top of page

Menghindari 5 Kesalahan Umum dalam Penggunaan Tangki Kimia


Tangki Kimia HDPE
Tangki Kimia HDPE

Tangki kimia memiliki peran krusial dalam berbagai industri, namun seringkali terjadi kesalahan dalam penanganan dan pengelolaannya. Artikel ini akan membahas lima alasan umum yang perlu dihindari agar penggunaan tangki kimia lebih aman dan efisien.


Kurangnya Prosedur Keselamatan yang Jelas:


Keselamatan adalah prioritas utama dalam pengelolaan tangki kimia. Kurangnya prosedur keselamatan yang jelas dapat meningkatkan risiko kecelakaan dan pencemaran. Setiap instalasi harus memiliki prosedur terdokumentasi dengan baik, mencakup penggunaan, penanganan bahan kimia, dan respons darurat.


Pelatihan Operator yang Kurang Memadai:


Operator tangki kimia perlu memiliki pengetahuan mendalam tentang bahan kimia yang digunakan dan keterampilan operasional yang baik. Pelatihan yang memadai bagi operator menjadi kunci untuk menghindari kesalahan yang dapat mengancam keselamatan dan keberlanjutan operasi tangki kimia.


Pemeliharaan Rutin yang Terabaikan: 


Tangki kimia memerlukan pemeliharaan rutin untuk memastikan keandalan sistem. Kelalaian dalam menjalankan jadwal pemeliharaan, seperti pemeriksaan rutin dan penggantian komponen yang aus, dapat meningkatkan risiko kebocoran atau kerusakan pada tangki.

Pengelolaan Limbah yang Tidak Benar: Pengelolaan limbah kimia yang tidak benar dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Sistem yang efektif untuk pengumpulan, penyimpanan sementara, dan pembuangan limbah sesuai dengan regulasi lingkungan sangat penting untuk mencegah dampak negatif.


Ketidakpatuhan Terhadap Regulasi Lingkungan: 


Salah satu alasan utama terjadinya masalah dalam pengelolaan tangki kimia adalah ketidakpatuhan terhadap regulasi lingkungan. Setiap instalasi harus memahami dan mematuhi regulasi yang berlaku untuk mencegah sanksi dan memastikan keberlanjutan operasional yang aman.



Kesimpulan:


Menghindari kelima alasan di atas menjadi kunci keberhasilan dalam pengelolaan tangki kimia. Dengan memiliki prosedur keselamatan yang jelas, memberikan pelatihan yang memadai, menjalankan pemeliharaan rutin, mengelola limbah dengan benar, dan mematuhi regulasi lingkungan, penggunaan tangki kimia dapat menjadi lebih aman, efisien, dan berkelanjutan. Ini tidak hanya melibatkan keamanan pekerja dan lingkungan, tetapi juga memastikan kelancaran operasi industri secara keseluruhan.


Jika Anda membutuhkan tangki dan wadah penyimpanan kimia yang tepat dan tahan lama, hubungi Flootank. Engineer kami akan membantu Anda dengan merancang tangki dan wadah penyimpanan skala industrial yang dapat di custom sesuai kapasitas, bentuk maupun aksesoris penunjang yang berkualitas tinggi untuk kebutuhan pabrik ataupun laboratorium Anda. Tangki kimia kami menggunakan material thermoplastic yaitu  High Density Polyethylene (HDPE)  dan Polypropylene  yang tentunya memiliki ketahanan kimia yang sangat handal.


11 views0 comments

留言


bottom of page