top of page

Peran Tangki Kimia dalam Menjaga Kualitas Air Limbah Industri


Tangki Kimia HDPE sebagai dosing tank

Pengelolaan air limbah industri adalah hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap perusahaan. Pasalnya, limbah yang tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan berbagai masalah lingkungan dan kesehatan. Untuk pengelolaannya bisa berbeda tiap industri di setiap kota atau negara berdasarkan peraturan yang berlaku.


Namun, tahukah Anda hal penting apa yang perlu Anda perhatikan saat pengelolaan air limbah? Dalam hal ini, tangki kimia memegang peran penting dalam menyimpan dan memproses air limbah industri sebelum dikembalikan ke lingkungan. Namun, tidak semua tangki kimia dapat digunakan untuk menyimpan air limbah industri. Beberapa jenis tangki kimia mungkin tidak tahan terhadap bahan kimia yang ada dalam air limbah industri. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa fasilitas air limbah industri menggunakan tangki kimia yang tepat.


Dalam artikel ini, kami akan membahas apakah fasilitas air limbah industri Anda menggunakan tangki kimia yang tepat dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih tangki kimia untuk menyimpan air limbah industri.



Pentingnya Penyimpanan Bahan Kimia dalam Pengolahan Air Limbah Industri


Dalam pengolahan air limbah industri, penyimpanan bahan kimia sangat penting untuk menjamin keselamatan lingkungan dan karyawan. Bahan kimia yang digunakan dalam proses pengolahan air limbah seringkali berbahaya dan memiliki efek merugikan pada lingkungan jika tidak disimpan dengan benar. Oleh karena itu, sangat penting bagi industri untuk memastikan bahwa mereka menggunakan tangki kimia yang tepat untuk menyimpan bahan kimia tersebut.


Terlalu sering, perencana fasilitas membuat keputusan late-game tentang solusi penyimpanan bahan kimia. Akibatnya, mereka menentukan tangki yang dirancang agar sesuai dengan ruang, daripada merancang tangki untuk kebutuhan khusus mereka dan merancang ruang untuk mengakomodasi kebutuhan sistem penyimpanan. Hasilnya adalah solusi yang kurang ideal yang berdampak negatif pada operasi fasilitas pengolahan air limbah industri.


Masalah yang sering terjadi pada industri yang tidak memperhatikan tangki penyimpanan bahan kimia untuk mengolah air limbah industri antara lain:


1. Kontaminasi Lingkungan

Penyimpanan yang tidak tepat dapat menyebabkan bahan kimia mengalir ke lingkungan sekitarnya dan menimbulkan masalah kesehatan dan lingkungan.


2. Kerusakan pada Peralatan

Jika tangki penyimpanan tidak sesuai dengan jenis bahan kimia yang disimpan, maka dapat menyebabkan kerusakan pada peralatan dan mengurangi efisiensi proses produksi.


3. Risiko Kebocoran

Tangki yang tidak sesuai atau tidak tepat dalam hal pemeliharaan dapat menyebabkan risiko kebocoran dan membahayakan lingkungan dan kesehatan pekerja.


4. Biaya Tinggi

Industri yang tidak memperhatikan tangki penyimpanan bahan kimia akan mengalami biaya tinggi dalam hal perbaikan peralatan dan pemulihan lingkungan.

Dengan memperhatikan tangki penyimpanan bahan kimia yang tepat dan sesuai, industri dapat menghindari masalah-masalah ini dan memastikan proses produksi berjalan dengan lancar dan aman.



Proses Pengolahan Air Limbah Industri


Mari kita lihat sekilas bagaimana bahan kimia ini digunakan dalam proses pengolahan air limbah.


1. Netralisasi

Netralisasi umum terjadi dalam pengolahan air limbah. Selama proses ini, asam sulfat, atau bahan kimia dasar seperti natrium hidroksida, dapat ditambahkan ke dalam air untuk mencapai keseimbangan pH.


2. Menghilangkan Partikel Padat

Untuk memfasilitasi penghilangan partikel padat di dalam air limbah, bahan kimia seperti besi klorida, tawas, dan flokulan serta polimer lainnya digunakan untuk menghasilkan muatan positif untuk menetralkan partikel padat bermuatan negatif.


3. Pengendalian Bau

Tidak mengherankan, pengumpulan dan pengolahan air limbah industri menghasilkan beberapa bau yang tidak sedap, dan bahan kimia digunakan untuk mengendalikan bau tersebut di fasilitas pengolahan.


4. Disinfeksi

Untuk mencegah penyebaran penyakit, mikroorganisme yang merupakan patogen harus dihancurkan atau dikeluarkan dari air limbah.


5. Pengolahan dan Penghilangan Lumpur

Bahan kimia polimer dapat digunakan untuk menghilangkan air dari lumpur untuk mengurangi volume, membuat pengangkutan lumpur ke tempat pembuangan sampah lebih mudah dan lebih murah.


Penyimpanan bahan kimia yang andal tergantung pada beberapa faktor industri, ukuran bisnis dan peraturan. Perusahaan Flootank dapat memberikan solusi penyimpanan bahan kimia khusus agar sesuai dengan kebutuhan pengolahan air limbah Anda.

Flootank menyediakan solusi tangki untuk industri yang beragam seperti:

  • Pembangkit Listrik

  • Minyak & Gas

  • Kimiawi

  • Makanan & Minuman

  • Pertambangan

  • Otomotif

  • Tekstil

Tangki kimia kami menggunakan High Density Polyethylene dan Polypropylene yang telah mendapatkan reputasi untuk secara aman mengolah bahan kimia paling berbahaya yang digunakan dalam pengolahan air limbah dengan bahan kimia seperti ini:

  1. Koagulan dan flokulan: aluminium sulfat, aluminium klorida, besi klorida, besi sulfat .

  2. Disinfektan: natrium hipoklorit, klorin dioksida, hidrogen peroksida.

  3. Pengatur dan stabilisator pH: natrium hidroksida, asam sulfat, magnesium hidroksida.

  4. Pengoksidasi: asam perasetat, asam perklorat, asam kromat

Dalam artikel ini, kita telah membahas pentingnya penggunaan tangki kimia yang tepat untuk penyimpanan bahan kimia dalam pengolahan air limbah industri. Masalah yang sering terjadi ketika industri tidak memperhatikan hal ini, seperti kerusakan lingkungan dan kesehatan masyarakat, menunjukkan betapa pentingnya faktor ini.


Oleh karena itu, sangat disarankan bagi industri untuk memperhatikan penggunaan tangki kimia yang tepat dan memastikan bahwa fasilitas mereka memenuhi standar keamanan dan kualitas yang diperlukan, termasuk dalam hal pengelolaan air limbah industri. Investasi dalam tangki kimia yang tepat akan memberikan keuntungan jangka panjang bagi industri dan masyarakat secara keseluruhan.


Jika anda tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang produk tangki kimia custom, tangki industrial, dan tangki mixer dari material High Density Polyethylene (HDPE)Polypropylene (PP), dan Modular Reservoir Anda bisa cek produk kami disini. Untuk pertanyaan, konsultasi, dan pemesanan tangki untuk kebutuhan Industri/bisnis Anda, dapat dilakukan melalui kontak Email kami.




49 views0 comments

Comentarios


bottom of page