiap bahan kimia memiliki persyaratannya sendiri. Tangki kimia perlu direncanakan, dipasang, dan dirawat dengan baik untuk mencegah bahaya.


Anda mungkin berpikir jika tangki dapat menyimpan air, ia mampu menyimpan bahan kimia juga, tetapi pikiran seperti itu keliru, lho. Meskipun tangki air mungkin dapat menyimpan bahan kimia untuk jangka waktu tertentu, tangki air tidak dirancang khusus untuk bahan kimia yang menyebabkan degradasi tangki dan menyebabkan kebocoran dan situasi berbahaya lainnya.


Ada beberapa jenis produk bahan kimia yang perlu disimpan dengan berbagai komitmen dan tanggung jawab. Untuk tangki penyimpanan bahan kimia, kerusakan tangki atau kegagalan sistem dapat menyebabkan bahaya kesehatan manusia atau lingkungan, kewajiban, kerugian finansial, dan dampak pada kelangsungan hidup bisnis di masa depan.


Langkah-Langkah yang Perlu Diperhatikan saat Memasang Tangki Kimia


Memasang tangki kimia di industri membutuhkan langkah-langkah tertentu untuk memastikan keselamatan dan kesehatan di tempat kerja. Beberapa langkah yang harus diikuti antara lain:

  1. Konsultasikan dengan tim teknis untuk memilih jenis tangki yang tepat untuk kebutuhan industri.

  2. Pilih lokasi pemasangan tangki yang aman dan mudah diakses.

  3. Pasang instalasi pengaman yang tepat, seperti detektor gas dan alat pemantau kualitas air.

  4. Pastikan bahwa tangki memiliki sifat anti karat, tidak mudah bocor, dan tahan lama.

  5. Pastikan bahwa tangki memiliki mekanisme pengaman yang cukup untuk mencegah bahaya ledakan.

  6. Pilih material yang tepat untuk tangki kimia yang akan digunakan

  7. Pilih tangki kimia yang memiliki sistem pengawasan kualitas dan tingkat keamanan yang memadai.


Bagaimana Cara Merawat Tangki Kimia?


Saat menyimpan bahan kimia, penting untuk melakukan inspeksi rutin dengan mengikuti praktik terbaik dan memiliki pengetahuan tentang standar industri. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat tangki kimia:

  1. Pemeriksaan visual berkala oleh para ahli adalah langkah pertama dan terpenting dalam memelihara tangki penyimpanan bahan kimia. Survei dan investigasi rutin ini berfokus pada rembesan atau kebocoran, pengendapan tangki, tonjolan atau korosi yang berlebihan.

  2. Inspeksi rutin setelah tangki dicuci dan dikeringkan adalah suatu keharusan. Ini dapat mengidentifikasi komponen yang telah bergeser atau lubang lokal yang mungkin tidak terlihat dari inspeksi eksternal. Frekuensi yang tepat paling baik ditentukan oleh sifat cairan yang merusak, termasuk komponen balapan dan sejarah masa lalu dari peralatan serupa.

  3. Ventilasi yang cukup untuk tekanan dan vakum juga penting di semua tangki penyimpanan bahan kimia. Periksa ventilasi, pipa, dan pastikan berfungsi dengan baik.

  4. Semua alat kelengkapan tangki penyimpanan, pipa sambungan fleksibel, dan penutup harus diperiksa dengan cermat untuk mendeteksi tanda-tanda korosi, kerusakan, dan kebocoran. Jika ada cacat, itu harus segera diganti.


Kesimpulan


Tangki kimia menyimpan berbagai macam bahan dan produk jadi dengan aman selama beberapa dekade. Memanfaatkan tangki kimia dengan benar dan aman sangat penting untuk menghindari risiko kecelakaan dan kerusakan lingkungan. Tangki kimia berisi bahan kimia yang beracun dan berbahaya, yang dapat berakibat fatal jika tidak digunakan dengan benar. Jadi pastikan tangki dirancang dengan benar, patuhi inspeksi yang efektif dan menjalani perawatan dasar.


Untuk mempelajari lebih lanjut tentang inspeksi tangki, bicarakan dengan ahli layanan lapangan di Flootank hari ini.


Jika Anda membutuhkan tangki dan wadah penyimpanan kimia yang handal dan tahan lama, hubungi Flootank. Engineer kami akan membantu Anda dengan merancang tangki dan wadah penyimpanan skala industrial yang dapat di custom sesuai kapasitas, bentuk maupun aksesoris penunjang yang berkualitas tinggi untuk kebutuhan pabrik ataupun laboratorium Anda. Tangki kimia kami menggunakan material thermoplastic yaitu High Density Polyethylene (HDPE) dan Polypropylene yang tentunya memiliki ketahanan kimia yang sangat handal.

186 views0 comments

Commentaires


bottom of page