top of page

Perbedaan antara Tangki Berbahan Plastik dan Tangki Berbahan Steel


Perbedaan Tangki Plastik dan Tangki Steel Flootank
Tangki Plastik dan Steel


Tangki penyimpanan bahan kimia digunakan dalam berbagai keperluan. Oleh karena itu, kualitas tangki tidak boleh dikompromikan karena dapat memengaruhi investasi Anda secara langsung. Pelajari lebih lanjut pada artikel dibawah ini.


Baca Juga: Pengertian, Manfaat, dan Keunggulan Plastik HDPE


Perbedaan Tangki Plastik dengan Tangki Steel


1. Kemudahan Pemasangan

Tangki plastik dan steel membutuhkan fondasi yang kokoh. Namun, pondasi tangki steel harus lebih stabil daripada pondasi tangki plastik. Anda juga harus memeriksa apakah pondasi terlindung dari erosi. Setelah tangki terpasang, tidak ada yang mau memindahkannya sampai benar-benar diperlukan. Tangki steel tentu lebih berat dan sulit dipindahkan setelah dipasang. Meski permukaannya bisa retak, tangki bahan kimia plastik ringan dan relatif mudah dipindahkan.


2. Tahan Karat

Tangki steel cenderung menimbulkan korosi setelah penggunaan terus menerus dalam jangka panjang. Stainless steel memang lebih tahan karat, tetapi bukan anti karat.. Tangki baja harus dijauhkan dari klorin dan air laut asin. Di sisi lain, kita tahu bahwa plastik tidak berkarat.


3. UV Stabil

Tangki air steel tidak distabilkan oleh UV dan karenanya tidak melindungi air dari pertumbuhan alga. Sebaliknya, tangki bahan kimia plastik berkualitas tinggi mampu menahan efek keras sinar UV matahari, terutama di cuaca tropis seperti Indonesia.


4. Ketahanan Kimia Tingkat Tinggi

Thermoplastic seperti high density polyethylene dan polypropylene, yang tahan terhadap kimia ekstrem, tidak bereaksi dengan bahan kimia asam yang kuat atau yang sangat basa dan ini memberikan solusi yang baik untuk penyimpanan bahan kimia untuk jangka waktu yang panjang.


5. Berumur Panjang

Tangki kimia HDPE dan PP memiliki masa pakai yang lama hingga 20 tahun atau lebih. UV stabilizer yang ditambahkan ke campuran pencetakan sehingga bahan dapat menahan sinar UV sama halnya dengan penambahan kromium menjaga steel agar tidak berkarat, menambahkan stabilisator UV ke campuran polimer menjaga plastik agar tidak getas.


6. Perawatan

Pemeliharaan tangki steel jauh lebih sulit daripada pemeliharaan tangki HDPE atau PP, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Tangki steel harus dibersihkan dan dicuci dengan air bersih secara teratur untuk melindunginya dari karat. Tangki poli, di sisi lain, memiliki sistem pembersihan sendiri yang menjaga kebersihan bagian dalam tangki. Tangki poli juga lebih murah daripada tangki steel.


Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan tangki air plastik kualitas terbaik daripada tangki steel karena tangki plastik memiliki banyak keunggulan dibandingkan tangki steel.


Baca Juga: Plastik HDPE dan PP: Manakah yang Lebih Cocok untuk Bisnis Anda?


Dengan spesialisasi dibidang Engineering Thermoplastic, Flootank mampu memberikan konsultansi teknis dan database komprehensif yang berkaitan dengan ketahanan kimia yang telah sukses digunakan dibanyak klien kami yang tersebar diberbagai industri di Indonesia.


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE) Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.

11 views1 comment
bottom of page